10 Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa zaman modern ini hanya sebagian orang saja yang memiliki kutu rambut. Eh tapi jangan salah ya, di zaman modern ini ternyata juga masih banyak sekali orang yang memiliki masalah yang satu ini. Hal ini dianggap menjijikkan sehingga banyak orang yang menutupi hal ini. Orang yang memiliki kutu pada rambut biasanya dapat ditandai dengan banyaknya telur kutu yang menempel pada rambut. Bahkan sekilas hanya tampak seperti ketombe.

Kutu Rambut

Jangan disangka bahwa kutu rambut tidaklah berbahaya, meskipun kelihatnnya sepele, namun kutu rambut yang dibiarkan lama bersarang di kepala juga akan membahayakan kesehatan kita. Dan yang lebih parahnya lagi, kutu rambut sangat gampang sekali menular dari satu kepala ke kepala yang lain. Kutu rambut dapat menular dengan beberapa cara berikut ini:

  • Menggunakan sisir, topi, handuk, jilbab, bantal, bahkan sprei milik orang yang memiliki kutu rambut
  • Memegang rambut atau kepala orang yang memiliki kutu rambut
  • Sering mengikat rambut yang masih basah

Berikut ini cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat:

  1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Salah satu bahan yang bisa anda gunakan untuk membasi kutu rambut adalah minyak zaitun. Minyak zaitun selain baik untuk kesehatan kulit ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan ketombe, menyehatkan serta menyuburkan rambut anda. Nah selain itu minyak zaitun juga dapat membunuh kutu rambut beserta telur-telurnya yang bersarang pada kepala anda. Cara menggunakannya pun sangat gampang sekali, anda hanya perlu menggunakan minyak zaitun untuk keramas setiap hari saja. Dan mendiamkan selama 30 hingga satu jam. Kemudian bilas rambut menggunakan sampo yang biasa anda gunakan setiap hari. Jika perawatan ini dilakukan secara rutin setiap hari, maka kutu rambut beserta telurnya akan segera musnah dari kepala anda.

  1. Bawang Merah
Baca Juga  Cara Memutihkan Gigi Dalam Waktu Singkat

Bawang merah

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang tak boleh ditinggalkan dalam setiap masakan. Nah selain dapat melezatkan setiap masakan, bawang merah ternyata juga menjadi salah satu bahan ajaib yang mampu membasmi kutu rambut beserta telurnya. Cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merahpun sangat mudah, anda hanya cukup menghaluskan beberapa butir bawang merah kemudian menggunakannya untuk keramas sambil memijit kepala secara perlahan. Diamkan selama 30 menit hingga setengah jam. Lalu bilas dengan air, dan keramas dengan menggunakan shampoo anda biasanya. Lakukan ini setiap hari secara rutin hingga kutu rambut benar-benar hilang dari kepala anda.

  1. Cuka

Cuka Apel

Kita tahu cuka bersifat asam dan asam ini juga bersifat anti septik. Dan asam inilah yang dapat membunuh kutu pada kepala anda. Selain itu sifat asam yang terdapat pada cuka juga bersifat untuk memudahkan telur kutu untuk lepas dari rambut anda. Cara menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan cuka adalah campur cuka dan air bersih dengan perbandingan 1:1, kemudian aduk hingga rata. Lalu gunakan campuran dari kedua bahan tersebut untuk keramas smabil kepala dipijit secara perlahan. Setelah itu tutup kepala anda. Boleh menggunakan shower cup ataupun jilbab. Diamkan selama 30 hingga 40 menit. Kemudian sisir rambut menggunakan sisir kecil atau serit dengan tujuan agar telurnya ikut jatuh. Setelah selesai keramas dengan menggunakan shampoo anda biasanya.

  1. Lidah Buaya

Lidah Buaya

selain dapat menyuburkan rambut, lidah buaya juga merupakan bahan alami untuk menghilangkan kutu rambut pada kepala anda. Cara menghilangkan kutu rambut yang satu ini sangat mudah dan gak ribet. Anda hanya perlu untuk memanfaatkan gel dari lidah buaya lalu menggosokkannya pada kulit kepala dan juga rambut anda. Kemudian membiarkannya selama 30 menit dalam keadaan rambut tertutup. Kemudian setelah 30 menit keramas menggunakan shampoo seperti biasa.

  1. Mayones
Baca Juga  Cara Memutihkan Gigi Dalam Waktu Singkat

 

Selain rasanya yang yummi dan enak banget, ternyata mayones juga mampu membasmi kutu rambut loh. Mayones terbuat dari bahan campura dari kuning telur, cuka, dan juga minyak nabati. Kandungan minyak nabati inilah yang dapat membunuh kutu rambut. Caranya adalah dengan mengoleskan mayones pada rambut dan juga kulit kepala secara merata. Dan didiamkan selama tujuh jam dengan keadaan kepala ditutupi dengan shower cup. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan shampoo yang anda pake biasanya.

  1. Minyak Lavender

Bunga Lavender

Selain digunakan untuk aroma therapy, minyak lavender ternyata juga bersifat anti septik yang dapat membunuh kutu rambut. Selain itu minyak lavender juga dapat membuat telur kutu mudah lepas dari rambut anda. Nah cara menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan minyak lavender adalah dengan mengoleskan minyak lavender pada rambut dan kulit kepala secara merata, serta membiarkannya selama satu jam dengan kepala tertutup. Setelah satu jam bilas rambut dengan menggunakan shampoo yang biasa dipake hingga bersih

  1. Lemon

Jeruk Lemon

Buah lemon mengandung bersifat asam dan juga mengandung asam sitrat dengan kadar 5%. Asam sitrat ini yang sudah terbukti ampuh untuk membunuh telur kutu dan memudahlan telur tersebut mudah lepas dari rambut anda. Cara menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan lemon adalah hanya hanya perlu menyiapkan air perasan dari buah lemon secukupnya, kemudian menggunakannya untuk keramas, sambil memijat kepala secara perlahan. Diamkan selama 30 menit dalam keadaan rambut tertutup. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan shampoo yang anda pakai biasanya.

  1. Daun Sirsak

Daun Sirsak

Daun sirsak ternyata juga mengandung zat adiktif yang dapat membuat kutu rambut menjadi lemas dan akhirnya mati. Anda bisa mengolah daun sirsak untuk menghilangkan kutu pada rambut anda. Caranya adalah ambil segenggam daun sirsak, cuci hingga bersih. Setelah itu rebus dengan segelas air, setelah sudah agak dingin kemudian gunakan untuk keramas. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan shampoo yang anda pakai biasanya.

  1. Kapur Ajaib atau Kapur Semut
Baca Juga  Cara Memutihkan Gigi Dalam Waktu Singkat

Kapur ajaib atau orang biasa menyebutnya kapur semut, merupakan kapur yang sudah terbukti ampuh untuk membasmi serangga seperti semut, kecoa, rayap, dan juga kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut dengan kapur ajaib sangatlah gampang. Anda hanya perlu menghaluskan kapur ajaibnya lalu dicampur dengan satu butir telur, kemudian kocok hingga tercampur rata. Lalu balurkan pada rambut dan juga kulit kepala anda. Setelah itu diamkan selama 30 menit saja dengan keadaan rambut ditutup menggunakan handuk basah. Setelah 30 menit bilas rambut dengan menggunakan shampoo yang anda pakai biasanya, kalau perlu keramas dua kali agar bau amis dari telur bisa hilang.

  1. Serit atau sisir bergigi rapat

Nah cara menghilangkan kutu rambut yang terakhir adalah dengan menyisir rambut menggunakan serit atau sisir bergigi rapat. Bersisir menggunakan serit ini akan membuat telur kutu dan juga kutu yang menempel pada rambut berjatuhan. Sehingga anda dapat dengan mudah menyingkirkan kutu dan juga telurnya dari rambut anda.

Nah itulah tadi beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang bisa anda praktekkan di rumah. Semoga informasi bermanfaat untuk anda, dan semoga berhasil ya.