11 Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Jambu biji merah yang mempunyai nama latin Guava merupakan salah satu buah yang banyak digemari oleh banyak orang karena rasanya yang enak serta segar. Jambu biji dapat diolah menjadi jus, pudding atau bisa juga langsung disantap. Jambu biji merah sangat mudah sekali kita temukan karena buah ini bisa tumbuh dimana saja. Baik di iklim tropis maupun sub tropis. Sehingga buah ini sudah banyak sekali dibudidayakan diseluruh pelosok dunia. Di Indonesia sendiri buah jambu biji merah tumbuh dengan subur serta dapat panen kapan saja.

 Jambu Biji Merah

Dibalik rasanya yang enak dan mani ini, buah jambu biji merah ini juga banyak sekali mengandung vitamin serta nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan serta kecantikan. Jambu biji merah banyak mengandung vitamin A, vitamin C, antioksidan, asam folat, kalium, tembaga, likopen, lutein, magnesium, mangan, asam pantotenat, niasin, flavonoida, serta fitronutrein. Karena kandungan nutrisinya yang begitu lengkap itulah buah jambu biji merah sangat bermanfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit serta juga dapat digunakan untuk perawatan kecantikan.

Mari kita simak informasi tentang beberapa Manfaat jambu biji merah bagi kesehatan dan kecantikan berikut ini:

  • Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan

Karena kandungan nutrisinya yang begitu lengkap, buah jambu biji mampe melawan serta mencegah beberapa jenis penyakit. Penyakit apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya.

  • Jambu biji merah bermanfaat untuk mengobati flu, batuk dan demam

Nenek moyang kita dahulu sudah banyak yang memanfaatkan jambu biji merah sebagai obat batuk dan demam tradisional. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang besar pada jambu biji merah mampu untuk melawan virus penyebab flu, batuk dan demam.

  • Jambu biji merah bermanfaat untuk mengobati diare
Baca Juga  INI DIA MANFAAT BUAH DURIAN YANG JARANG ORANG TAHU

Kandungan senyawa dalam jambu biji merah mampu untuk mengentikan diare. Jambu biji bermanfaat sebagai desinfektan yang mampu untuk membunuh virus dan bakteri E. colli penyebab diare. Vitamin C dalam buah jambu biji bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  • Jambu biji merah bermanfaat untuk mencegah demam berdarah

Sudah bukan rahasia lagi jika jambu biji dapat mencegah demam berdarah. Orang yang sedang terkena demam berdarah disarankan agar banyak menkonsumsi jambu biji merah agar trombosit bisa segera naik.

  • Jambu biji merah bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung

Kandungan nutrisi pada buah jambu biji merah mampu untuk penyakit jantung. Hal ini karena jambu biji merah dapat menstabilkan tekanan darah sehingga membuat jantung bekerja dengan normal. Sehingga jantung tetap sehat

  • Jambu biji merah bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah

Kandungan nutrisi pada buah jambu biji merah mampu untuk menstabilkan tekanan darah. Jadi jika anda sedang mengalami tekanan darah tinggi maka segera konsumsi jambu biji merah. Bisa dibuat jus maupun langsung dimakan.

  • Jambu biji merah bermanfaat untuk menstabilkan kadar kolestrol

Buah jambu biji merah banyak mengandung serat yang dapat mengikat lemak jahat dalam tubuh serta menghancurkannya sehingga buah yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar kolestol yang tinggi.

  • Jambu biji merah bermanfaat untuk mencegah kanker

Jambu biji merah banyak mengandung banyak kalori serta rendah lemak sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Selain itu kandungan antioksidan dalam jambu biji merah dapat menghambat serta menghancurkan sel kanker yang sedang tumbuh jika dikonsumsi secara rutin.

Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kecantikan

1. Jambu biji merah bermanfaat untuk mencerahkan kulit

Baca Juga  Manfaat Green Coffe Sebagai Minuman Relaksasi Yang Berkhasiat

Jambu biji merah akan vitamin C serta banyak mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Vitamin C pada jambu biji merah mampu untuk mencerahkan kulit serta dapat mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam.

2. Jambu Biji Merah Bermanfaat Untuk Melindungi Kulit

Tahukah anda jika jambu biji merah banyak sekali mengandung likopen. Kandungan likopen dakam buah jambu biji merah bahkan lebih besar dari tomat. Zat likopen ini berfungsi sebagai pelindung dari paparan sinar Ultra Violet. Jika anda termasuk orang sering beraktifitas diluar ruangan, ada baiknya jika anda banyak mengkonsumsi jambu biji merah. Atau bisa juga dijadikan masker untuk kulit anda agar kesehatan selalu terjaga.

3. Jambu biji merah bermanfaat sebagai toner alami

Anda juga bisa menggunakan jambu biji merah sebagai toner alami untuk kulit anda. Anda hanya cukup merebus buah jambu biji merah dan menggunakan air rebusannya untuk mencuci kulit wajah anda.

Nah itulah tadi beberapa manfaat dari buah jambu biji merah bagi kesehatan dan kecantikan. Ada baiknya jika anda menggunakan buah jambu biji merah ini sebagai camilan setiap hari anda atau menggunakannya sebagai masker untuk kulit anda.

Sekian dulu ya artikel kali ini. Semoga bermanfaat.