20 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Paling Direkomendasikan

Memiliki momongan atau keturunan pastinya menjadi idaman bagi setiap pasangan, untuk itu selama masa kehamilan yang dialami oleh seorang wanita harus diperhatikan secara seksama agar tidak terjadi keguguran ataupun kecacatan setelah kelahiran. Tak hanyal berbagai cara dilakukan untuk menjaga sang ibu dan calon bayi agar tetap sehat, memberikan segala jenis makanan yang justru malah dapat berbahaya baik bagi kesehatan ibu maupun calon bayi.

Seperti halnya buah-buahan, walaupun dikenal memiliki banyak kandungan seperti vitamin yang berguna bagi tubuh tapi juga ada buah-buahan yang justru perlu dihindari oleh ibu yang sedang hamil. Berikut ini 20 buah untuk ibu hamil yang paling disarankan untuk dikonsumsi dan 20 buah untuk ibu hamil yang perlu dihindari karena kandungan serta efek berbahay yang ditimbulkan.

20 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Nikmat Aman Dan Berkhasiat

  • Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang paling direkomendasikan dari 20 buah untuk ibu hamil lainnya. Mengapa? Karena dalam sebuah studi yang dilakukan oleh California Avocado Comission menemukan fakta bahwa alpukat yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh positif pada cabang bayi dengan kandungan alaminya yang berupa asam folat yang berguna untuk mencegah terjadinya kecacatan pada bayi.

  • Anggur

Buah anggur disarankan karena kandungan asam folat di dalam buah anggur berguna untuk membantu dalam proses pembentukan tulang dan gigi pada bakal bayi, membantu dalam proses pembentukan saraf, tabung otak serta mengurangi resiko kecacatan pada sang janin. Namun sebaiknya dikonsumsi dalam kadar yang tidak berlebihan karena dikhawatirkan malah dapat membahayakan bakal bayi dan sang ibu.

  • Apel

Buah yang disarankan bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah apel. Hampir sama seperti alpukat, buah apel ini memiliki pengaruh yang positif bagi perkembangan janin di dalam perut sang ibu. Selain itu bauh apel juga berguna bagi sang ibu sendiri yaitu meredakan gejala konstipasi yang biasanya muncul pada wanita yang sedang hamil seperti meredakan mual, mengurangi resiko terjadinya pembengkakan di area kaki dan tangan yang juga bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil.

  • Buah delima
Baca Juga  Manfaat Ace Maxs Perpaduan Kulit Manggis Dan Daun Sirsak yang Ampuh Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Buah delima cukup sulit untuk diperoleh karena untuk saat ini buah delima hanya tumbuh di wilayah tertentu saja. Namun ternyata buah ini termasuk dalam 20 buah untuk ibu hamil yang direkomendasikan karena efek positif yang dimiliki buah delima serta mampu mengurangi berbagai resiko maupun efek negatif yang dapat dialami oleh sang ibu maupun sang janin selama masa kehamilan atau setelahnya

  • Buah naga

Nutrisi yang terkandung dalam buah naga ini tak hanya baik bagi ibu namun juga bermanfaat bagi sang janin. Kandungan karoten yang terdapat di dalam buah naga berguna dalam pematangan indra penglihatan pada janin. Selain itu buah naga juga dapat meningkatkan sel darah merah yang sangat diperlukan bagi wanita yang sedang hamil karena wanita yang sedang hamil pada dasarnya memiliki dua perut yang sama-sama perlu nutrisi.

  • Buah pir

Buah pir dapat mengurangi resiko kekurangan cairan pada wanita yang sedang hamil karena buah pir ini kaya akan kandungan air yang sehat dan menyegarkan.

  • Ceri

Biasanya wanita yang sedang hamil memiliki mood atau suasana hati yang tidak teratur, disinilah salah satu peran buah ceri yang dapat memperbaiki mood seseorang, meningkatkan nafsu makan serta memperlancar sirkulasi aliran darah di dalam tubuh.

  • Jambu air

Walaupun tergolong ke dalam buah yang murah namun memiliki manfaat yang tak main-main bagi ibu hamil karena jambu air ini dapat membantu perkembangan otak serta meningkatkan kecerdasan sang janin.

  • Jeruk

Buah jeruk yang terkenal kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C ini ternyata juga disarankan bagi wanita yang sedang hamil.

  • Mangga

Mangga muda biasanya menjadi salah satu buah yang sering menjadi pilihan bagi wanita yang sedang hamil dan ketika sedang ngidam. Dengan berbagai kandungan vitamin, mineral serta asam folta yang terkandung di dlam buah mangga rasanya tak salah jika banyak ibu hamil menginginkan buah ini.

  • Manggis
Baca Juga  TAHUKAH ANDA APA SAJA MANFAAT YOGA?

Manggis merupakan buah yang memiliki kandungan folat cukup tinggi. Selain berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan sang janin buah manggis ini juga dapat mengurangi resiko preeklamasi atau meningkatnya tekanan darah yang dialami oleh wanita hamil

  • Melon

Manfaat yang cukup vital dari buah melon bagi ibu hamil ialah untuk mencegah terjadinya penyumbatan atau pembekuan pada aliran darah. Selain itu manfaat lainnya dari buah melon untuk ibu hamil yaitu mengurangi resiko keguguran terutama pada trimester pertama dan ketiga

  • Nangka

Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwa buah nangka dapat menyebabkan keguguran, sampai saat ini tidak ada hasil penelitian yang mendukung mitos tersebut kenyataannya buah nangka justru memiliki kandungan yang berguna bagi kesehatan janin dan sang ibu.

  • Kurma

Buah yang berasal dari Jazirah arab ini termasuk dalam 20 buah untuk ibu hamil yang paling direkomendasikan. Peran buah kurma bagi tubuh wanita yang sedang hamil yaitu berguna sebagai sumber energi lebih. Energi lebih sangat diperlukan oleh sang ibu karena asupan energi yang didapat dari makanan yang dikonsumsi akan berkurang karena akan disalurkan pada janin. Energi yang lebih ini diperlukan terutama untuk trimester terakhir dimana sang calon bayi tengah aktif-aktifnya melakukan pergerakan di dalam perut.

  • Pisang

Kandungan serat dalam buah pisang yang cukup tinggi secara tak langsung bermanfaat bagi tumbuh kembang janin. Karena serat tersebut akan membantu memperlancar sistem pencernaan sang ibu sehingga nantinya asupan makanan yang disalurkan pada janin dapat tersalurkan dengan baik. Selain itu buah pisan ini juga berguna untuk memperkuat sekaligus mengontrol denyut jantung agar tetap normal baik pada sang ibu maupun pada sang janin. Bahkan karena efeknya yang sangat positif bagi sang ibu dan janin National Institutes of Health menyarankan kepada wanita yang sedang hamil mengonsumsi 3 buah pisang setiap harinya.

  • Salak
Baca Juga  Penjelasan Lengkap Mengenai Efek Samping, Kandungan Hingga Manfaat Kapsida

Salah satu kandungan penting di dalam buah salak yang berguna bagi janin ialah zat pectin. Zat ini berguna dalam proses pematangan otak sang janin, membentuk kecerdasan serta meningkatkan memori atau daya ingat sang janin. Sementara bagi ibu hamil buah ini dapat mengurangi gejala mual-mual yang sering terjadi pada wanita yang tengah hamil.

  • Semangka

Semangka juga merupakan buah yang kaya akan kandungan air, bagi wanita yang sedang hamil dan merasa haus dahaga, lemas seperti kekurangan cair dapat mengonsumsi buah semangka yang aman, berkhasiat dan menyegarkan

  • Strawberry

Manfaat buah strawberry bagi wanita yang sedang hamil yaitu untuk mengurangi resiko kelainan pada jantung sang janin dan membantu tumbuh kembang sistem saraf sangjanin. Sementara bagi sang ibu yaitu menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menganggu kesehatan sang ibu yang akhirnya nanti dikhawatirkan dapat mempengaruhi tumbuh kembang sang janin di dalam kandungan.

  • Jenis buah berry seperti raspberry, blueberry dan blackberry
  • Jenis buah citrus seperti lemon