6 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Salam – Manfaat daun salam bagi kesehatan terkenal sejak dahulu. Daun salam memiliki bau yang khas dan seringkali digunakan oleh para ibu untuk menambahkan aroma yang sedap pada masakannya. Daun salam dalam dunia pengobatan herbal disebut-sebut mengandung khasiat yang luar biasa, baik itu untuk mengobati penyakit yang ringan maupun penyakit yang berat sekalipun. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh jika Anda menanam daun salam di rumah. Anda bisa meramunya sendiri untuk pengobatan dengan cara yang mudah. Kenapa manfaat daun salam begitu banyak? Jawabannya ada pada kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, diantaranya adalah antioksidan dalam jumlah banyak, flavonoid yang tinggi, asam laurat, vitamin A dan vitamin C yang kesemuanya berkontribusi terhadap kesehatan Anda. Lalu, apa saja manfaat daun salam itu? Ini 10 diantaranya!

6 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

  1. Menyembuhkan kolesterol

Kolesterol adalah penyakit yang menyerang banyak orang, yang biasanya diderita oleh mereka yang berusia mulai 20 tahun keatas. Penderita kolesterol semakin meningkat setiap harinya dengan penyebab utamanya adalah konsumsi makanan yang kurang sehat, kaya lemak seperti gorengan. Kolesterol yang dimaksud adalah kolesterol jahat. Saat kolesterol terakumulasi dalam jumlah yang besar, akan menghambat peredaran pembuluh darah dan memenuhi saluran pembuluh darah dengan plak. Saat sirkulasi darah tidak berjalan sebagaimana mestinya, potensi tubuh untuk terserang penyakit stroke dan jantung sangat tinggi. Adapun cara alami mengatasi kolesterol salah satunya adalah dengan menggunakan daun salam. Caranya ambil 10 lembar daun salam lalu cuci sampai bersih. Setelah itu rebus dalam air sebanyak 3 gelas sampai mendidih, sisakan 1 gelas untuk diminum setiap pagi dan sore. Cek ulang kolesterol setelah menjalani 7 hari treatment ini.

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes tergolong penyakit yang membahayakan. Pengidap diabetes rawan mengalami komplikasi mulai dari masalah mata, jantung koroner, kolesterol, dan lain sebagainya. Diabetes muncul karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh yang disebabkan oleh banyaknya konsumsi makanan yang sarat glukosa setiap harinya. Manfaat daun salam salah satunya adalah untuk mengatasi diabetes. Diabetes semakin meningkat karena konsumsi makanan yang di dalamnya mengandung karbohidrat tinggi. Cobalah ganti makanan pokok sehari-hari seperti nasi dengan konsumsi jagung dan singkong yang rendah kalori.  Dan, jangan lupa atasi keluhan diabetes dengan memanfaatkan khasiat daun salam yang didalamnya mengandung zat antioksidan yang tinggi. Zat ini penting untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Caranya, cukup ambil beberapa lembar daun salam yang telah dicuci sampai bersih lalu rebus dengan air sampai mendidih. Saringlah, dan minum sari daun salamnya setiap pagi dan sore hari secara rutin. Setelah proses pengobatan berjalan seminggu lamanya, lakukan pengecekan kadar diabetes. Jika sudah kembali normal kurangi konsumsi daun salam agar kada gula tidak semakin turun yang berakibat nge-drop.

Baca Juga  Manfaat Renang Bagi Perkembangan Tubuh Manusia
  1. Menurunkan Asam Urat

Kolesterol dan asam urat adalah dua penyakit yang bersandingan satu sama lain. Ada kolesterol dan ada asam urat. Asam urat adalah kondisi kesehatan yang terjadi karena kadar purin dalam tubuh terlalu tinggi. Purin biasanya keluar secara perlahan bersama dengan air seni jika memang kadarnya tidak banyak. Namun purin yang sudah tidak terakumulasi jumlahnya akan menumpuk pada bagian sendi-sendi dan menyebabkan asam urat. Indikasinya adalah rasa nyeri yang luar biasa pada persendian dan saat asam urat sudah mulai parah, sendi akan membengkak, memar dan merah yang disertai rasa panas. Atasi keluhan ini dengan daun salam segar yang telah dicuci bersih lalu direbus dengan air sampai mendidih, minum sarinya saja secara rutin sampai indikasi asam urat perlahan menghilang.

  1. Maag acut mereda

Makan tidak teratur atau suka telat makan adalah penyebab maag akut. Indikasi penyakit maag yang membuat tidak nyaman adalah rasa nyeri yang luar biasa di ulu hati saat kambuh. Ya, maag adalah penyakit yang kapan datangnya tidak bisa diprediksi secara pasti.  Dinding rongga lambung yang meradang itulah yang menyebabkan maag dengan indikasi nyeri yang luar biasa yang disertai dengan rasa terbakar dan seperti di tusuk-tusuk. Apakah Anda atau orang-orang yang ada  di dekat Anda mengidap penyakit maag dan kambuh-kambuhan? Jika iya, atasi dengan obat alami daun salam yang bisa Anda ramu dengan mudah, hanya dengan cara merebusnya saja dengan air lalu minum sarinya. Rutin konsumsi sari daun salam disertai dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehari-hari akan mengurangi potensi sakit maag yang dialami. Cara alami lain adalah dengan memanfaatkan daun jambu biji yang telah dicuci sampai bersih lalu direbus dengan air hingga mendidih. Saring sarinya lalu tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat. Selain itu, temulawak juga bisa Anda coba. Caranya, kupas temulawak, iris tipis-tipis, keringkan. Setelah itu, masak dengan air hingga mendidih, saring sarinya untuk beberapa kali minum. Adapun pantangaannya adalah wajib menghindari makanan yang pedas, berlemak, berkafein, dan hindari rokok agar penyakit maag tidak sering kambuh.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat daun salam selanjutnya adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Sistem pencernaan penting dijaga kesehatannnya agar aktivitas sehari-hari tetap terjaga. Penyerapan sari makanan terhambat jika sistem pencernaan mengalami gangguan. Gangguan ini dampak nyatanya adalah menyebabkan sembelit dan diare. Agar toksin dalam tubuh keluar secara rutin, jagalah sistem pencernaan agar tetap sehat. Salah satunya adalah dengan konsumsi ramuan daun salam secara rutin. Caranya, siapkan 15 gram bubuk daun salam, rebus dengan segelas air sampai mendidih, saring lalu minum sarinya. Tambahkan sedikit garam ke dalamnya.

  1. Menurunkan darah tinggi

Diantara sekian banyak penyakit yang ada. Hipertensi adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan. Hingga kini, kematian akibat hipertensi terus meningkat, penyebab hipertensi antara lain adalah gaya hidup, emosi yang tidak stabil, dan juga makanan yang dikonsumsi. Dengan daun salam, keluhan hipertensi akan semakin terkontrol karena adanya flavonoid di dalamnya. Kandungan flavonoid ini selain membantu mengatasi gula darah tinggi juga mengatasi kolesterol. Cara meramunya mudah, yaitu siapkan 15 lembar daun salam yang telah dicuci sampai bersih, tambahkan air 3 gelas, rebus dan saring. Anda bisa mengonsumsinya di pagi dan sore hari sampai tekanan darah menurun. Jika dirasa tekanan darah sudah menurun, Anda bisa mengurangi konsumsi ramuannya tidak seintens saat sedang naik darah tingginya.

Selain itu, jika Anda ingin merawat rambut agar tebal dan panjang, atau untuk mengatasi rambut rontok dan kutu membandel, Anda bisa gunakan daun salam secara rutin tanpa efek samping sama sekali. Daun salam yang di dalamnya mengandung banyak nutrisi penting seperti flavonoid, antioksidan dan vitamin A dan C ini akan membantu mengatasi penyakit yang lain dan tetap aman bagi kesehatan.

 

Baca Juga  Fadhilah Dan Manfaat Asmaul Husna Yang Perlu Diketahui Umat Islam