7 Manfaat Daun Sirih Yang Ampuh Untuk Masalah Kesehatan

Manfaat Daun Sirih – Manfaat daun sirih untuk kesehatan ternyata banyak sekali. Mungkin sebagian dari kita sudah sering memanfatkan daun sirih ini untuk berbagai macam keperluan. Hal ini tentunya menjadi sesuatu hal yang wajar sebab daun sirih memang sudah sejak lama dipercaya memiliki berbagai khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagai contohnya, banyak nenek di jaman dahulu yang menggunakannya untuk menyirih dengan tujuan agar gigi mereka bisa lebih kuat dan tahan lama. Terkait apakah hal tersebut memang benar-benar fakta atau hanya sebuah mitos, yang pasti daun sirih sering dimanfaatkan sebagai obat alami karena memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan seperti kavikol, minyak atsiri, dan betlephenol. Nah, untuk manfaatnya sendiri bagi kesehatan kira-kira apa ya? Langsung saja yuk kita bahas satu per satu!

daun-sirih

· Mengobati penyakit asma

Asma merupakan salah satu gangguan pernapasan yang berbahaya sehingga orang yang mengidap penyakit ini harus ditangani dengan tepat agar tidak semakin parah dan berujung pada kematian. Orang yang memiliki penyakit asma biasanya akan ditandai dengan kesulitan bernapas seperti sesak maupun tersengal-sengal. Dalam waktu yang lama, hal ini akan membuat penderitanya kesulitan untuk melakukan aktivitas berat. Salah satu manfaat daun sirih yang cukup populer adalah sebagai obat untuk mengatasi penyakit asma ini. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu memetik empat atau lima lembar daun sirih. Lalu, cuci daun tersebut dengan air mengalir hingga bersih. Masukkan dua gelas air ke dalam panci dan rebus hingga air hanya tinggal satu gelas. Untuk menyembuhkan penyakit asma secara alami, sebaiknya air rebusan daun sirih ini dikonsumsi dua hingga tiga kali sehari dengan rutin.

· Menyembuhkan gangguan radang tenggorokan

Mengidap radang tenggorokan memang sangat tidak nyaman sebab selain mengalami panas dalam, orang umumnya juga akan merasa sakit saat menelan makanan. Beberapa orang akan melakukan pengobatan medis untuk mengobati gangguan kesehatan yang satu ini. Namun, ada  juga  yang memilih untuk menyembuhkannya dengan cara alami. Beberapa contoh gejala radang tenggorokan adalah batuk, kesulitan saat bicara, suara yang serak, dan rasa perih ketika menelan. Nah, jika Anda mulai menjumpai tanda-tanda tersebut pada diri Anda, sebaiknya segera buat rebusan air daun sirih dan mengonsumsinya secara rutin. Caranya adalah merebus beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air hingga air rebusan menyusut menjadi satu gelas.

· Mengurangi iritasi mata

Manfaat daun sirih yang selanjutnya adalah untuk mengurangi iritasi mata. Masalah pada mata ini biasanya timbul karena paparan debu, posisi membaca yang kurang tepat, dan penggunaan kontak lensa yang terlalu lama. Jika Anda sering mengalami hal tersebut, Anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan membuat air rebusan daun sirih. Anda hanya perlu mengambil lima atau enam lembar daun sirih dan masukkan ke dalam panci berisi air. Lalu, masak hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan dinginkan air rebusan tersebut. Bedanya, air rebusan ini tidak diminum melainkan digunakan membersihkan mata. Caranya adalah dengan memasukkan muka ke dalam air dan membuka mata selama beberapa saat di dalam air. Lakukan treatment ini beberapa kali unttuk menghilangkan rasa perih pada mata dan membuatnya lebih segar.

Baca Juga  Manfaat Cuka Apel Tahesta Yang Brguna Bagi Tubuh Manusia

·  Melancarkan haid

Sejumlah wanita sering mengalami sirkulasi haid yang tidak lancar sehingga menimbulkan rasa khawatir. Hal ini bisa diatasi dengan berbagai cara. Selain berkonsultasi dengan dokter, wanita yang mengalami gangguan ini sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, dan menghindari stress. Salah satu pengobatan alternatif yang bisa dicoba untuk mengatasi haid yang tidak lancar adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih. Caranya adalah dengan memetik tiga hingga lima lembar daun sirih dan mencucinya sampai bersih menggunakan air mengalir. Setelah itu, rebus daun tersebut dengan dua gelas air. Biarkan hingga mendidih dan dinginkan terlebih dahulu. Konsumsi air rebusan ini sekali sehari secara rutin selama masa haid.

·  Mengurangi timbulnya bau mulut

Memiliki masalah bau mulut bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk itu, jika Anda memiliki bau mulut yang cukup mengganggu tak ada salahnya memanfaatkan daun sirih untuk mengurangi masalah ini. Ambil sekitar lima lembar daun sirih, cuci bersih dan rebus dengan dua gelas air. Masak hingga mendidih dan biarkan air menyusut menjadi satu gelas. Tunggu hingga air rebusan daun sirih dingin dan gunakan untuk berkumur-kumur. Berkumur dengan air rebusan ini akan membantu menghilangkan kuman yang menimbulkan bau mulut. Bau mulut biasanya timbul ketika ada sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut. Jadi, jika ingin mendapatkan manfaat daun sirih dalam mengatasi bau mulut, sebaiknya Anda berkumur memakai air rebusan ini setelah makan dan setelah menyikat gigi.

·  Mengobati demam berdarah secara alami

Daun sirih juga bisa dipakai untuk mengobati penyakit demam berdarah. Gigitan nyamuk Aedes Aegypti bisa membuat kondisi kesehatan menurun, menyebabkan demam serta menurunkan trombosit dalam darah.  Penurunan trombosit inilah yang berbahaya sebab bisa memicu mimisan, muntah darah, hingga yang terburuk adalah kematian. Untuk itu, apabila sudah diketahui mengidap demam berdarah segera lakukan tindakan seperti misalnya dengan memanfaatkan daun sirih. Salah satu cara untuk mengonsumsinya sebagai obat demam berdarah alami adalah dengan merebus sepuluh hingga dua belas lembar daun sirih yang sebelumnya telah dicuci ke dalam empat gelas air. Biarkan mendidih dan air rebusan tersebut menyusut menjadi dua gelas. Dinginkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Air rebusan ini sebaiknya diminum setiap pagi dan sore hari sesudah makanan oleh para penderita demam berdarah. Berikan jarak dengan konsumsi obat dari dokter sekitar satu atau dua jam sehingga masing-masing obat bisa bekerja secara efektif dalam menyembuhkan.

· Mengatasi masalah keputihan

Mengalami keputihan tentu menjadi hal yang sangat mengganggu apalagi jika ini merupakan gejala dari penyakit reproduksi. Keputihan yang menjadi gejala dari penyakit adalah memiliki warna hijau, kecoklatan atau kemerahan bahkan terkadang disertai dengan darah. Selain itu, keputihan yang tidak normal biasanya ditanai dengan bau busuk dan terkadang menimbulkan rasa gatal atau terbakar ketika keluar. Jika sudah begini sebaiknya, Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui seberapa bahaya keputihan tersebut. Dokter biasanya akan menyarankan tindakan medis untuk keputihan yang sudah parah. Namun, untuk keputihan yang tidak terlalu parah, dokter biasanya membolehkan pasien untuk menggunakan pengobatan alternatif atau alami. Inilah salah satu manfaat daun sirih yang bisa dicoba, yaitu untuk mengatasi masalah keputihan. Cara ini bisa dilakukan dengan merebus enam atau tujuh lembar daun sirih. Biarkan air rebusan tersebut agak dingin, lalu gunakan untuk membasuh area kewanitaan setelah buang air kecil. Lakukan treatment ini secara rutin untuk mengobati keputihan.

Itulah contoh sejumlah khasiat daun sirih bagi kesehatan tubuh. Pengobatan dengan daun sirih ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda selain menggunakan penanganan secara medis. Namun, sebelum memutuskan untuk memakai daun sirih sebagai pengobatan alami, alangkah lebih baik untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Ini berguna untuk menghindari terjadinya efek samping dan pasien bisa benar-benar merasakan manfaat daun sirih

Baca Juga  Manfaat Bawang Putih Untuk Telinga dan Untuk Mempertajam Pendengaran