7 Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Manfaat Kolang Kaling – Siapa sangka manfaat kolang kaling ternyata begitu banyak. Tidak heran kenapa perintah membaca adalah perintah pertama yang harus dilakukan. Tanpa membaca, mungkin kita tidak tahu hasil penelitian mengenai kolang kaling ini. Saya suka kolang kaling, Anda dan mereka saya yakin suka kolang kaling. Kenapa? karena rasanya khas, kenyal dan nikmat untuk dijadikan campuran es. Apalagi waktu puasa, nikmat pastinya. Kolang kaling di Indonesia sering kali di olah menjadi ronde, es buah, sekoteng dan manisan. Bentuk dan warnanya sesuai kebutuhan, ada yang oval dan natural warnanya, dan ada yang kotak dengan warna-warna yang manis, merah, hijau, kuning, dan sebagainya. Yang pastinya, saat kolang kaling ini dijadikan campuran minuman, makanan menjadi menarik dan enak dipandang. Selera nyeruput minuman pun meningkat. Tidak perlu khawatir saat mengonsumsi kolang kaling ini, sebab bahan makanan ini baik untuk kesehatan. Nggak percaya? Banyak lho manfaat kolang kaling yang bisa Anda dapatkan, diantaranya ada pada 7 poin sebagai berikut.

Manfaat kolang kaling

  1. Mengobati syaraf terjepit

Syaraf terjepit adalah kondisi kesehatan yang identik dengan rasa nyeri di bagian tubuh tertentu. Syaraf terjepit disebabkan oleh menipisnya bantalan tulang yang berpengaruh pada syaraf. Penyebabnya diantaranya adalah rutinitas yang berulang-ulang dalam waktu yang lama,seperti duduk di depan layar computer terus menerus, olahraga yang terlalu ekstrim, karena pernah cidera atau jatuh dan masih banyak lagi. Biasanya, syaraf terjepit ini terjadi di bagian punggung bawah, leher, kaki dan tangan. Menurut riset, manfaat kolang-kaling efektif untuk menyembuhkan syaraf terjepit atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Hernia Nucleus Pulposes atau HNP. Terbukti bahwa pasien penderita syaraf terjepit yang mengonsumsi kolang kaling sebanyak 8 hingga 190 buah setiap harinya akan berkurang nyeri sendi yang diakibatkan oleh asam urat ini. Pasien yang semula merasa nyeri dan sakit saat duduk berlama-lama mulai perlahan mulai nyaman dan tidak merasakan keluhan itu setelah konsumsi kolang kaling.Kenapa kolang kaling begitu berkhasiat? Karena di dalamnya terkandung albumin sejenis protein yang juga didapatkan dalam putih telur. Ada pula gelatin yang oleh tubuh dimanfaatkan untuk pembentukan kolagen yang mencegah penuaan dini. Nutrisi penting lain yang terdapat di dalamnya adalah kalsium, kalium, fosfor, vitamin A, B dan C, serat kasar, dan zat besi. Tidak heran jika kolang kaling efektif mengatasi berbagai macam penyakit berbahaya yang salah satunya adalah syaraf terjepit.

Baca Juga  Manfaat Bersepeda di Pagi Dan Sore Hari
  1. Supply Energi

Manfaat kolang kaling selanjutnya adalah memberikan supply energi bagi tubuh. Ada karbohidrat yang terkandung di dalamnya yang bagus untuk supply energi dan baik untuk diet. Jika ingin perut tetap kenyang dan berat badan tetap stabil, rutin konsumsi kolang kaling setiap hari akan membantu program diet Anda ini. Jika ada yang aman dan alami, kenapa pilih yang berbahaya dan berisiko. Betul kan?. Agar lebih nikmat, tambahkan kolang kaling ke dalam minuman yang Anda konsumsi seperti ronde, es buah, sekoteng, dan sebagainya.

  1. Mencegah Sembelit

Cegah sembelit dengan konsumsi kolang kaling setiap harinya. Sembelit disebabkan oleh tubuh yang kekurangan serat. Minim sayur dan buah yang dikonsumsi. Akibatnya, toksin tidak bisa dikeluarkan setiap hari dan mengalami penumpukan. Jika sudah begini, toksin menjadi penyebab datangnya penyakit. Nah, agar sistem pencernaan lancar dan toksin terbuang setiap harinya, rutin konsumsi kolang kaling bisa Anda praktikkan. Kolang kaling kaya akan serat kasar yang enak dikonsumsi baik saat dijadikan makanan olahan atau dimakan apa adanya. Meski kelihatannya sepele, namun sembelit yang dibiarkan terus menerus berbahaya bagi tubuh.

  1. Mengobati gatal

Terkadang kita tidak tahu apa yang membuat kulit tiba-tiba terasa gatal, karena kuman, virus dna bakteri tidak kasat mata. Rasa gatal meski tampaknya sepele namun jika dibiarkan akan mengganggu aktivitas tubuh. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Pertama-tama, jagalah kebersihan. Ini wajib sebab potensi bakteri penyebab gatal untuk tumbuh akan berkurang. Selain itu, getah kolang kaling terbukti efektif mengobati gatal pada kulit. Gatal yang dimaksud bukan gatal yang sifatnya bawaan penyakit ya, seperti pengidap liver yang salah satu gejalanya adalah gatal di sekujur tubuh. Obat gatal ini di dalamnya tidak mengandung bahan kimia dan dijamin aman bagi tubuh.

  1. Obat radang sendi

Baca Juga  Antara Resiko Dan Manfaat Suntik Vitamin C Yang Terkenal Cepat Dan Ampuh Untuk Mempercantik Kulit

Usia 40 tahun adalah saatnya lebih berhati-hati. Usia tersebut adalah saatnya penyakit bermunculan mulai dari yang paling ringan hingga yang berat sekalipun. Penyebabnya sudah pasti pola hidup yang buruk, konsumsi makanan tidak sehat, stres, dan minim olahraga. Penyakit yang sering melanda mereka yang berusia 40 tahun ke atas adalah nyeri sendi. Nyeri sendi ini adalah salah satu indikasi asam urat dan rematik, dimana asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam tubuh. Saat purin meningkat, nyeri persendian semakin parah dan peradangan pun terjadi disertai dengan memar merah dan panas. Lalu, apa obatnya? Haruskah beli obat-obatan medis? atasi keluhan radang sendi yang menyiksa dengan manfaat kolang kaling. Di dalamnya terkandung karbohidrat

galaktomannan yang identik dengan sifat analgesik alaminya. Makanan ini bagus bagi penderita nyeri sendi baik itu saat menaiki tangga atau pada saat berjalan kaki.

  1. Mencukupi kebutuhan vitamin

Tubuh adalah mesin yang harus dijaga dengan baik. Tidak hanya digunakan, di forsir untuk bekerja saja, tetapi juga untuk dirawat. Salah satu caranya adalah dengan banyak konsumsi nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Di dalam kolang kaling, terdapat beragam vitamin yang diperlukan tubuh, seperti vitamin A, B, dan C hanya dengan rutin konsumsi kolang kaling. Manfaat kolang kaling memang banyak, tidak hanya untuk mengobati penyakit tetapi juga untuk menjaga tubuh agar tetap fit. Olah kolang kaling sesuai dengan keinginan.

  1. Bagus untuk kesehatan kulit

Kulit adalah aset berharga untuk penampilan fisik kita. Kulit yang kusam dan hitam tidak menarik saat dipandang. Saat berinteraksi dengan orang lain Anda akan merasa minder. Bagi wanita biasanya suka baper saat melihat wanita lain lebih kinclong. Nah, agar Anda memiliki kulit sekinclong mereka, cobalah manfaat kolang kaling untuk menjaga kesehatan kulit, mencerahkan dan membuat kulit tampil merona.

Baca Juga  Manfaat Sarang Walet Sebagai Air Liur Serbaguna Yang Sangat Berkhasiat

Kenapa kolang kaling bagus untuk kulit? karena di dalamnya terkandung gelatin yang jika dicerna tubuh akan berubah menjadi kolagen yang membantu meregenerasi sel kulit, meremajakan, dan menjaganya tetap kinclong. Vitamin B yang ada di dalamnya pun bagus bagi kesehatan.

Tidak hanya itu saja manfaat kolang kaling bagi tubuh, makanan ini juga bagus untuk menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal. Konsumsilah kolang kaling secara rutin setiap hari agar manfaat kesehatan dari makanan yang terasa nikmat saat dibuat es ini bisa Anda dapatkan.

Incoming search terms: