Antara Mitos Dan Fakta Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

Manfaat Cuka Apel – Pernahkah kalian mendengar tentang cuka apel? Cuka Apel didapatkan dari sebuah apel yang diproses terlebih dahulu lalu diperas dan diambil air atau sari apelnya. Setelah itu difermentasikan beberapa waktu menggunakan alkohol ragi dan bakteri yang berupa asam asetat atau yang kita kenal dengan sebutan cuka oleh sebab itulah disebut cuka apel. Cuka apel ini danggap memiliki manfaat yang lebih baik dan lebih beruna dari cuka biasa namun semua itu masih simpang siur mengenai sumber informasi dan kejelasan berita tersebut.

Cuka Apel

Dalam dunia kesehatan cuka apel dianggap dapat menurunkan berat badan, menyehatkan dan memperlancar sistem pencernaan, erguna sebagai penetralisir racun dalam tubuh, mampu menekan nafsu makan hingga menurunkan kadar gula darah sementara manfaat cuka apel untuk wajah dan dunia kecantikan mampu mengatasi berbagai masalah kulit wajah, mengatasi sunburn hingga menyamarkan tanda penuaan. Namun semua itu masih perlu diuji secara lebih lanjut mengenai kebenarannya. Tetapi yang pasti adalah cuka apel akan memberikan efek yang buruk jika dikonsumsi secara berlebihan terutama bagi seseorang yang memiliki masalah alergi dan belum terbiasa dengan cuka apel.

 

Antara Mitos Dan Fakta Tentang Cuka Apel

  1. Dalam masalah menurunkan berat badan

Terdapat perselisihan dan perbedaan pendapat mengenai hal ini namun menurut seorang ahli gii bernama Abby Langer menyatakan bahwa cuka apel tak mempunyai sifat secara fisiologis untuk menurunkan berat badan baik dalam hal mempercepat metabolisme maupun dalam hal membakar lemak.

  1. Dalam hal detoksifikasi

Selain itu manfaat yang masih simpang siur yaitu cuka apel sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh. Hal ini ternyata juga tidak dibenarkan oleh Abby Langer sebagai seorang ahli nutrisi dan ahli diet.

  1. Dalam hal menekan nafsu makan
Baca Juga  MANFAAT SENAM AEROBIK BAGI TUBUH

Manfaat cuka apel yang juga sempat dibantah oleh Abby Langer adalah mampu menekan nafsu makan. Namun dalam hal ini Abby Langer tidak menyalahkan secara pasti karena hal itu bisa terjadi dengan teori yang ia kemukakan. Apabila perut kosong kemudian terisi dengan sesuatu yang asam maka pernernaan seseorang akan teriritasi dan akhirnya merasa kenyang dengan sendirinya.

  1. Dalam hal menurunkan kadar gula darah

Memang bagi beberapa orang mengonsumsi cuka apel dapat menurunkan gula darah hal ini seperti yang dilansir dari penelitian yang dilakukan oleh Journal of Functional Foods. Namun sayangnya penelitian ini hanya melibatkan 14 orang yang semuanya terkena diabetes tipe 2

  1. Dalam hal menyehatkan sistem pencernaan

Karena terbuat dari hasil fermentai yang memanfaatkan bakteri baik maka dapat dipastikan bahwa cuka apel memang berkhasiat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh.

 

Manfaat Cuka Apel Untuk Wajah

  1. Cuka Apel Mampu Mengatasi Masalah Kulit Wajah

Masalah kulit wajah yang sering dihadapi seseorang adalah komedo dan jerawat, kedua masalah kulit wajah tersebut merupakan yang paling umum dan paling sering dialami oleh seseorang. Komedo dan jerawat dapat muncul akibat polusi, kotoran, pori-pori tersumbat, kuman, bakteri serta stres yang berkepanjangan. Cuka apel ini mempu mengatasi masalah kulit wajah tersebut karena sifatnya yang mampu membunuh kuman dan bakteri serta membersihkan wajah dari berabgai hal yang dapat memicu timbulnya jerawat.

  1. Cuka Apel Mampu Menjaga Kelembapan Kulit

Kemudian manfaat cuka apel untuk wajah lainnya yaitu mampu membuat kulit lebih lembap serta terhindar dari kulit kering dan kusam kemudian mengembalikan konsentrasi pH dan kadar air pada kulit wajah. Caranya yaitu dengan mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1 : 2 jadi jika satu botol cuka maka campurkan dengan dua botol air.

  1. Cuka Apel Dapat Dijadikan Sebagai Pembersih Wajah
Baca Juga  Penjelasan Lengkap Mengenai Efek Samping, Kandungan Hingga Manfaat Kapsida

Dewasa ini semakin marak produk kecantikan atau model perawatan wajah yang memanfaatkan cuka apel sebagai salah satu bahan atau media dalam perawatan wajah. Hal tersebut karena cuka apel mampu membersihkan noda hitam, flek, tanda akibat bekas jerawat hingga mengurangi efek kantung mata yang menghitam akibat kelelahan dan kurang tidur. Selain itu cuka apel juga dapat dimanfaatkan untuk mmbersihkan makeup.

  1. Cuka Apel Dapat Menyamarkan Tanda Penuaan

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa cuka apel mampu mengatasi berbagai masalah kulit wajah termasuk munculnya tanda-tanda penuaan dini. Cuka apel ini mampu menyamarkan danmengurangi tanda penuaan seperti kerutan, garis halus di sekitar mata, keriput, kulit mulai kendor dan sebagainya.

  1. Cuka Apel Mampu Meredakan Infeksi Dan Luka

Sifat lainnya yang dimiliki cuka apel yaitu anti inflamasi yang mampu meredakan peradangan serta membantu mempercepat proses penyembuhan luka ringan seperti luka gores, luka akibat gigitan serangga bahkan hingga luka bakar ringan.

  1. Mengatasi Sun Burn

Paparan sinar matahari di siang hari dapat membakar kulit ajah anda. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan cuka apel pada kulit wajah anda agar terhindar dari sunburn, polusi hingga raadikal bebas sekalipun.

Incoming search terms: