Batuk Menyerang Buah Hati? Atasi Dengan Obat Ini!

Batuk adalah suatu respon alami yang ditunjukkan oleh tubuh ketika mengalami gangguan dalam saluran pernapasan. Batuk merupakan salah satu cara tubuh untuk membersihkan paru-paru dari bahan iritan seperti debu atau asap. Batuk memiliki jenis yang berbeda-beda. Selama ini yang telah kita ketahui, batuk meliputi batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering biasanya muncul pada tahap akhir pilek atau ketika ada bahan iritan masuk ke dalam tubuh. Batuk kering ditandai dengan rasa gatal pada tenggorokan. Sedangkan batuk berdahak timbul karena adanya infeksi pada paru-paru. Infeksi tersebut menimbulkan paru-paru mengeluarkan dahak dengan kadar lebih dari biasanya. Batuk di sini sebagai bentuk reaksi tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak sehingga tubuh dapat bernapas dengan lebih lega.

Batuk seringkali terjadi dan menyerang setiap orang. Oleh karenanya, banyak yang sering meremehkan gangguan saluran pernapasan ini. Akan tetapi ada saatnya Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Batuk bisa saja menjadi salah satu gejala dari pernyakit-penyakit yang lebih serius. Khususnya batuk berdahak bisa menjadi salah satu gejala dari pneumonia, sinusitis, bahkan penyakit bronkitis kronis. Apalagi jika batuk telah menyerang anak-anak maka perlu perhatian lebih khusus. Berikut ini merupakan penyebab-penyebab yang mungkin menjadi alasan batuk menyerang:

  • Batuk disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan. Infeksi saluran pernapasan ini disebabkan oleh virus.
  • Reaksi dari kambuhnya penyakit jangka panjang seperti asma, bronkitis kronis, dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  • Rinitis alergi (peradangan yang terjadi pada rongga hidung sebagai reaksi dari alergi)
  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau asam lambung. Penyakit ini ditandai dengan adanya rasa nyeri yang menyerang pada ulu hati atau timbulnya sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke esofagus)
Baca Juga  Cara Memutihkan Gigi Dalam Waktu Singkat

Penyebab-penyebab di atas mungkin juga terjadi pada anak-anak dan tidak hanya pada orang dewasa. Meskipun batuk sudah menjadi hal yang umum terjadi tetapi tetap perlu ada pengawasan. Apalagi jika terdapat batuk yang berkepanjangan maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Berikut ini merupakan beberapa obat batuk yang dapat dipertimbangkan sebagai alternatif pengobatan batuk bagi anak:

1.Actifed Syrup

Salah satu kandungan yang terdapat pada obat Actifed ini yaitu triolidine. Triolidine ini dapat berfungsi untuk meringankan gejala-gejala flu . Kandungan lainnya yaitu pseudoephedrine atau yang disebut dekongestan. Obat Actifed sirup ini dapat meringankan batuk berdahak. Anda dapat mendapatkan obat Actifed ini di apotek terdekat. Berikut ini penggunaan obat Actifed syrup sesuai dengan usia anak:

  • Usia 6-12 tahun

2,5ml setiap 3 kali sehari

  • Usia 2-6 tahun

1,25ml setiap 3 kali sehari

2.OBH Combi

OBH Combi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif penanganan batuk anak. OBH Combi memiliki kandungan ekstrak succus liquiritiae, parasetamol, amonium klorida, pseudoefedrin HCI, serta korfeniramin maleat. Kandungan di dalam OBH Combi ini berguna untuk meredakan batuk yang juga disertai dengan gejala flu seperti hidung tersumbat, demam, sakit kepala, dan bersin-bersin. Berikut ini penggunaan OBH Combi sesuai dengan usia anak-anak:

  • Usia 2-5 tahun

3x5ml setiap hari

  • Usia 6-12 tahun

3x10ml setiap hari

3.Vicks Formula 44

Vicks Formula 44 merupakan obat sirup yang mudah didapatkan di apotek terdekat. Vicks Formula ini dapat menjadi solusi batuk berdahak Anda. Kandungan yang ada di dalam Vicks Formula ini diantaranya dextromethorphan dan guaifenesin (glyceryl guaiacolate). Dextromethorphan ini berfungsi untuk menekan batuk dengan cara meningkatkan ambang rangsang refleks batuk. Sedangkan kandungan guaifenesin yang ada dalam Vicks Formula ini berfungsi untuk mengencerkan dahak yang ada pada saluran pernapasan sehingga dahak dapat dengan mudah keluar. Berikut dosis penggunaan Vicks Formula bagi anak-anak:

  • Usia 2-6 tahun
Baca Juga  Manfaat Voltadex, Dosis, Dan Efek Yang Bakal Ditimbulkan

1 sendok takar atau 5ml setiap 4 jam sekali

  • Usia 6-12 tahun

2 sendok takar atau 10ml setiap 4 jam sekali

Untuk dosis pemakaian Vicks Formula 44 ini Anda juga dapat bertanya atau meminta petunjuk dari dokter.

4.Woods

Woods tidak kalah dengan obat batuk merk lainnya. Woods dapat dengan mudah Anda dapatkan di apotek terdekat. Sebagai obat batuk berdahak Woods memiliki kandungan bromhexine dan guaiphenesin. Berikut ini dosis penggunaan obat Woods bagi anak-anak:

  • Usia 6-12 tahun

5ml sirup setiap 6 jam sekali atau maksimal 4 kali dalam sehari

5.Siladex antitussive

Jika beberapa obat batuk di atas merupakan obat batuk berdahak maka Siladex antitussive ini dapat digunakan sebagai obat batuk kering. Rasa gatal pada tenggorokan yang terjadi sebagai tanda batuk kering mungkin akan dapat Anda atasi dengan obat Siladex antitussive. Siladex antitussive dapat dengan mudah Anda dapatkan di apotek terdekat. Kandungan yang ada dalam Siladex antitussive  yaitu dextromethorphan hydrobromide. Berikut aturan pakai atau dosis penggunaan obat Siladex antitussive bagi anak-anak:

  • Usia 6-12 tahun

½ – 1 sendok takar setiap 3 kali sehari (dalam 1 hari maksimal 4 sendok takar atau 20ml)

6.Actifed

Actifed ini merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi batuk kering. Kandungan yang ada di dalam obat ini yaitu antihistamin dan triprolidine. Kandungan-kandungan yang ada di dalam obat ini dapat meringankan rasa gatal yang ada pada tenggorokan. Berikut ini aturan pakai atau cara penggunaan obat Actifed untuk usia anak-anak:

  • Usia 2-6 tahun

2,5ml setiap 3 kali sehari

  • Usia 6-12 tahun

5ml setiap 3 kali sehari

7.Strepsils

Siapa yang belum mengetahui obat batuk yang satu ini? Strepsils merupakan obat batuk yang berbentuk permen. Obat ini dapat dikonsumsi seperti halnya Anda mengkonsumsi permen. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan rasa gatal tenggorokan akibat batuk kering. Anda bisa dengan mudah mendapatkan Strepsils di toko terdekat. Akan tetapi Anda harus ingat bahwa meskipun bentuknya yang seperti permen tetapi kandungan yang ada di dalam Srepsills berfungsi untuk alternaif pengobatan sehingga akan tidak baik jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

Baca Juga  Balita Sakit Mata? Ini Solusinya!

Woods permen

Selain strepsils obat batuk lainnya yang berbentuk permen yaitu Woods permen. Woods permen memiliki manfaat sebagai anti nyeri dan anti peradangan. Akan tetapi untuk pengunaannya sendiri lebih baik Anda meminta petunjuk atau anjuran dari dokter mengingat efek yang mungkin ditimbulkan dari pemakaian obat yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh pasien.

Berikut tadi paparan tentang batuk, penyebabnya, serta beberapa obat yang dapat digunakan sebagai alternaif penanganan. Jangan lupa untuk selalu membaca indikasi, kontraindikasi, serta efek samping yang ada pada kemasan setiap obat. Akan lebih baik lagi jika Anda juga konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum pemakaian. Semoga bermanfaat.