Berbagai Resep Dan Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Wedang Jahe – jahe meruapakan jenis tanaman rimpang yang dapat dijadikan sebagai bahan rempah-rempah maupun tanaman obat. Sebagai tanaman yang mudah tumbuh di berbagai tempat membuat tanaman jahe dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia mulai dari asia tenggara, kawasan timur tengah hingga benua eropa. Untuk asal usul dari tanaman ini masih menjadi perdebatan karena ada yang mengakui bahwa jahe berasal dari China namun di sisi lain juga ada yang meyakni bahwa jahe berasal dari India.

Wedang Jahe

Beralih dari perdebatan tersebut jahe memang dikenal memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh dengan rasa pedasnya yang khas membuat banyak orang yang menyukai tanaman ini  dan memanfaatkannya sebagai minuman penghangat. Di dunia sendiri terdapat beberapa macam jenis jahe namun hanya terdapat tiga jenis jahe yang populer di masyarakat yaitu jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah yang diyakini memiliki khasiat lebih besar dibanding du jenis jahe yang lainnya.

Jahe sendiri dapat diolah dan dimanfaatkan dengan beberapa cara seperti mengolahnya menjadi bubuk,  diolah menjadi produk makanan misalnya ting-ting jahe atau mengosnsumsinya secara langsung danmenjadikannya sebagai minuman. Dari beberapa cara di atas mengonsumsi dengan mengolahnya menjadi minuman merupakan cara yang paling banyak disukai orang-orang untuk menikmati jahe oleh karena itulah tak salah jika di Indonesia saat ini banyak beredar jenis minuman yang menjadikan jahe sebagai salah satu bahan utamanya.

Berbagai Resep Dan Cara Pembuatan Wedang Jahe Yang Mudah

  1. Wedang Jahe Sederhana

Resep dan cara pembuatan wedang jahe yang satu ini sangatlah sederhana karena menggunakan jahe tanpa menggunnakan bahan lain. Untuk cara pembuatannya sangatlah mudah cukup rebus jahe yang telah dicuci dan dikupas kemudian tambahkan gula pasir, gula jawa atau tanpa menggunakan pemanis sama sekali untuk merasakan sensasi jahe yang lebih kuat

  1. Wedang Jahe Kopi Susu
Baca Juga  Manfaat Melia Biyang Produk Yang Dikenal Sebagai Obat Awet Muda

Kopi susu merupakan salah satu jenis minuman yang sangat disukai oleh masyarakat dunia termasuk Indonesia, nah bagi anda pecinta kopi susu sekaligus penikmat jeh dapat memadukannya ke dalam satu gelas hangat yang sangat menggoda. Cara pembuatannya juga sangat mudah, pertama tuangkan terlebih dahulu kopi + susu dengan takaran yang anda sukai lalu rebus air bersama jahe yang telah dibersihkan lalu setelah matang tuangkan air tersebut ke dalam gelas atau anda juga bisa membuat dengan cara lain dengan memotong-motong jahe kemudian sesaat sebelum mendidih masukkan jahe lalu tuangkan air beserta potongan jahe tersebut ke dalam gelas yang telah disiapkan.

  1. Wedang Jahe Jeruk Nipis

Selain jahe jeruk nipis juga dikenal sebagai tanaman yang sangat bermanfaat baik untuk kecantikan maupun mengobati berbagai macam penyakit. Nilai lebih dari jeruk nipis iniyaitu dapat dijadikan sebagai bahan minuman sama seperti jahe maka dari itu jika kedua jenis tanaman ini disatukan pasti akan menciptakan rasa yang istimewa sekaligus memberikan manfaat yang sangat luar biasa. Untuk cara pembuatannya hampir sama seperti cara di atas hanya saja jangan memasukkan jeruk nipis ke dalam air yang sedang direbus.

Itulah tiga resep beserta cara pembuatan wedang jahe yang sangat mudah dan praktis selain beberapa cara di atas sebenarnya masih banyak jenis kreasi wedang jahe yang tak kalah nikmat dan berkhasiat. Namun yang perlu diperhatikan adalah intensitas konsumsi jangan sampai terlalu sering mengonsumsi minuman jahe karena segala sesuatu yang berlebihan pastiakan berdampak buruk.

Manfaat jahe Untuk Mengobati Dan Mencegah Berbagai Penyakit

  1. Manfaat pertama yang dimiliki wedang jahe pastinya yaitu mampu menghangatkan dan membuat tubuh terasa lebih bugar, dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan tenang hingga akhirnya mampu menurunkan tingkat stres seseorang
  2. Menurunkan tekanan darah, tekanan darah yang tak terkontrol sangat berbahaya bagi seseorang wedang jahe ini dapat digunakan sebagai minuman penyeimbang tekanan darah yang juga nikmat.
  3. Memperlancar siklus menstruasi, tak hanya bagi pria saja wedang jahe ini juga sangat bermanfaat bagi wanita. Salah satu manfaatnya adalah menjaga siklus menstruasi agar tetap teratur serta dapat meringakan rasa sakit yang sering datang ketika datang bulan.
  4. Mencegah jerawat, menurut penelitian yang di lakukan di Maryland Medical Center bahwa jahe juga dapat bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat dengan ketentuan mengosnsumsinya secara teratur dan tidak berlebih, dianjurkan sekitar 4 gram/hari
  5. Bersifat antioksidan dan anti alergi, dengan kedua sifat ini maka tak heran jika jahe sangatlah berguna bagi kesehatan karena zat antioksidan mampu menangkal racun dan radikal bebas yang ada di udara.
  6. Membantu mengobati berbagai jenis peradangan dan beberapa jenis luka dengan cepat
  7. Mampu membersihkan kotoran dan zat berbahay yang ada di dalam tubuh sehingga sistem metabolisme tubuh serta peredaran darah menjadi lebih lancar
  8. Dan manfaat jahe yang terakhir untuk kalli ini menurut banyak penelitian bahwa ekstrak jahe mampu membantu memerangi pertumbuhan sel kanker.
Baca Juga  4 Manfaat Daun Binahong Yang Perlu Anda Ketahui

Incoming search terms: