Fakta Terbaru Mengenai Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan – Buah nanas memiliki nama latin ananas comosus merupakan salah satu jenis buah tropis yang diperkirakan berasal dari daerah di Amerika Selatan khususnya Brazil, Paraguay dan Bolivia. Dengan rasa manisnya yang khas serta kandungan airnya yang melimpah membuat buah nanas ini menjadi salah satu primadona dalam kerajaan buah dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia

Kandungan Nutrisi Pada Buah Nanas

Buah nanas memiliki rasa manis dan segar karena mengandung banyak air di dalamnya, walaupun memiliki rasa yang lezat buah nanas sering dihindari oleh beberapa orang terutama seseorang yang memiliki alergi terhadap buah nanas. Memang bagian bintik atau yang sesring disebut mata nanas dapat membuat bagian mulut dan lidah seseorang terasa gatal terlebih jika seseorang yang mengolah dan mengupasnya melakukan dengan cara yang tidak benar. Oelh karena itu perlulah diketahui dan dipelajari tentang bagaimana mengolah dan mengupas buah nanas yang benar.

 

Sementara di sisi alain buah nanas ini menjadi favorit bagi banyak orang karena selain rasanya yang nikmat buah nanas jugva kaya akan nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam setiap 100 gram buah nanas mengandung air sekitar 85,3 gram, protein 0,4 gram serat 0,4 gram, energi sebanyak 52 kalori, karbohidrat sebanyak 13,7 gram dan lemak hanya sekitar 0,2 gram. Untuk vitamin yang bisa ditemukan dalam buah nanas yaitu vitamin A sekitar 120 IU, vitamin C sebanyak 24 mg dan vitamin B sebanyak 0,08 mg. Sementara untuk jenis mineral yaitu fosfor 11 mg, kalsium 16 mg, dan zat besi 0,3 mg.

buah nanas

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan yang Tidak Disadari Banyak Orang

 

  1. Buah nanas baik untuk menjaga kesehatan mata
Baca Juga  Manfaat Jamu Beras Kencur (Jamu Tradisional Yang Masih Eksis)

Manfaat buah nanas untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk menjaga fungsi mata agar tetap normal dan sehat. Beberapa kandungan alami yang terdapat di dalam buah nanas seperti vitamin A dan beta karoten sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu dua kandungan tersebut juga mampu mencegah mata mengalami berbagai masalah penglihatan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

 

  1. Buah nanas berguna untuk menangkal radikal bebas

Kandungan penting lainnya yang terdapat di dalam buah nanas yaitu vitamin C, flavonoid dan senyawa antioksidan lainnya. Flavonoid memiliki peran dalam menangkal berbagai zat berbahaya atau radikal bebas yang mencoba masuk ke dalam tubuh dan merusak sistem daya tahan tubuh manusia. Sementara vitamin cc berperan untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Namun di lain sisi vitamin C juga ikut berperan dalam menangkal radikal bebas karena vitamin c tergolong sebagai vitamin antioksidan.

 

  1. Buah nanas berguna untuk menjaga kesehatan jantung

Sebagai organ vital dalam tuuh manusia jantung harus terus dijaga kesehatannya agar tidak menimbulkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung atau jantung koroner. Untuk menjaga kesehatan jantung tersebut anda dapat mengonsumsi buah nanas secara rutin dan teratur. Namun perlu diperhatikan konsumsi sewajarnya saja dan jangan berlebihan.

 

  1. Buah nanas berguna untuk memperkuat sistem kerja saraf

Salah satu jenis vitamin B yang terkandung di dalam buah nana adalah vitamin B1 atau yang disebut thiamin. Thiamin atau vitamin B1 ini memiliki fungsi yang dominan untuk menguatkan otot, meningkatkan fungsi kerja saraf serta membantu mengubah karbohidrat menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

  1. Buah nanas berguna untuk menjaga dan memperlancar sistem pencernaan

Dalam pemrosesan makanan, tubuh manusia memerlukan serat yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan serta agar terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air besar.

Baca Juga  Manfaat Kunyit Untuk Wajah Dan Kecantikan

 

  1. Buah nanas berguna untuk mencegah berbagai jenis penyakit

Seperti yang telah sedikit dijelaskan seperti di atas tadi bahwa beberapa kandungan yang ada di dalam buah nanas sangat baik untuk menjaga kesehatan masing-masing organ agar terhindar dari  berbagai jenis penyakit. Beberapa jenis penyakit yang dapat dicegah dengan mengonsumsi buah nanas dengan benar yaitu asma, gangguan penglihatan seperti katarak, degenerasi makula, penyakit beri-beri, jantung koroner hingga gangguan pencernaan.

 

  1. Buah nanas berguna untuk membantu mengatasi peradangan

Selain memiliki vitamin dan mineral buah nanas juga memiliki sifat anti inflamasi. Anti inflamasi yaitu sifat anti radang yang mampu mengurangi atau meredakan radang maupun infeksi di beberapa bagian tubuh. Sifat anti inflamasi ini salah satunya di dapatkan dari bromelain yang acap kali digunakan sebagai anti radang pada bagian kulit tubuh.

 

  1. Buah nanas berguna untuk sistem reproduksi

Selain itu manfaat buah nanas untuk kesehatan yang lainnya berguna untuk meningkatkan keseburan baik pada pria maupun dewasa. Namun untuk khasiat yang satu ini masih belum ada bukti nyata atau pengujian secara klinis. Bahkan bagi beberapa orang buah nanas muda dianggap mampu mengurangi tingkat kesuburan pada wanita bahkan hingga menggugurkan kandungan.