Ini Dia 10 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui Orang!

Manfaat daun sirsak – Sirsak adalah sejenis tanaman dari Karibia, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah. Buah sirsak memiliki rasa yang asam dan manis. Daging buah sirsak mengandung serat tinggi. Pasalnya untuk 100 gram daging sirsak mengandung sebanyak 3.3 gram serat dan bisa memenuhi sebanyak 13% kebutuhan serat tiap harinya. Di samping mengandung serat, buah sirsak juga mengandung karbohidrat tinggi, vitamin C, fruktosa, vitamin B1, dan vitamin B2. Tak hanya daging buah sirsak yang mengandung gizi tinggi, daun sirsaknya pun ternyata mengandung senyawa tertentu yang bermanfaat untuk kesehatan.

Daun Sirsak

Apa Saja Manfaat Daun Sirsak?

Daun sirsak mengandung acetogenin, sebagai kumpulan dari senyawa aktif dengan aktivitas sitotoksik untuk membunuh racun yang ada dalam tubuh kita dengan menghambat transport energi atau ATP yang diperlukan untuk pertumbuhan sel kanker. Berikut beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang perlu Anda tahu :

  1. Mengobati Penyakit Kanker

Salah satu manfaat daun sirsak yaitu mengobati penyakit kanker. Tak hanya mengatasi saja, daun sirsak juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker lebih efektif dan lebih cepat jika dibandingkan kemoterapi. Hal tersebut disebabkan acetogenin dapat menyembuhkan dan mengobati pasien pengidap kanker. Senyawa acetogenin dalam daun sirsak memang sangat kuat, bahkan memiliki kekuatan untuk melawan sel-sel kanker sampai lebih kuat 10.000 kali dari kandungan Adriamycin. Selain itu, acetogenin dapat menghambat tumbuh kembang sel kanker serta menghambat terjadinya perkembangan sel-sel tumor. Untuk mendapatkan manfaat dari daun sirsak ini, Anda cukup meminum rebusan dari daun sirsak. Cukup dengan merebus sebanyak 10 lembar daun sirsak ke dalam 3 gelas air. Lalu didihkan sampai tersisa ½ nya. Anda dapat meminum air rebusan ini saat dingin atau hangat. Untuk hasil yang maksimal, minum ramuan daun sirsak di setiap pagi hari.

  1. Mengatasi Demam

Demam merupakan indikator atau gejala jika tubuh mengalami masalah. Saat terjadi peradangan, biasanya tubuh mengeluarkan sinyal lalu merangsang otak sehingga suhu tubuh seseorang meningkat. Kenaikan suhu tubuh tersebut bertujuan untuk melawan virus atau bakteri yang mengakibatkan peradangan. Walaupun demikian, demam bisa membuat seseorang sangat terganggu dan tidak nyaman, untuk itu demam harus ditangani dengan segera. Daun sirsak memiliki kandungan senyawa aktif dengan manfaat bisa mengatasi infeksi dan menurunkan suhu panas dalam tubuh. Ketika terjadi demam, Anda bisa merebus beberapa lembar daun sirsak ke dalam 1 gelas air hingga 10 menit, lalu minum air rebusan daun sirsak tadi selagi hangat.

  1. Mengobati Kista Ovarium

Kista ovarium seringkali dialami banyak wanita. Penyakit ini bisa dikatakan juga sebagai tumor jinak di bagian ovarium. Apabila tak segera diobati, maka kista bisa berkembang menjadi kanker. Karena itu, untuk mengobati kista ovarium, Anda dapat memanfaatkan daun sirsak. Adapun untuk mendapatkan manfaat daun sirsak ini, Anda cukup meminum air daun sirsak yang direbus. Caranya cukup dengan merebus 10 helai daun sirsak, ke dalam 3 gelas air. Lalu rebus airnya sampai tersisa setengahnya. Anda dapat mengonsumsinya dalam keadaan dingin atau hangat.

  1. Mengobati Kolesterol

Manfaat daun sirsak lainnya juga dapat mengobati kolesterol. Kolesterol bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan segera. Namun Anda tak perlu khawatir, karena bisa merasakan manfaat dari daun sirsak, dengan cara meminum air daun sirsak. Caranya masih sama seperti di atas, cukup merebus sebanyak 10 helai daun sirsak dan pilih daun yang sedikit tua ke dalam 3 gelas air. Lalu rebus sampai airnya tersisa setengahnya saja. Minum rebusan daun sirsak setiap pagi supaya Anda bisa merasakan khasiatnya.

  1. Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang menyerang sistem metabolisme, pada waktu inilah kadar gula darah dalam tubuh tidak terkontrol. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh disebabkan diabters bisa merusak jaringan dan sel-sel, sehingga diabetes dianggap sebagai penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Diabetes bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti faktor genetis dan faktor pola hidup tidak sehat sehingga mengakibatkan terjadinya kerusakan fungsi pada hormon insulin. Untuk mengatasi dan mencegah diabetes, dapat memanfaatkan daun sirsak dengan cara direbus. Sama seperti cara di atas, Anda bisa mengonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin setiap hari untuk menetralkan kadar glukosa dalam darah.

  1. Mengobati Malaria

Malaria merupakan sejenis penyakit akibat parasit bernama Plasmodium, yang biasanya ditularkan lewat nyamuk Anopheles. Di Indonesia sendiri, angka kematian akibat malaria ini cukup tinggi. Apabila tak segera ditangani, penyakit ini akan sangat berbahaya. Berdasarkan penelitian, menunjukkan jika ekstra penata pada daun sirsak bisa membunuh Plasmodium secara efektif. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak, Anda bisa merebusnya dan mengonsumsinya seperti cara di atas.

  1. Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor yang menyebabkan resiko penyakit jantung. Hipertensi pada tubuh umumnya disebabkan oleh arteri atau pembuluh darah yang menyumbat  sirkulasi darah dan mengalami penebalan. Berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa senyawa antihypertensive sebagai senyawa yang bisa menurunkan tekanan darah ternyata terkandung dalam daun sirsak. Uniknya lagi, senyawa tersebut tidak berpengaruh terhadap kinerja organ jantung. Anda dapat meminum air rebusan daun sirsak dengan cara-cara di atas setiap haru untuk membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun sirsak berikutnya yaitu untuk memperkuat daya tahan tubuh. Senyawa antioksidan pada daun sirsak bisa meningkatkan kemampuan pada sel kekebalan tubuh untuk menangkal radikal bebas dan mikroorganisme penyebab berbagai penyakit. Di samping itu, daun sirsak mengandung zinc yang bisa membantu meningkatkan daya imun tubuh, sehingga tubuh tak gampang terserang penyakit.

  1. Mengobati Sakit Maag

Radang lambung atau sakit maag banyak diderita masyarakat Indonesia dewasa ini. Pasalnya penyakit ini muncul akibat pola makan yang tidak teratur sehingga menyebabkan infeksi salulran cerna. Apabila tak ditangani dengan segera, penyakit maag justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius. Di dalam daun sirsak terkandung senyawa anti inflamasi atau anti ulceritis yang bisa melindungi dinding lambung, membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran cerna, serta menghambat kelebihan produksi asam lambung. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak, Anda bisa mengonsumsi air rebusan dari daun sirsak secara rutin setiap hari.

  1. Mengatasi Stres dan Depresi

Selain mengatasi penyakit-penyakit kronis di atas, ternyata manfaat daun sirsak juga bisa untuk mengobati gangguan mental, termasuk depresi. Berdasarkan penelitian, masalah stress dan depresi bisa menyebabkan gangguan kesehatan serta dapat meningkatkan resiko penyakit. Daun sirsak memiliki kandungan anonaine, senyawa alkaloids, asimilobine, dan nornuciferine yang berperan sebagai anti depressant. Semua senyawa tersebut bisa menghambat stress sekaligus memicu otak memproduksi serotonin sebagai pereda stress dan penenang saraf. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin, agar stress dan depresi berlebihan bisa cepat teratasi.

Baca Juga  Keistimewaan Keunikan Dan Manfaat Kurma