Inilah Manfaat Kopi Hijau Yang Tak Kalah Berkhasiat Dari Teh Hijau

Manfaat kopi hijau – Kopi merupakan jenis minuman yang dihasilkan dari proses penyeduhan biji kopi setelah mengalami beberapa jenis pengolahan. Di dunia ini terdapat berbagai macam jenis kopi namun hanya ada dua komoditas kopi yang populer di masyarakat yaitu kopi arabica dan kopi robusta. Namun tahukah kalian jika kopi juga ada yang berwarna hijau? Kopi hijau dapat diartikan sebagai bij kopi yang masih alami dan belum mengalami proses pengolahan seperti  pemanggangan. Karena kondisinya yang masih segar tersebut kopi hijau dianggap memiliki khasiat yang lebih besar daripada kopi hitam yang biasanya kita konsumsi sehari-hari.

MANFAAT KOPI HITAM

Walaupun kopi hijau dikenal memiliki khasiat yang lebih bagus dari kopi  hijau ternyata kopi hijau juga menyimpan efek samping jika tidak diolah dan dikonsumsi dengan cara yang benar. Beberapa efek samping yang akan diakibatkan dari mengonsumsi kopi hijau yaitu gangguan pencernaan misalnya muntah, mual kemudian meningkatnya detak jantung, menimbulkan rasa cemas yang berlebih dan lain sebagainya.

Selain itu bagi beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu juga tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi hijau sebelum di konsultasikan dengan dokter spesialis. Misalnya seseorang yang mendderita penyakit maag, diabetes, mengalami masalah pencernaan seperti diare, glaukoma, memiliki kadar kolesterol tinggi, rematik atau osteoporosis sebaiknya juga tidak mengonsumsi kopi hijau karena dikhawatirkan dapat memperparah keadaan. Batas aman dalam mengonsumsi kopi hijau per hari yaitu sekitar 480 mg dalam 3 bulan berturut-turut.

Manfaat Kopi Hijau Bagi Kecantikan

  1. Menghilangkan kantung mata yang membesar

Kantung mata yang membasar dapat diakibatkan karena terlalu memaksakan diri dalam beraktifitas hingga melupakan istirahat sehingga mengakibatkan kantung mata membesar yang biasanya juga dibarengi dengan warna kehitaman. Kopi hijau dapat digunakan sebagai masker wajah yang mampu mengecilkan dan memudarkan kantung mata membesar menjadi lebih kecil seperti semula.

  1. Membersihkan kulit
Baca Juga  10 MANFAAT MENAKJUBKAN JAMBU AIR BAGI KESEHATAN

Manfaatan kopi hijau sebagai masker wajah juga bisa berguna untuk membersihkan felk, noda hitam dan bekas akibat jerawat dengan mengangkat sel kulit mati, mencerahkan bagian kulit yang gelap terutama pada bagian lipatan sehingga kulit nampak lebih bersih cerah dan bersinar

  1. Meremajakan kulit

Kopi hijau juga mampu meregenerasi kulit yang telah mati dan rusak dengan lebih optimal hingga nantinya akan membuat kulit akan nampak lebih segar dan terawat.

  1. Meningkatkan elastisitas kulit

Semakin bertambahnya usia produksi kolagen dan GHS dalam tubuh juga akan  semakin berkuran yang mengakibatkan kulit kekurangan nutrisi yang akhirnya akan membuat kulit nampak kering dan kusam. Kopi hijau yang diolah menjadi lotion dapat menjadi nutrisi tambahan bagi kulit dengan meremajakan kulit secara alami sehingga kulit akan terasa lebih kenyal dan elastis.

  1. Menyegarkan dan melembapkan kulit

Selain dapat membuat pikiran lebih segar ternyata kopi hijau juga dapat membuat kulit kita menjadi lebih segar karena di dalam kopi hijau terkandung beberapa jenis vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit seperti vitamin E yang dapat menyegarkan dan menjaga kelembapan kulit.

Manfaat Kopi Hijau Bagi Kesehatan

  1. Menurunkan kadar gula darah

Aneka Manfaat kopi hijau terkandung suatu zat yang bernama krpmium, zat ini sangat berguna untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Tak hanya kadar gula dalam darah saja yang bisa diseimbangkan namun kadar kolesterol yang berlebih pun juga mampu diturunkan dengan kandungan magnesium yang dimiliki kopi hijau tersebut.

  1. Penghilang stres

Kopi memang telah dikenal sejak lama sebagai minuman penenang, penghilang stres, kepenatan dan rasa jenuh maka dari itu sebagian besar pria dewasa lebih memilih meminum kopi sepulang kerja atau saat jam istirahat dibanding meminum jenis minuman yang lain.

  1. Sebagai sumber antioksidan
Baca Juga  Manfaat Bedak Marcks Yang Telah Puluhan Tahun Menemani Wanita Indonesia

Dalam sebuah studi sekitar tahun 2005 menyatakan bahwa kopi menjadi urutan teratas sebagai sumber antioksidan yang diterapkan dalam pola makan orang Amerika. Kemudian dari hasil studi yang berjudul Cancer Epiodemiology Biomarkers Prevention mrnyatakan bahwa kandungan antioksidan dalam koi lebih banyak dibanding dengan antioksidan yang ada di dalam sayuran maupun buah-buahan

  1. Detoksifikasi alami

Mengonsumsi kopi hijau secara rutin dan teratur juga mampu meningkatkan fungsi kerja organ dengan menyerap zat-zat berbahaya seperti toksi, kolesterol jahat dan lemak berlebih kemudian mengeluarkannya dari dalam tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih sehat, bugar dan lebih produktif

  1. Penurun berat badan

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak dari kop hijau telah mampu menurunkan berat badan dengan optimal misalnya seperti penelitian yang telah dilakukan oleh BMC Complementary And Alternative Medicine menyatakan bahwa ekstrak dari kopi hijau mampu menjaga tubuh akar tidak mengalami kenaikan berat badan. Kemudian studi lain yang dilakukan Gastroenterology research and practice menyatakan bahwa ekstrak kopi hijau lebih efektif menurunkan berat badan dibanding plasebo