Keistimewaan Keunikan Dan Manfaat Kurma

Siapa yang tak tahu dengan buah manis berwarna hitam yang satu ini, bahkan karena kandungan dan khasiat nya buah kurma bisa disebut sebagai mutiara hitamnya negara-negara arab khususnya bagi daerah yang terkenal memiliki buah kurma yang manis dan enak seperti madinah, mekkah dan lain sebagainya. Buah yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera ini merupakan buah yang berasal dari jenis tanaman palma yang diperkirakan berasal dari daerah Teluk Persia walaupun masih belum ada bukti jelas darimana kurma ini berasal karena buah kurma telah menjadi salah satu buah yang dikonsumsi oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu.

manfaat kurma

Keunikan Dan Keistimewaan Buah Kurma

Pohon kurma memiliki ciri yang sangat unik sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui dan membedakan pohon kurma dengan pohon yang lain. Walaupun secara sekilas pohon kurma hampir mirip dengan pohon kelapa atau pohon palem yang ada di indonesia namun bila diamati pohon kurma memiliki batang yang lebih besar dan seperti bersisik sementara daunnya menyirip sama juga seperti pohon kelapa namun daun pohon kurma memiliki duri yang cukup tajam.

Sebelum menjadi bahan makanan pokok buah kurma ini ternyata telah dimanfaatkan oleh orang-orang pada zaman dahulu bahkan ribuan tahun lalu sebelum masehi seperti yang dilakukan oleh bangsa Mesir Kuno yang mengolah buah kurma menjadi minuman yang disebut anggur kurma. Dimanfaatkan sejak ribuan tahun yang lalu tahukah anda jika buah kurma ini tak hanya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh karena kandungan gizinya cukup banyak namun juga dipercaya menjadi salah satu buah yang memiliki keistimewaan menurut agama islam.

Menurut penjelasan yang dikutip dari seorang doktor beragama islam yang bernama Zakir Naik bahwa seseorang yang mengonsumsi buah kurma jenis aliyah sebanyak 7 biji di pagi hari maka orang tersebut akan terbebas dari sihir dan racun sepanjang hari tersebut. Kurma sendiri memang memiliki berbagai macam jenis terutama di era modern seperti sekarang ini yang menghasilkan lebih banyak jenis kurma jika dibandingkan dengan jaman dahulu. Namun jika dibagi berdasar kematangannya buah kurma dibagi menjadi beberapa jenis mulai dari kurma muda, kurma sedang, kurma matang lembut dan kurma matang kering yang setiap jenisnya memiliki khasiat dan manfaat masing-masing.

Baca Juga  7 MANFAAT SUSU “BEAR BRAND”

Kurma matang memiliki sifat yang matang dan panas, sifat seperti ini dapat berguna untuk mengurangi atau membunuh cacing-cacing parasit yang terdapat di dalam tubuh sehingga kurma yang masak sangat berguna untuk menjaga sistem pencernaan manusia. Tak hanya yang matang saja ternyata buah kurma yang masih muda atau yang belum matang juga memiliki khasiat yang cukup banyak khususnya bagi wanita yaitu seperti meningkatkan kesuburan dengan cara meningkatkan produksi hormon botosin yang ada di dalam rahim oleh karena itu bagi pasangan yang sulit memiliki keturunan dianjurkan mengonsumsi kurma yang setengah matang atau istilahnya kurma ruthob setiap hari. Selain meningkatkan kesuburan kurma muda juga bermanfaat untuk melancarkan proses proses persalinan serta mencegah pendarahan yang berlebihan saat proses persalinan.

Kandungan Gizi Dan Khasiat Buah Kurma

Begitu banyaknya manfaat kurma membuat para peneliti modern penasaran akan kandungan yang dimiliki oleh buah kurma. Dalam sebuah penelitian modern yang dilakukan di Mesir buah kurma ternyata mampu untuk menangkal sel-sel kanker agar tidak menyebar hal ini terbukti dengan sedikitnya orang-orang di Jazirah Arab yang menderita kanker. Selain itu beberapa penelitian modern juga mengungkapkan bahwa kandungan gizi di dalam buah kurma ini cukup lengkap karena di dalamnya terdapat vitamin A, C, K serta vitamin B kompleks. Selain berbagai jenis vitamin yang telah disebutkan di atas dalam setiap 100 gram kurma mengandung energi sebanyak 1.8 kJ, gula sebanyak 63 gr, karbohidrat sebanyak 75gr, serat sebanyak 8gr air sebanyak 21gr, protein sebanyak 2,5gr , lemak serta berbagai mineral seperti magnesium, sodium, fosfor, kalsium dan zat besi.

Dengan beragamnya gizi yang terkandung di dalam buah kurma membuat buah kurma ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin karena memiliki begitu banyak manfaat diantaranya yaitu

  1. Menjadi salah satu makanan pokok di Jazirah Arab ini berarti buah kurma dapat dijadikan sebagai sumber energi dengan kandungan energi sebanyak 1.8 kJ, zat gula serta lemak yang ada di dalamnya dalam beraktifitas setiap hari.
  2. Dengan membantu memperlancar proses peredaran darah dalam tubuh serta membantu meningkatkan proses produksi hemoglobin atau sel darah merah membuat buah kurma sangat bagus untuk menghindari anemia sertam menjaga sistem peredaran darah agar tetap lancar
  3. Selain dapat membunuh dan mengurangi cacing yang terdapat di dalam tubuh karena sifat basa dan sifat panas yang dimiliki kurma, kandungan serat yang ada di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan manusia agar terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti diare
  4. Manfaat lain yang dimiliki buah kurma yaitu mampu mencegah datangnya berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan kanker. Selain dikarenakan kandungan mineral yang terdapat di dalam buah kurma juga karena kurma yang memiliki sifat detoksifikasi yang mampu menangkal dan mengeluarkan racun yang terdapat di dalam tubuh.
  5. Buah kurma berguna untuk meningkatkan kesuburan wanita serta memperlancar proses saat persalinan.
  6. Buah kurma bebas dari lemak jenuh sehingga aman walaupun dikonsumsi setiap hari karena tidak akan menimbulkan tubuh menjadi gemuk atau bahkan obesitas. Selain itu buah kurma ini juga aman bagi seseorang yang sedang menderita diabetes karena kandungan zat gula dan fruktosa yang terdapat di dalam buah kurma merupakan jenis karbohidrat sederhana yang sangat mudah diserap oleh tubuh serta tidak memerlukan insulin dalam proses penyerapannya
  7. Manfaat kurma selanjutnya yaitu untuk menjaga perkembangan otot, otak serta daya ingat seseorang
  8. Dan manfaat kurma yang terakhir yaitu untuk menjaga kesehatan jantung dengan kandungan kalium yang terdapat di dalamnya.
Baca Juga  Manfaat Jahe Dan Madu Dalam Dunia Kesehatan

Manfaat Kurma Dalam Sisi Kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan gizinya ternyata buah kurma juga memiliki beberapa manfaat dalam segi kecantikan diantaranya yaitu

  1. Salah satu vitamin yang terdapat dalam buah kurma yaitu asam pantotenat atau yang sering kita sebut vitamin B5. Vitamin B5 ini berkhasiat untuk memperbaiki jaringan sel-sel kulit yang rusak.
  2. Salah satu sifat buah kurma adalah antioksidan, sifat antioksidan ini berguna untuk menangkal berbagai radikal bebas yang mencoba merusak jaringan atau sel kulit sehingga kulit tetap segar, sehat dan awet muda
  3. Belum banyak diketahui bahwa kandungan vitamin B6 yang terdapat di dalam buah kurma mampu menjaga kulit yang sensitif dari iritasi serta membuat kulit menjadi lebih halus dan segar. Para wanitayang ingin memperoleh khasiat buah kurma untuk kecantikan biasanya memanfaatkan buah kurma sebagai masker wajah.
  4. Buah kurma juga mampu mengatasi berbagai masalah rambut kepala, dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang ada di rambut kepala maka berbagai masalah seperti rambut rontok, kering dan bercabang dapat teratasi