Khasiat Buah Pir Yang Biasa Disebut Buah Surga

Pir dalam bahasa Inggris disebut pear. Merupakan sebutan untuk pohon dari genus Pyrus. Pir adalah buah yang segar karena tinggi kadar air, serta memiliki rasa yang manis dan lezat. Pir adalah buah impor, namun kini di Indonesia sudah banyak dijual, bahkan dipasar tradisional sekalipun. Selain lezat dan segar, buah pir juga mengandung nilai gizi yang tinggi.

Pir merupakan buah kelima yang paling banyak diproduksi di dunia. Buah pir diyakini berasal dari Eropa Barat, Afrika Utara, dan China. Buah ini sudah dibudidayakan sejak dulu kala, bahkan sejak Romawi kuno. Ada juga bukti yang mengatakan bahwa pir telah dimanfaatkan sebagai makanan pada zaman pra sejarah.

Buah pir merupakan tanaman buah yang berasal dari negara kawasan Eropa barat, meskipun begitu negara kawasan Asia saat ini sudah banyak membudidayakan tanaman buah ini dan memproduksinya untuk memenuhi kebutuhan di negeri sendiri. Buah pir yang matang, berwarna kuning dengan bintik kecokelatan yang samar pada kulitnya. Rasa buah yang manis keasaman menjadikannya sangat segar dikonsumsi saat siang hari yang terik.

Pir bisa dikonsumsi sebagai buah segar maupun dikeringkan, juga dioleh menjadi jus atau masakan lain. Buah ini masih satu keluarga dengan apel, yakni di family Rosaceae, namun memiliki daging buah yang lebih renyah dan segar. Seperti apel, pir juga memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sebanyak 100 gram pir mengandung sekitar 57 kalori dan 10 gram gula. Total lemak pir hanya 0,1 gram, yaitu terdiri dari lemak tak jenuh mono dan poli. Salah satu yang paling menonjol dari pir adalah serat pangannya yang dapat mencukupi 12% kebutuhan harian. Sebagian dari serat pangan ini terdiri dari pektin yang merupakan serat larut air. Jumlah pektin pir bahkan lebih tinggi dari yang dimiliki apel.

Mengkonsumsi 100 gram pir juga dapat memenuhi 7% kebutuhan vitamin C harian, 1% zat besi, dan 1% magnesium. Meksi tidak terlalu signifikan, buah ini juga mengandung vitamin K, B kompleks, E, magnesium, dan riboflavin. Sobat juga bisa mendapatkan karotenoid, flavonol, dan antosianin di pir merah. Menurut Baltimore Longitudinal Study of Aging, buah pir dan apel termasuk buah yang paling banyak memberikan flavonol dalam diet sehari-hari.

Temasuk  salah satu buah yang paling populer di dunia, pir tak hanya memiliki rasa yang manis dan segar, tapi juga memiliki berbagai khasiat. Ini dia berbagai khasiat pir untuk kesehatan dan kecantikan:

 

  • Khasiat buah pir untuk kesehatan

  1. Khasiat buah pir untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tingginya kandungan antioksidan, seperti vitamin C, A, dan tembaga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sobat untuk melawan berbagai penyakit.

  1. Khasiat buah pir untuk meningkatkan enegi
Baca Juga  Thiamphenicol, Antibiotik Penghenti Infeksi Bakteri

Kadar glukosa yang tinggi dalam buah pir akan memberikan energi secara cepat ketika sobat merasakan tubuh yang lemah. Hal ini akan diserap dengan sangat cepat oleh tubuh, dan mengkonversinya menjadi energi.

  1. Khasiat buah pir untuk melancarkan pencernaan

Buah pir yang berukuran sedang mengandung sekitar 20-25 % asupan serat harian yang direkomendasikan. Karena jenis serat dalam buah pir adalah tidak larut, maka akan bergerak lebih mudah melalui usus besar dan mencegah polip usus. Kandungan serat tinggi buah pir akan membantu memperbaiki kondisi pencernaan.

  1. Khasiat buah pir untuk mencegah osteoporosis

Masalah tulang adalah kejadian yang sangat umum masa kini. Jadi dalam rangka untuk mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis, sangat penting untuk menjaga pH tubuh dan mencukupi asupan kalsium. pH tubuh bisa dipertahankan dengan cara diet dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari. Pir kaya akan boron, yang dapat mempermudah penyerapan kalsium oleh tubuh.

  1. Khasiat buah pir untuk wanita hamil

Asam folat sangat penting bagi wanita hamil untuk menjaga agar bayi aman dan terhindar dari cacat lahir. Buah pir banyak mengandung nutrisi ini, dan sobat bisa memakannya secara teratur selama kehamilan untuk memperoleh manfaatnya.

  1. Khasiat buah pir untuk mencegah penyakit jantung

Manfaat serat yang banyak ditemukan dalam buah pir akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga akan memberikan perlindungan bagi tubuh dari penyakit jantung. Makan-makanan yang kaya serat seperti buah pir bisa mengurangi risiko stroke hingga 50 %.

  1. Khasiat buah pir untuk mencegah kanker

Kandungan serat tinggi dalam buah pir akan mengikat sel-sel karsinogenik dan membuangnya keluar dari tubuh dan mencegah kanker usus besar. Satu buah pir setiap hari bisa menurunkan resiko kanker payudarah hingga 34 % pada wanita setelah menopause.

  1. Khasiat buah pir untuk melawan radikal bebas

Buah pir mengandung vitamin C, vitamin K, dan tembaga, semuanya bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh.

  1. Khasiat buah pir untuk menaga kadar gula darah

Meskipun sedikit agak manis, namun buah pir memiliki indeks gliserin yang rendah dan tinggi serat, sehingga membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan mencegah diabetes.

  1. Khasiat buah pir untuk peradangan

Pir memiliki sifat anti inflamasi, yang bisa membantu mengurangi masalah peradangan seperti arthritis dan lainnya.

  1. Khasiat buah pir untuk sesak napas

Selama musim panas, gejala sesak napas sangat umum karena hawa panas. Jadi dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pir selama hari-hari yang panas.

  1. Khasiat buah pir untuk mencegah kandung empedu, radang usus, radang sendi dan asam urat

Pir membantu mencegah masalah kandung empedu, radang usus, radang sendi dan asam urat jika dimakan secara teratur.

  1. Khasiat buah pir untuk masalah tenggorokan
Baca Juga  Penjelasan Lengkap Mengenai Efek Samping, Kandungan Hingga Manfaat Kapsida

Pir mencegah masalah tenggorokan yang sering terjadi selama musim panas. Jadi sangat baik mengkonsumsi buah atau segelas jus pir setiap hari.

  1. Khasiat buah pir untuk tekanan darah

Senyawa Antikarsinogen glutathione dan antioksidan dalam buah pir akan membantu menjaga tekanan darah.

  1. Khasiat buah pir untuk menyapih anak

Untuk menyapih anak-anak, selalu disarankan untuk memberikan buah pir karena alergen dan keaasamannya yang rendah, sehingga tidak menimbulkan masalah pencernaan. Buah ini bisa dikupas, dipanaskan dan kemudian dibubur. Kulitnya juga bisa diberikan, akan tetapi harus berhati-hati karena memiliki tepi yang keras dan bisa melukai anak-anak. Pir tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang sedang mengalami diare.

 

  • Khasiat buah pir untuk kecantikan

  1. Khasiat buah pir untuk mencegah kulit berminyak

Jika sobat memiliki kulit yang berminyak, buah pir bisa benar-benar bermanfaat bagi sobat. sobat cukup hanya menghancurkan buah pir dan mencampurkannya dengan madu. Gunakan pasta ini sebagai masker wajah tiga kali dalam seminggu sebagai masker wajah, sehinnga akan mengurangi seluruh sekresi kelenjar sebaceous yang ada di kulit sobat.

  1. Khasiat buah pir untuk mencegah keriput

Makan buah pir setiap hari akan menjauhkan kulit sobat dari penuaan dini. Buah ini kaya akan vitamin C, vitamin K dan tembaga. Semua elemen ini bermanfaat untuk memerangi radikal bebas berbahaya, sehingga sel-sel kulit sobat akan terlindung dari kerusakan parah. Hal ini akhirnya akan membatasi pembentukan garis-garis halus di dekat mata kita serta daerah bibir.

  1. Khasiat buah pir untuk mencegah keusakan kulit

Seperti dikatakan sebelumnya, buah pir tinggi sarat, yang juga berperan penting untuk menjaga kulit kita agar tetap halus dan lembut. Serat dalam Buah pir akan mengurangi kecepatan pembuangan gula ke dalam aliran darah, sehingga mencegah kerusakan kolagen(sejenis protein) pada kulit yang bisa disebabkan karena seringnya lonjakan gula darah. Dengan demikian sobat bisa mendapatkan kulit yang halus.

  1. Khasiat buah pir untuk mengatasi jerawat

Pir mengandung vitamin dan mineral penting dengan kadar tinggi, sehingga buah ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat kulit lebih kuat secara internal. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih mampu untuk melawan jerawat dan semua jenis infeksi kulit dari dalam.

  1. Khasiat buah pir untuk scub natural yang efektif

Sobat bisa dengan mudah menyingkirkan sel-sel kulit mati yang ada di lapisan permukaan kulit sobat dengan cara mencampurkan pir yang di tumbuk kedalam paket wajah biasa, dan kelupaskan kulit sobat dengan itu. Ekstrak buah pir juga dapat digunakan untuk melembutkan kulit , karena akan mempercepat pergantian sel.

  1. Khasiat buah pir untuk pelembab kulit
Baca Juga  Manfaat Bersepeda di Pagi Dan Sore Hari

Pir tidak hanya baik untuk kulit yang berminyak, tetapi juga baik untuk kulit yang kering dan bersisik. Buah ini mengandung humectants alami, yang membantu keseimbangan air senyawa alami yang menjaga kelembaban kulit. Ekstrak buah pir dan gunakan untuk pembuatan lotion pelembab. Asupan rutin jus buah pir juga bisa membuat kulit sobat halus.

  1. Khasiat buah pir untuk anti inflamasi alami

Sifat anti inflamasi dari buah pir akan bekerja sebagai obat kecantikan. Mengkonsumsi buah pir atau menggunakan produk kecantikan yang mengandung ekstrak pir tidak menimbulkan reaksi alergi. Oleh karena itu baik bagi kulit.

  1. Khasiat buah pir untuk perawatan bibir

Pir juga sangat baik untuk bibir, karena adanya asam laktat didalam ekstraknya. Kandungan asam buah ini buah bisa menjaga sel-sel bibir tetap sehat dan terhidrasi lebih lama, sehingga bibir sobat menjadi lembut dan halus.

  1. Khasiat buah pir untuk menutrisi rambut

Buah pir juga memiliki kemampuan untuk membuat rambut menjadi sehat dan bergizi. Pir terutama yang masak mengandung alkohol gula alami yang bernama sorbitol atau glusitol, yang memberikan nutrisi pada akar rambut, menjaga kulit kepala, serta membuat rambut lembap dan sehat.

  1. Khasiat buah pir untuk mengatasi rambut kering

Sifat pelembab dari buah pir sangat bermanfaat untuk mengurangi kekeringan pada rambut sobat. Selain itu, vitamin C yang sebagai antioksidan alami akan membantu menjaga kesehatan sel-sel rambut dan membuatnya halus.

  1. Khasiat buah pir untuk mengembalikan rambut yang kusam

Jika sobat khawatir dengan rambut yang kusam, maka pir bisa membantu sobat. Yang perlu sobat lakukan adalah mempersiapkan masker rambut alami, yaitu dengan mencampurkan ekstrak 1 buah pir segar dan matang, 2 sendok makan cuka sari apel dan air. Hal ini akan mengembalikan rambut yang kusam dan membuatnya kembali berkilau.

  1. Khasiat buah pir untuk merawat rambut yang ikal

Rambut ikal akan menjadi tampil menarik dengan penggunaan aplikasi perawatan buah pir. Kupas dan lembutkan buah pir dengan benar, kemudian bentuk menjadi pasta halus dengan cara menambahkan minyak kedelai. Kemudian, ratakan pasta ini keseluruh rambut sobat secara merata. Biarkan selama satu jam, kemudian keramasi rambut dengan menggunakan sampo.

  1. Khasiat buah pir untuk menjinakkan rambut keriting

Mengkonsumsi buah pir secara teratur akan mencegah rambut kusut dan terlihat kusam. Jika sobat memiliki Rambut keriting, maka akan menjadi lebih mudah diatur.

Itulah khasiat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu sobat ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan sobat dalam menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan sobat nantinya di masa depan.