Makanan Yang Menyebabkan Keguguran Bagi Ibu Hamil

Keguguran merupakan suatu kondisi yang dialami oleh wanita yang sedang hamil namun karena suatu hal calon yang terdapat di dalam rahim tersebut tiba-tiba keluar dari dalam rahim, kondisi seperti ini biasanya terjadi pada trimester pertama pada masa kehamilan atau sekitar 20 minggu (5 bulan) pada masa kehamilan. Agar terhindar dari keguguran banyak orang tua melakukan berbagai macam cara agar calon bayi yang dikandung dapat selamat hingga proses persalinan selesai.

Keguguran ini dapat ditandai dengan beberapa gejala yang biasanya akan muncul sebelumnya seperti keluarnya gumpalan darah dari dalam rahim secara tiba-tiba, tanda kehamilan yang mulai hilang seperti tidak pernah mual atau muntah, payudara menjadi sensitif dan yang menjadi tanda utama adalah terjadinya pendarahan yang tidak wajar dan  disertai dengan rasa kram di area perut bagian bawah.

Pada dasarnya penyebab dari keguguran ini masih belum diketahui secara pasti namun yang pasti keguguran dapat terjadi karena embrio atau janin yang tidak bisa berkembang sebagaimana mestinya yang dikarenakan terdapat gangguan pada kromosom calon bayi yang menyebabkan gagal berkembangnya janin tadi. Sebenarnya banyak faktor yang dapat menyebabkan keguguran mulai dari usia atau kondisi kesehatan sang ibu, penyakit, pola makan atau pola hidup yang kurang teratur, infeksi, pecahnya air ketuban atau dari sesuatu yang dikonsumsi oleh sang ibu. Oleh karena itu sang ibu harus bisa menjaga betul asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.

Terdapat beberapa langkah yang dapat diterapkan oleh wanita yang sedang hamil agar terhindar dari keguguran. Beberapa langkah untuk mencegah keguguran diantaranya yaitu menerapkan pola hidup yang sehat dan teratur, menghindari alkohol, obat-obatan, rokok maupun asap rokok, mencegah timbulnya infeksi atau luka terutama luka dalam, istirahat yang cukup setiap hari dan yang paling penting menjaga pola makan atau menjaga asupan makanan yang masuk baik dari jenisnya maupun kadarnya.

Baca Juga  Cara Memutihkan Gigi Dalam Waktu Singkat

Makanan Yang Menyebabkan Keguguran Yang Perlu Dihindari

  • Kepiting

Tergolong sebagai makanan seafood membuat banyak orang mengira jika jenis makanan yang satu ini baik untuk ibu hamil karena tinggi protein yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan sang janin.hal tersebut memang tidak salah namun di sisi lainkepiting juga memberi efek negatif bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan rahim mengalami penyusutan. Tak hanya itu wanita hamil yang mengonsumsi kepiting jga dapat menimbulkan pendarahan genital hingga terjadi keguguran.

  • Ikan kaleng

Masih dari golongan seafood makanan yang menyebabkan keguguran selanjutnya adalah ikan kaleng. Pada dasarnya wanita yang sedang hamil tidak dilarang untuk mengonsumsi jenis jenis ikan terutama jenis ikan laut namun bagi wanita yang sedang hamil sebaiknya menjauhi dan tidak mengonsumsi jenis ikan yang sudah dikemas dalam kemasan kaleng karena dapat dipastikan bahwa di dalam ikan kaleng terdapat tambahan zat pengawet yang berasal dari bahan kimia. Oleh karena itu bagi wanita yang sedang hamil sebaiknya untuk tidak mengonsumsi jenis ikan kaleng atau olahan makanan lain yang sudah dikemas ke dalam kemasan kaleng seperti buah kalengan.

  • Pepaya

Siapa sangka jika buah tinggi akan kandungan seratnya ini juga menjadi makanan yang menyebabkan  keguguran terutama pada wanita yang sedang hamil muda. Namun pepaya yang dimaksud disini adalah pepaya yang masih muda atau pepaya yang masih setengah matang karena kandungan di dalam pepaya ini diindikasikan dapat menyebabkan kontraksi yang cukup kuat di dalam rahim wanita yang sedang hamil yang akan meningkatkan resiko keguguran, hal ini juga sudah teruji secara klinis. Oleh karena itu bagi wanita yang sedang hamil sebisa mungkin untuk menghindari pepaya muda dan jika memang tidak bisa menghindarinya sebaiknya dikonsumsi dalam kadar yang sedikit.

  • Durian
Baca Juga  10 Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut

Makanan yang menyebabkan keguguran selanjutnya adalah buah yang dijuluki sebagai raja buah yaitu durian. Mengapa durian dilarang untuk dikonsumsi wanita yang sedang hamil padahal buah durian memiliki rasa yang sangat nikmat. Hal tersebut karena di dalam buah durian  terdapat kandungan alkohol dan asam arachidonat yang kurang cocok dikonsumsi bagi wanita yang sedang hamil terutama pada trimester pertama karena zat tersebut dapat meningkatkan pembentukan prostaglandin yang dapat memicu terjadinya kontraksi di dalam rahim sehingga dikhawatirkan berbahaya dan meningkatkan resiko keguguran ataupun jika tidak terjadi keguguran bayi yang lahir memiliki gangguan pada berat badan.

  • Anggur

Hampir sama seperti buah durian, buah yang sering difermentasikan ini juga mengandung alkohol yang dapat meningkatkan resiko keguguran semakin tinggi atau menyebabkan beberapa masalah kesehatan baik bagi sang ibu maupun pada sang bayi seperti gangguan berat badan dibawah standart pada masa kelahiran. Oleh karena itu wanita yang sedang hamil sebisa mungkin untuk tidak mengonsumsi buah anggur.

  • Nanas

Untuk buah yang satu ini masih menjadi perdebatan bagi banyak pihak apakah memang bisa meningkatkan resiko keguguran atau hanya isapan jempol belakang yang beredar di masyarakat. Namun di dalam buah nanas ini ditemukan zat yang memiliki sifat ahmpir serupa pada pepaya muda yang memang telah terbukti secara klinis dapat menyebabkan keguguran. zat yang terdapat di dalam buah nanas ini adalah enzim protease bromealin yang efeknya juga hampir mirip dengan pepaya muda yaitu ditandai dengan munculnya kontraksi kuat di dalam rahim. Oleh karena itu da baiknya jika kita berjaga-jaga dan sebisa mungkin menghindari makanan yang mampu meningkatkan resiko keguguran seperti buah nanas.

Baca Juga  10 Cara Berhenti Merokok Yang Sudah Terbukti Ampuh Untuk Di Praktekan

Namun terdapat hasil penelitian yang dilakukan oleh The National Institutes of Health Eksplisit yang menyatakan bahwa bukan hanya buahnya secara langsung namun semua olahan, campuran ataupun suplemen yang berbau nanas dapat menyebabkan keguguran secara pasti terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dalam sekali makan.

  • Kentang

Secara umum kentang tidaklah berbahaya malah justru berguna bagi pertumbuhan serta perkembangan janin karena tergolong sebagai sayuran yang tinggi kan nilai gizi. Namun juga ada kentang yang dilarang untuk ibu hamil yaitu kentang yang sudah bertunas atau sdang dalam pertumbuhan. Hal ini karena kentang yang dalam masa pertumbuhan memiliki kandungan toksi (zat racun) yang cukup banyak sehingga sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kentang yang bertunas. Selain wanita hamil kentang yang bertunas juga dilarang untuk dikonsumsi oleh semua orang karena kandungan racunnya yang lebih banyak seperti solanin.

  • Buah delima

Makanan yang menyebabkan keguguran selanjutnya adalah buah delima yang apabila dikonsumsi dalam jumlah tertentu dapat menyebakan kram pada perut, kontraksi yang kuat hingga akhirnya memicu meningkatkan resiko keguguran.

Pada dasarnya hampir setiap jenis makanan dapat dikonsumsi oleh semua orang termasuk wanita yang sedang hamil namun harus diperhatikan dalam jumlahnya terutama untuk jenis makanan yang telah terbukti secara klinis dapat menyebabkan keguguran. Namun apa salahnya untuk berhati-hati agar bayi yang dikandung dapat lahir dalam kondisi yang normal dan sehat.