Manfaat Air Kelapa Dalam Berbagai Bidang

Kelapa merupakan salah satu tanaman yang paling mudah ditemui di dunia khususnya di Indonesia sendiri sebagai negara tropis yang mudah ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman. Kelapa sendiri  termasuk dalam jenis tanaman cocos sehingga memiliki nama latin Cocos nucifera. Tanaman ini telah dikenal memiliki berbagai macam kegunaan, oleh karena itu ada yang menyebut pohon kelapa adalah tanaman seribu guna atau tanaman serbaguna. Hal tersebut karena hampir dari setiap bagian pohon kelapa ini dapat dimanfaatkan mulai dari buahnya, daun, batang, akar, air dan lain sebagainya.

manfaat air kelapa

Manfaat Air Kelapa Dalam Dunia Kesehatan

Air kelapa merupakan salah satu bagian kelapa yang paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat selain buahnya itu sendiri. Hal ini dikarenakan selain dapat dijadikan sebagai minuman penyegar  yang sangat nikmat air kelapa ini juga dapat dicampur maupun ditambahkan ke dalam berbagai makanan dan minuman. Itulah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh air kelapa, namun masih banyak kelebihan-kelebihan dan keajaiban yang dimiliki oleh air kelapa ini. Dan berikut beberapa manfaat air kelapa yang ditinjau dari segi kesehatan

  1. Mengatasi dehidrasi

Manfaat air kelapa yang paling banyak diketahui masyarakat secara luas yaitu mampu mengembalikan cairan yang hilang dengan cepat setelah berolahraga. Selain dehidrasi yang diakibatkan oleh aktifitas yang berlebih atau aktifitas berat tubuh bisa mengalami kekurangan cairan karena beberapa hal seperti terjankit penyakit semacam kolera, diare, disentri dan lain sebagainya.

  1. Penambah energi

Tak hanya sebagai penghilang rasa haus dan dehidrasi, mengonsumsi air kelapa muda secara rutin dan dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan air kelapa yang masuk ke dalam tubuh manusia akan membantu kerja hormon pada kelenjar tiroid menjadi lebih baik sehingga kinerja sel untuk menghasilkan energipun juga akan semakin meningkat.

  1. Mampu meningkatkan sistem imun tubuh
Baca Juga  Manfaat Dzikir Lengkap Beserta Dalil Dan Penjelasannya

Selain kaya akan kandungan mineral, air kelapa ini juga memiliki sifat anti virus dan anti bakteri atau bahkan antioksidan. Dengan sifat yang demikian maka air kelapa tak hanya mampu mengembalikan elektrolit yang hilang namun juga mampu untuk melawan berbagai infeksi virus, bakteri dan jamur agar tidak mudah terserang penyakit.

  1. Sebagai detoksifikasi alami

Selain bersifat antioksidan air kelapa juga bersifat detoks yang mampu menetralkan berbagai racun dan zat asing berbahaya di dalam tubuh dan kemudian membuangnya bersama dengan proses ekskresi. Oleh karena itu mengapa orang yang keracunan biasanya disarankan untuk mengonsumsi air kelapa lebih-lebih air kelapa muda.

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan mineral yang banyak terkandung di dalam air kelapa seperti kalium sangat berguna bagi kesehatan jantung. Seseorang yang mengalami kekurangan kalium biasanya akan mudah terserang penyakit darah tinggi, kandungan kalium di dalam air kelapa inilah yang akan membantu mengontrol kadar kalium di dalam darah serta membantu mengontrol kadar kolesterol baik HDL di dalam tubuh sehingga aliran darah yang di edarkan dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya menjadi normal dan jantung bekerja lebih ringan.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Kemampuan air kelapa yang mampu memperlancar sirkulasi darah membuat air kelapa sangat disarankan untuk dikonsumsi secara teratur bahkan bagi penderita diabetes sekalipun. Bahkan beberapa sumber menyatakan bahwa air kelapa merupakan salah satu top herbal untuk diabetes karena khasiatnya yang mempu memperlancar sirkulasi darah dengan cara memperlebar pembuluh darah dan memperlancar aliran-aliran darah yang tersumbat.

Manfaat Air Kelapa Dalam Dunia Kecantikan

Manfaat air kelapa lainnya yang tak banyak diketahui oleh banyak orang ialah khasiatnya dalam dunia kecantikan. Itulah mengapa tak sedikit beberapa produk kecantikan memanfaatkan kelapa ataupun air kelapa untuk mempercantik diri khususnya bagi para wanita. Berikut beberapa manfaat air kelapa dalam bidang kecantikan

  1. Membuat kulit menjadi lebih halus
Baca Juga  12 Manfaat Susu Kedelai dan Anjuran Konsumsinya

Manfaat air kelapa dalam bidang kecantikan yang pertama ialah membuat kulit menjadi lebih halus, kencang dan cantik. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam air kelapa selain berguna bagi kesehatan juga berguna bagi kulit yang dapat menjadi nutrisi dan membantu kolagen untuk regenerasi sel serta memperbaiki sel kulit yang rusak. Dengan begitu maka kulit akan nampak lebih halus, bersih dan segar.

  1. Membuat perut menjadi lebih kurus

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh air kelapa yaitu mampu menjadi minuman alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki bentuk lebih kurus atau lebih ideal. Air kelapa memiliki begitu banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral namun memiliki kadar lemak dan gula yang sangat rendah. Itu sebabnya mengapa air kelapa sangat baik diminum secara teratur serta sebagai minuman alternatif bagi seseorang yang tengah menjalani program diet.

  1. Membuat rambut menjadi lebih kuat dan indah

Selain dapat menutrisi kulit ternyata air kelapa terutama air kelapa muda juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut kering dan rontok. Caranya anda cukup menambahkan garam pada air kelapa kemudian aduk hingga rata dan diamkan selama semalam. Pada keesokan harinya gunakan air kelapa yang telah didiamkan semalaman tersebut untuk membilas rambut kepala secara merata dan dengan sedikit pijatan secara lembut dan terakhir bilas rambut kepala anda menggunakan air hangat.

  1. Mengatasi beberapa masalah kulit

Kulit merupakan bagian dari tubuh yang mudah menunjukkan perubahan apabila tubuh mengalami suatu masalah seperti alergi. Selain itu beberapa jenis bakteri, virus dan jamur juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya. Air kelapa yang memiliki sifat penetralisir berbagai virus, bakteri dan jamur dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit.

  1. Mampu mengatasi penuaan dini
Baca Juga  Beberapa Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Penuaan yang terjadi terlalu dini dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri terutama bagi kalangan wanita. Untuk mengatasi masalah tersebut disarankan untuk mengonsumsi air kelapa secara rutin dan teratur karena di dalam air kelapa terdapat dua kandungan yang sangat berguna untuk mencegah penuaan dini. Sitokin dan asam laurat merupakan dua kandungan air kalap yang memiliki peran cukup penting dalam hal regenerasi serta pertumbuhan sel. Tak hanya itu kedua zat ini juga berperan dalam menjaga kelembapan dan jaringan kulit agar tetap sehat.

Manfaat Air Kelapa Dalam Sistem Reproduksi

Manfaat air kelapa yang terakhir yaitu untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita maupun pria. Bagi wanita yang tengah hamil biasanya akan mengalami morning sickness dan sering muntah-muntah. Air kelapa selain dapat mengganti cairan yang keluar secara berlebih juga dapat meredakan rasa mual atau morning sickness. Selain itu kandungan asam laurat yang ada di dalam air kelapa ternyata memiliki kesamaan dengan asam laurat yang terdapat dalam ASI. Asam laurat ini mampu membunuh bakteri, kuman, virus dan jamur yang dapat menganggu pertumbuhan dan tumbuh kembang sang janin. Sementara bagi pria, air kelapa berguna untuk meningkatkan stamina serta vitalitas pria