Manfaat Bayam Sebagai Sayur Hijau Yang Tinggi Zat Besi

Bayam merupakan salah satu jenis tanaman yang biasanya dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai lalapan, sup aatau olahan lainnya. Tanaman bayam diperkiran berasal dari daerah di benua Amerika yang memiliki iklim tropis yang sekarang telah tersebar luas di seluruh penjuru dunia. Sayur bayam ini telah dikenal luas sebagai sayur hijau yang kaya akan kandungan zat besi dan keberadaannya dinilai sangat penting bagi kehidupan terutama bagi seseorang yang tengah menderita anemia.

Tanaman bayam ini tergolong sebagai tanaman terna semusim yang dapat tumbuh dengan baik di iklim tropis dan subtropis. Sebagai tanaman terna semusim membuat bayam memiliki penyusun batang berupa air dan tidak berbatang kayu, kemudian bayam hanya bisa dipanen sekali dalam setiap musim tanamnya. Selain itu bayam juga tergolong sebagai tumbuhan C4 yang menjadikannya cukup tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung.

Pemanfaatan bayam sebagai sayur hijau tidak terjadi secara global namun hal ini hanya terjadi di kawasan Asia khususnya kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Dalam bahasa inggris tumbuhan bayam inibdisebut dengan nama Chinese amaranth namun banyak yang menyalah artikan sebagai spinach khususnya di Malaysia dan Indonesia. Padahal nama spinach ini mengarah pada jenis sayur hijau lainnya yang berasal dari Jepang dan sulit ditemukan di negara-negara tropis karena kurang cocok untuk tumbuh di daerah tropis.

Secara umum para konsumen membedakan bayam menjadi dua jenis yaitu bayam cabut dan bayam petik. Untuk bayam petik memiliki ciri daun yang lebih lebar jika dibandingkan dengan bayam cabut, memiliki bentuk daun berupa bulat telur dan tumbuh tegak bahkan hingga bisa mencapai tinggi 2 meter, untuk pemanfaatannya bayam petik biasanya diolah sebagai lalapan atau digoreng dengan melumuri tepung terigu. Sementara bayam cabut memiliki ciri daun yang lebih kecil dibanding bayam petik namun dapat dipanen dalam waktu yang relatif singkat yaitu maksimal 25 hari, untuk pemanfaatannya bayam cabut biasanay diolah menjadi sup bayam. Dilihat dari kandungan gizi di dalamnya bayam memiliki kandungan besi yang paling tinggijika dibandingkan dengan jenis sayuran berdaun hijau lainnya sehingga sangat bermanfaat bagi seseorang yang tengah menderita gejala anemia atau kurang darah karena zat besi yang terkandung di dalam bayam mampu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh.

Baca Juga  7 Manfaat Daun Seledri Yang Berguna Untuk Berbagai Hal

Selain daunnya bagian bayam lainnya yang juga bisa dimanfaatkan ialah bagian bijinya yang saat ini tengah populer dijadikan sebagai makanan pendamping bagi seseorang yang menjalani program diet karena selain tinggi akan kandungan karbohidrat yang berguna sebagai sumber energi biji bayam juga tidak akan menimbulkan efek samping seperti kegemukan atau bahkan obesitas. Bagian akar tanaman bayam juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat yang berguna untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit

Kandungan Gizi Serta Manfaat Bayam Bagi Tubuh Manusia

Dalam setiap 100 gram bayam setidaknya mengandung 4 zat utama dengan kadar yang cukup tinggi, beberapa kandungan tersebut ialah

  • Air dengan kadar kurang lebih sekitar 92 gram
  • Karbohidrat dengan kadar kurang lebih sekitar 6.5 gram
  • Protein dengan kadar kurang lebih sekitar 3.5 gram
  • Serat dengan kadar kurang lebih sekitar 0.7 gram

Selain beberapa kandungan yang telah diseebutkan seperti diatas bayam masih menyimpan begitu banyak nutrisi yang baik untuk tubuh walaupun dalam kadar yang sedikit yaitu seperti kalori, lemak, retinol, asam askorbat, folat dan beta karoten. Dari segi vitamin bayam mengandung beberapa jenis vitamin sepertitiamin, niasin, vitamin B2, vitamin C, citamin K dan vitamin A sedangkan dari segi mineral setiap 100 gram bayam mengandung kalsium, fosfor, zat besi, natrium dan kalium.

  • Bayam dapat meningkatkan efektivitas kerja otot

Pada masa kecil dulu kita pasti masih ingat dengan kartun popeye yang memiliki otot besar dan kuat setelah mengonsumsi bayam. Hal ini dibuktikan dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Karolinska Institute tepatnya di negara Swedia menguji para partisipan untuk mengonsumsi bayam sebanyak 300 gram / hari. Dalam uji penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa seseorang yang mengonsumsi bayam mampu meningkatkan efektivitas kerja otot dengan mengurangi oksigen yang diperlukan otot saat berkontraksi kurang lebih sekitar 5% dan efeknya akan langsung terlihat hanya dalam waktuu tiga hari.

  • Bayam berguna untuk mengatasi anemia
Baca Juga  11 Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh

Seperti yang kita ketahui bersama kandungan terbanyak di dalam bayam adalah zat besi yang berguna untuk membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh, membentuk hemoglobin yang akan menalurkan oksigen ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Oleh karena itu bayam berguna untuk mengatasi gejala anemia yang biasanya dimulai dengan gejala pusing dan pandangan kabur beberapa saat setelah bangun.

  • Bayam berguna untuk kesehatan tulang

Salah satu vitamin yang terdapat di dalam bayam ialah vitamin K yang berperan untuk membantu proses penyerapan kalsium yang sangat diperlukan oleh tulang untuk menjaga kepadatan tulang dan terhindar dari pengeroposan tulang.

  • Bayam berguna untuk kesehatan kulit

Bayam juga berguna dalam dunia kecantikan karena kandungan di dalam bayam seperti vitamin dan mineral penting dapat menjadi bahan perawatan kulit yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan pada kulit seperti kulit kering, kusam dan lain sebagainya.

  • Bayam berguna untuk kesehatan sistem pencernaan

Selain serat yang berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan, bayam juga memiliki kandungan lain yang berguna dalam melindungi dan melapisi dinding lambung. Namun berhati-hati dalam mengonsumsinya, walaupun bayam berguna untuk sistem pencernaan bukan berarti semua masalah pencernaan dapat diatasi dengan bayam karena bagi seseorang yang menderita diare mengonsumsi bayam malah justru dapat memperparah kondisi diare yang tengah dialami.

Dibalik begitu banyaknya kandungan gizi yang ada di dalam bayam, ternyata tanaman berdaun hijau ini juga dapat berbahaya bagi tubuh apabila diolah atau dikonsumsi dengan cara yang tidak benar. Pertama sebaiknya segera komsumsi bayam yang telah dimasak dan bila perlu jangan mengonsumsi bayam yang telah dibiarkan selama atau lebih dari 7 jam. Hal ini dikarenakan kandungan bayam yang berupa nitrat malah justru dapat berbahaya apabila telah terkontaminasi bakteri akan mengubah nitrat menjadi nitrit yang dapat membentuk nitrosiamin yang tergolong dalam zat yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker atau zat karsinogen.

Baca Juga  Manfaat Garnier Sakura White Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Selain itu di dalam bayam juga terdapat beberapa kandungan yang memiliki efek negatif bagi tubuh seperti ditemukannya kandungan oxalic acid di dalam bayam yang dapat menghambat proses penyerapan zat besi dan kalsium. Untuk menghilangkan efek tersebut anda bisa mengonsumsinya bersamaan dengan makanan lain yang kaya akan kandungan vitamin C. Kemudian sebaiknya anda tidak menyimpan bayam di dalam kulkas atau freezer karena hal ini dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai jenis nutrisi yang ada di dalamnya.

Incoming search terms: