Manfaat Bedak Salicyl Bagi Kulit Tubuh

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Bedak Salicyl

Bedak salicyl memiliki kandungan utama berupa asam salisilat atau asam ottohidroksibenzoat yang biasanya dimanfaatkan secara topikal. Selain itu di dalam bedak salicyl biasanya juga mengandung  beta hydroxy acid merupakan sebuah senyawa yang dapat menyamarkan tanda penuaan seperti munculnya keriput atau kerutan pada area wajah. Bedak salicyl merupakan salah satu produk kosmetik yang sudah sejak lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia untuk mengatasi beberapa masalah kulit terutama untuk mengatasi gatal gatal yang disebabkan oleh biang keringat.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih jelas berikut ulasan lebih lengkap mengenai bedak salicyl mulai dari kandungan, dosis, indikasi kegunaan, efek samping yang dapat ditimbulkan dan manfaat bedak salicyl.

Dosis Dan Penggunaan Bedak Salicyl

Pada saat ini bedak salicyl dengan berbagai merk telah beredar luas di masyarakat dan diperjual belikan secara bebas karena khasiatnya yang memang diperlukan oleh masyarakat secara luas. Dari sekian banyak merk bedak salicyl tersebut cara penggunaannya kurang lebih sama yaitu pertama ditaburkan secara perlahan di area kulit yang mengalami masalah (terutama gatal gatal) kemudian digosokkan secara perlahan dan merata agar dapat meresap dengan baik ke dalam pori-pori kulit.

Sementara untuk dosis yang dianjurkan yaitu digunakan 1 sampai 2 kali sehari terutama digunakan dalam kondisi tubuh bersih seperti setelah mandi. Namun untuk dosis penggunaan bedak salicyl sendiri tergantung pada tingkat dan jenis masalah kulit yang tengah dialami oleh orang tersebut.

Perhatian untuk lebih amannya sebelum menggunakan obat Bedak salicyl sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan untuk memperoleh dosis yang tepat karena informasi yang diberikan disini bukan sebagai pengganti ahli medis.

Baca Juga  Manfaat Buah Plum Untuk Mencegah Dan Mengobati Penyakit

Kandungan Dan Manfaat Bedak Salicyl

Seperti yang sudah dikenal luas oleh masyarakat bahwa produk farmasi yang terbuat dari asam salisilat dengan persentase sekitar 2% dan talek dengan persentase 98% ini berguna untuk mengatasi gatal gatal yang disebabkan oleh biang keringat. Namun selain itu, bedak salicyl yang mengandung asam salicyl dan beta hydroxy acid (BHA) ini masih memiliki beberapa manfaat lain diantaranya yaitu

  • Bedak salicyl mencegah berbagai masalah kulit

Mengapa menyehatkan kulit? Bedak salicyl mempunyai kandungan utama berupa asam salisilat yang berfungsi untuk membuang sel kulit mati yang masih menempel pada kulit dan menutupi pori-pori kulit. Selain itu asam salisilat ini memiliki kemampuan penetrasi ke dalam pori-pori kulit yang sudah terlanjur tersumbat kemudian membuka pori-pori tersebut dengan cara membuang sel kulit yang menyumbatnya. Penyumbatan yang terjadi pada pori-pori dapat menyebabkan berbagai masalah kulit karena pori-pori sebagai keluar masuknya berbagai zat seperti oksigen dan nutrisi. Selain itu penyumbatan pori-pori kulit dapat mengundang bakteri dan menyebabkan jerawat.

  • Menyamarkan tanda penuaan

Manfaat bedak salicyl yang lainnya yaitu sebagai produk kosmetik alternatif dalam perawatan kulit. Karena di dalam bedak salicyl mengandung beta hydroxy acid yang berguna dalam menyamarkan tanda tanda penuaan seperti munculnya keriput atau kerutan pada beberapa area kulit.

  • Mengatasi jerawat

Selain berfungsi untuk mengatasi gata gatal, bedak salicyl ini diyakini juga mampu untuk mengatasi beberapa jenis masalah kulit yang berupa infeksi atau jerawat. Namun dalam kasus ini menurut dr. Fresia Juwitasari Wongkar tidak dianjurkan mengobati jerawat menggunakan bedak salicyl karena tidak sesuai dengan indikasi yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu juga tidak ada jaminan jerawat akan hilang atau malah justru dapat semakin parah. Oleh karena itu jika ingin tetap menggunakan beddak salicyl untuk mengatasi jerawat sebaiknya konsultasikkan terhadap dokter spesialis kulit terlebih dahulu atau seseorang yang berkompeten dalam bidang tersebut.

  • Membuat kulit semakin sehat dan segar
Baca Juga  17 Manfaat Jovem Gluberry Yang Wajib Anda Tahu

Manfaat bedak salicyl yang terakhir yaitu menjaga kesehatan serta kesegaran kulit, hal ini dikarenakan asam salisilat yang terkandung di dalam bedak salicyl inni memiliki sifat untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri (bakteriostatik), dapat membunuh jamur (fungisida) membuang sel kulit yang sudah mati (keratolitik) dan membantu dalam pengelupasan sel kulit yang mulai mati (keratin). Dengan begitu maka kulit akan terhindar dari berbagai masalah kulit sekaligus membuat kulit akan nampak lebih segar dan awet muda.

Kontraindikasi Dan Efek Samping Bedak Salicyl

Walaupun bedak salicyl tergolong dalam obat dosis rendah namun dalam penggunaannya harus tetap diperhatikan beberapa orang dengan kondisi tertentu juga tidak disarankan untuk menggunakan bedak salicyl ini. berikut ini beberapa kontraindikasi bedak salicyl yang perlu diperhatikan oleh para konsumen

  • Obat bedak salicyl sebaiknya tidak diaplikasikan terhadap seseorang yang memiliki tingkat sensitifitas (terutama sensitifitas kulit) yang tinggi.
  • Obat bedak salicyl sebaiknya tidak diaplikasikan terhadap seseorang yang memiliki rasa alergi terhadap kandungan yang ada di dalam bedak salicyl baik terhadap asam salisilat maupun terhadap talek.
  • Obat bedak salicyl sebaiknya tidak diaplikasikan terhadap seseorang yang memiliki jenis kulit kering yang terlalu sensitif

Itulah beberapa kontraindikasi yang sebaiknya diperhatikan para konsumen sebelum membeli atau menggunakan bedak salicyl ataupun  menggunakan produk dalam bidang farmasi lainnya. Selain itu obat bedak salicyl ini juga memiliki beberapa efek samping yang pada dasarnya sangat jarang terjadi pada pengguna bedak salicyl karena secara umum bedak salicyl ini sudah cukup aman dan teruji klinis baik dari segi kandungan atau khasiatnya. Selain itu kandungan bedak salicyl ini dapat ditolerir oleh kebanyakan orang dan hanya sebagian kecil atau orang dengan kondisi tertentu saja yang biasanya akan merasakan efek samping dari penggunaan bedak salicyl ini. beberapa efek samping bedak salicyl yang bisa muncul yaitu seperti

  • Area kulit yang ditaburi atau digosok dengan bedak salicyl akan timbul gejala iritasi yang sangat tidak nyaman
  • Area kulit yang ditaburi atau digosok menggunakan bedak salicyl  dapat kehilangan kelembapannya sehingga akan menjadi lebih kering.
  • Area kulit yang ditaburi atau digosok menggunakan bedak salicyl dapat menimbulkan rasa nyeri dan sensasi seperti terbakar pada kulit.
  • Area kulit yang ditaburi atau digosok menggunakan bedak salicyl akan menjadi semakin gatal
  • Dan yang paling parah area kulit yang ditaburi atau digosok menggunakan bedak salicyl akan menjadi merah hingga mengelupas.
Baca Juga  Keutamaan Dan Manfaat Surat Al Ikhlas Yang Luar Biasa

Itulah beberapa kontraindikasi serta efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan bedak salicyl. Selain itu terddapat beberapa informasi tambahan yang juga perlu untuk anda perhatikan.

  • Bedak salicyl sebaiknya tidak diaplikasikan terhadap bayi yang belum genap berusia 2 tahun
  • Bedak salicyl sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan produk yang mengandung alkohol, benzoil peroksida, sabun abrasif, produk kosmetik atau produk lain yang digunakan secara topikal
  • Dalam menggunakan bedak salicyl sebaiknya berhati-hati pada area genital
  • Dalam penggunaan bedak salicyl sebaiknya tidak digunakan dalam area yang luas, cukup gunakan pada area yang bermasalah
  • Hindari penggunaan bedak salicyl dalam dosis tinggi atau dalam jangka waktu yang terlalu lama