Manfaat Bekam Berdasarkan Titik Bekam

Mencegah lebih baik daripada mengobati, itulah salah satu ungkapan yang sering kita dengar agar kita selalu menjaga kesehatan kita karena kesehatan itu merupakan sesuatu yang mahal harganya. Dalam dunia modern seperti sekarang ini muncul berbagai metode terapi untuk menjaga kesehatan tubuh, namun beberapa metode tradisional masih menjadi pilihan utama karena telah terbukti khasiat dan keamanannya dan salah satu metode yang akan kita bahas kali ini adalah metode bekam. Terapi bekam merupakan salah satu jenis terapi yang diperkirakan berasal dari daerah Timur Tengah yang sering disebut dengan istilah hijamah. Walaupun masih belum jelas darimana bekam ini berasal namun terapi bekam ternyata telah diterapkan oleh umat manusia sejak ribuan tahun yang lalu bahkan sebelum masehi seperti yang diterapkan oleh kerajaan-kerajan besar semisal Romawi, bangsa Mesir Kuno dan lain-lain.

Manfaat Bekam

Perkembangan Dan Manfaat Bekam di Dunia

Diterapkan sejak ribuan tahun yang lalu bekam telah mengalami banyak perkembangan, pada zaman dahulu khususnya di sekitar jazirah arab terapi bekam menggunakan tanduk hewan seperti kerbau atau tulang. Sementara itu memasuki abad ke 18 negara eropa telah mulai mengembangkan terapi bekam dan menggunakan lintah agar lebih mudah dan cepat dalm proses terapi. Dan saat ini berbagai alat modern menggunakan alat-alat canggih atau metode-metode terbaru untuk membuat terapi bekam semakin mudah dan pasien semakin nyaman dalam menggunakannya. Mekanisme terapi bekam sendiri sebenarnya cukup sederhana, mangkuk atau gelas cukup ditempelkan ke permukaan kulit sampai benar-benar tidak ada udara di dalamnya kemudian dilakukan proses penghisapan. Dalam proses penghisapan ini darah kotor akan berkumpul di suatu titik dan siap untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Baca Juga  Mendapatkan Manfaat Kayu Manis Dengan Optimal dan Tepat

Agar memperoleh manfaat bekam yang optimal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaannya karena proses bekam ini tidak bisa dilakukan di sembarang titik. Ada beberapa titik yang dtidak diperbolehkan untuk dilakukan bekam diantaranya yaitu

  1. Di area lipatan-lipatan tubuh seperti selangkangan dan ketiak, pipi, dada, ulu hari area rahang bagian bawah dan tonsil. Beberapa titik tersebut dilarang karena merupakan titik yang banyak mengandung sistem limpa yang berguna sebagai antibodi atau daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.
  2. Di area tubuh yang berlubang seperti mulut hidung, telinga, puting susu dan lain sebagainya. Selain itu juga hindari bekam pada titik dimana tulang sedang mengalami keretakan.
  3. Di sepanjang tulang punggung, walaupun bekam pada umumnya sering dilakukan pada area punggung namun sebaiknya hindari jangan sampai melakukan proses bekam di sepanjang tulang punggung.
  4. Di area titik varises, getah bening, area kulit yang sensitif seperti telapak tangan tempurung lutut dan perut ibu yang tengah mengandung.

Selain memperhatikan titik-titik yang akan dibekam, dalam terapi bekam sebaiknya juga memperhatikan waktu pelaksanaan. Walaupun bekam bisa dilakukan setiap saat namun terdapat beberapa teori yang menganjurkan melakukan bekam pada waktu tertentu agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

  • Untuk siklus jam sebaiknya dilakukan sekitar 3 jam setelah makan,
  • Dalam siklus harian sebaiknya dilakukan sekitar pukul 8 – 10 pagi atau pukul 1 – 3 sore,
  • Sementara untuk siklus harian sebaiknya dilakukan pada hari senin, selasa serta kamis
  • Siklus bulanan sebaiknya dilakukan pada tanggal 17, 19 atau 21
  • Dan terakhir siklus tahunan sebaiknya dilakukan pada bulan sya’ban dalam penanggalan hijriyah.

11 Manfaat Bekam Berdasarkan Titik Bekam

Walaupun terdapat puluhan titik yang bisa dilakukan pembekaman namun secara umum terdapat sebelas titik bekam yang setiap titiknya memiliki manfaat dan khasiat tersendiri. Dan berikut ini 11 manfaat bekam berdasarkan titik bekamnya

  1. Ubun-ubun kepala
Baca Juga  Manfaat Sarapan Pagi Dan Bahaya Bagi Yang Melewatkannya

Pada titik ubun-ubun kepala ata yang juga dikenal dengan titik ummu mughits ini mampu mengatasi berbagai penyakit yang cukup berat seperti stroke, hipertensi, vertigo hingga migrain.

  1. Bagian bawah kepala

Pada bagian bawah kepala (Qumah duwah) tepatnya di sekitar area tonjolan tulang belakang dapat meredakan beberapa jenis sakit ringan seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, pandangan kabur serta meredakan sakit pada area sekitar bahu.

  1. Samping leher (al-akhda’in)

Untuk posisi tepatnya di area ini yaitu di urat leher samping kiri atau kanan yang terkadang agak sulit untuk ditemukan oleh orang awam. Salah satu manfaat yang akan diperoleh jika melakukan bekam pada titik ini maka akan terhindar dari penyakit di sekitar kepala yang dikarenakan memiliki darah berlebih atau sel darahnya banyak yang rusak.

  1. Antara 2 bahu

Melakukan bekam pada titik diantara 2 bahu (al-khalil) yang tepat berada di atas tonjolan tulang punggung bagian atas dapat mengatasi beberapa gangguan saraf serta penyakit yang dirasakan di sekitar kepala

  1. Kepala bagian atas

Selain ubun-ubun titik kepala lainnya yang dapat dilakukan proses bekam yaitu bagian atas kepala (al-hammah) yaitu bagian paling atas dari tubuh kita atau tepatnya diantara pertemuan rambut kepala bagian atas dengan rambut kepala bagian belakang. Bekam pada titik ini dapat bermanfaat untuk membantu menyembuhkan dan memulihkan gangguan saraf, memperbaiki daya ingat seseorang, membantu mengatasi masalah penglihatan dan lain-sebagainya.

  1. Area punggung

Area punggung menjadi titik yang paling luas dan paling umum dilakukannya terapi bekam. Melakukan bekam di area punggung ini dapat mengatasi beberapa masalah punggung. Selain itu melakukan bekam di area kiri dan kanan punggung juga sangat dianjurkan bagi seseorang yang menderita penyakit asma, bronkitis, sakit pada bagian paru-paru dan lain sebagainya.

  1. Pinggang
Baca Juga  Manfaat Masker Naturgo Lumpur Berkhasiat Untuk Mengatasi Jerawat

Melakukan pembekaman di sekitar area pinggang bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah pembuangan yang terjadi akibat adanya gangguan terhadap fungsi ginjal. Contoh yang paling ringan adalah sulit ketika buang air kecil.

  1. Pinggul

Seseorang yang merasakan nyreri di area pinggul akibat terjatuh atau yang lainnya dapat mencoba terapi bekam karena terapi bekam dapat meredakan rasa nyeri di area pinggul

  1. Pangkal paha

Jika seseorang kakinya merasa lelah, sakit atau memar akibat terjatuh maka juga dapat melakukan bekam. Terapi bekam ini akan membantu menyembuhkan kaki yang terasa sakit atau lelah akibat aktifitas yang terlalu padat setiap harinya.

  1. Betis

Titik ini merupakan salah satu titik yang sering mengalami sakit, pegal-pegal maupun sakit karena suatu penyakit seperti asam urat. Oleh karena itu pembekaman juga dianjurkan pada titik ini karena selain dapat mengatasi rasa sakit seperti di atas pembekaman pada area betis juga mampu mengatasi gangguan yang terjadi pada kandung kemih.

  1. Telapak kaki

Manfaat bekam berdasar titiknya yang terakhir yaitu berada di telapak kaki yang di dalamnya terdapat berbagai macam saraf yang mengatur sistem kerja tubuh. Melakukan bekam pada titik ini mampu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan sekaligus masalah reproduksi seperti gangguan datang bulan bagi wanita serta gangguan pada buah zakar pada laki-laki.