Manfaat Buah Berenuk Sebagai Ikon Kabupaten Mojokerto

Buah berenuk merupakan nama buah sekaligus pohon penghasil buahnya yang diperkirakan berasal dari daerah di sekitar Amerika Selatan dan Amerika Tengah yang pada zaman dahulu memiliki keanekaragaman hayati yang sangat luar biasa. Buah yang dapat mencapai ketinggian sekitar 10 meter tersebut sering kali dikira sebagai buah maja, walaupun memiliki karakteristik yang hampir  sama namun yang membedakan kedua jenis buah ini adalah ukurannya karena buah berenuk memiliki ukuran yang lebih besar dibanding buah maja. Buah berenuk merupakan buah yang memiliki bentuk bulat dan memiliki biji yang cenderung kotak berwarna coklat. Jika mendengar nama buah ini rasanya sedikit aneh di telinga karena ada sebuah buah dengan nama berenuk.

Namun jangan salah, walaupun memiliki nama yang agak aneh tetapi buah berenuk yang menjadi ikon buah baagi kabupaten Mojokerto ini memiliki banyak khasiat terutama bagi kesehatan tubuh. Maka tak heran jika buah berenuk sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan obat-obatan. Hampir seluruh bagian dari buah berenuk mulai dari buah, daun hingga batangnya mengandung antioksidan yang berupa flavonoid, saponin dan polifenol.

Dalam pemanfaatannya daging buah berenuk biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi urus urus. Sementara daun dari pohon berenuk mampu mengatasi tekanan darah tinggidan membantu mempercepat dalam proses penyembuhan luka dengan cara menempelkan daun dari pohon berenuk yang sudah ditumbukpada area kulityang terluka. Selain itu biji dan buah berenuk yang diperas dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan dan beberapa masalah pernafasan seperti sakit perut, diare, susah buang air kecil, pilek, asma dan peradangan pada area bronki (bronkititis). Pemanfaatan lainnya dari buah berenuk ini yaitu sesring dijadikan sebagai salah satu bahan kerajinan.

Baca Juga  Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Buah Berenuk Untuk Menjaga Kesehatan

  • Buah berenuk dapat meningkatkan sistem imun

Salah satu khasiat buah berenuk yaitu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang agar tidak mudah jatuh sakit. Selain itu buah berenuk juga berguna untuk mengembalikan daya tahan tubuh yang lemah setelah menderita sakit. Namun karena rasanya yang pahit membuat tidak banyak orang yang memanfaatkannya.

  • Buah berenuk berguna sebagai antioksidan

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa hampir seluruh bagian dari tanaman ini kaya akan kandungan antioksidan yang berupa polifenol, saponin dan flavonoid. Selain itu di dalam buah berenuk ini juga mengandung vitamin C yang juga dapat berperan sebagai antioksidan sehingga buah berenuk memiliki sifat antioksidan kuat yang mampu menangkal berbagai zat atau senyawa berbahaya, polusi dan radikal bebas agar tidak mudah masuk dan menganggu kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Berenuk Dalam Bidang Pengobatan

Selain untuk mencegah penyakit, buah berenuk ini juga mampu untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut beberapa manfaat buah berenuk dalam mengobati penyakit

  • Buah berenuk berguna mengobati panas atau demam

Demam atau panas merupakan jenis penyakit ringan atau penyakit berat sebagai tanda-tanda munculnya jenis penyakit lain seperti demam berdarah. Walaupun tergolong ke dalam penyakit ringan namun apabil dibiarkan begitu saja akan sangat berbahaya karena selain bisa semakin paran namun juga bisa menjadi awal timbulnya penyakit lain. Buah berenuk ini dapat menjadi obat alami untuk mengatasi demam atau panas dengan sifat penurun panas yang dimilikinya. Karena memiliki rasa yang pahit maka pemberiannya sebaiknya dicampur dengan bahan lainnya.

  • Buah berenuk berguna mengobati maag

Maag merupakan salah satu penyakit yang bisa diderita oleh siapa saja, penyakit maag biasanya dialami oleh seseorang yang memiliki pola makan tidak teratur atau sering mengalami telat makan. Buah berenuk selain dapat menjaga tingkat keasaman lambung buah berenuk juga bisa membantu menyembuhkan maag karena buah berenuk cenderung bersifat basa yang baik untuk menjaga tingkat asam lambung agar tidak meningkat sehingga penyakit maag tidak akan kambuh.

  • Buah berenuk berguna mengatasi susah buang air kecil
Baca Juga  Manfaat Jahe Putih Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Walaupun dikenal dengan rasanya yang pahit dan tidak enak namun buah berenuk ini berguna untuk mengatasi berbagai penyakit dan salah satunya adalah mmengatasi susah buang air kecil. Bagi anda yang memiliki masalah saluran kemih yang kurang lancar atau susah buang air kecil anda dapat mengatasinya hanya dengan menggunakan buah berenuk.

  • Buah berenuk berguna mengatasi asma

Menurut penjelasan dari beberapa sumber bahwa penyakit asma ini tidak bisa disembuhkan namun bisa dikurangi gejala-gejala dan penyebab sesak nafas. Salah satu buah yang dapat meredakan penyakit sesak nafas ini adalah buah berenuk. Selain itu buah berenuk juga dapat mengatasi beberapa jenis penyakit yang menyerang sistem atau organ pernapasan lainnya.

  • Buah berenuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tidak terkontrol sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan stress atau penyakit yang lebih berbahaya lainnya. Oleh karena itu seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi harus segera diturunkan salah satunya dengan buah berenuk sebagai obat herbal alami yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang cukup berbahaya.

Manfaat Buah Berenuk Bagi Lingkungan

Tak hanya berguna untuk mencegah penyakit ataupun mengobati penyakit namun juga berguna bagi lingkungan. Berikut ini beberapa manfaat buah berenuk bagi lingkungan

  • Buah berenuk bergunaa sebagai pestisida

Jika pestisida atau pupuk biasanya terbuat dari bahan kimia yang bisa berbahaya bagi manusia apabila tidak dibersihkan dengan benar ataupun menggunakan kotoran binatang yang memiliki bau menyengat untuk kali ini ada sebuah alternatif bagi anda yang ingin memiliki tanaman yang subur tetapi ingin menggunakan pestisida yang tepat. Buah berenuk ini mampu mengatasi beberapa jenis hama seperti tikus, belalang, kutu daun dan wereng.

  • Buah berenuk berguna sebagai obat bagi hewan ternak
Baca Juga  Manfaat Sarapan Pagi Dan Bahaya Bagi Yang Melewatkannya

Ekstrak daun dari pohon berenuk ini dipercaya dapat mengatasi berbagai jenis penyakit yang muncul pada hewan ternak. Hal ini seperti yang dilakukan oleh masyarakat madura yang sebagian besar memiliki ternak berupa sapi dan kambing, mereka memanfaatkan ekstrak daun dari pohon berenuk untuk mengobati penyakit mulut dan kuku atau yang lebih dikenal PMK pada hewan ternaknya.

  • Buah bernuk berguna sebagai bioenergi

Manfaat buah berenuk bagi lingkungan lainnya yaitu dapat dijadikan sebagai bahan alternatif bioenergi yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Kandungan di dalam buah berenuk ini akan diubah menjadi kandungan bioetanol yaitu salah satu bioenergi terbarukan.

  • Buah berenuk berguna sebagai kerajinan

Selain ituu buah berenuk ini dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan terutama bagi para pengrajin yang memanfaatkan buahnya yang pahit sebagai bahan kerajinan tangan yang akan memiliki nilai jual lebih tinggi nantinya dibanding jika dijual dalam bentuk buahnya secara langsung.

  • Buah berenuk dapat dijadikan pagar.

Bagi anda yang mempunyai pekarangan rumah cukup luas dapat memanfaatkan tanaman berenuk sebagai tanaman hias sekaligus pagar atau ribang yang akan mempercantik pekarangan rumah anda.