Manfaat Buah Bit Sebagai Kembaran Ubi Ungu Yang Sangat Berkhasiat

Jika mendengar kata bit yang ada di pikiran banyak orang pastinya berhubungan dengan teknologi seperti bandwith atau kecepatan dalam mengakses internet namun ini bukanlah bit yang berhubungan dengan dunia teknologi bit yang dimaksud adalah bit sejenis buah yang memang masih jarang ditemui di Indonesia. Namun bagi seorang profesional dalam bidang kuliner pasti mengetahui buah yang satu ini. Buah ini memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan ubi ungu yang sudah populer di Indonesia khususnya masyarakat Jawa bahkan kita akan terkecoh jika tidak memperhatikannya secara seksama karena mulai dari bentuk warna hingga dagingnya hampir sama.

Buah bit yang mirip seperti ubi ungu ini menjadi salah satu bahan makanan penting di beberapa negara yang sering digunakan sebagai sayur, pencuci mulut, minuman penyegar, minuman fermentasi, pemanis, pasta, saus, sereal hingga pewarna dalam berbagai industri. Selain dari buah atau umbinya sebenarnya bagian lain dari  tanaman ini juga bisa dimanfaatkan mulai dari daunnya yang biasanya dibuat sebagai sayur hingga bagian akarnya yang biasanya dimanfaatkan dalam bidang farmasi.

Sebagai salah satu buah yang dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan membuat buah ini sering dimanfaatkan dan sering dikonsumsi. Beberapa kandungan nutrisi yang teerdapat di dalam setiap 100 gram buah bit yaitu meliputi

  • Energi dengan kandungan sekitar 180 kj atau 43 kcal
  • Karbohidrat dengan kandungan sekitar 10 gram
  • Serat yang cukup dengan kandungan sekitar 2 gram
  • Lemak sebagai cadangan makanan dengan kandungan sekitar 18 gram
  • Protein dengan kandungan sekitar 1 gram
  • Kalori dengan kandungan sekitar 43 kcal

Jenis Vitamin

  • Vitamin C dengan kandungan sekitar 3 mg
  • Tiamin atau Vit B1 dengan kandungan sekitar 0.3 mg
  • Riboflavin atau Vit B2 dengan kandungan sekitar 0.2 mg
  • Niasin dengan kandungan sekitar 0.3 mg
  • Asam pantothenat atau Vit B5 dengan kandungan sekitar 0.1 mg
  • Vitamin B6 dengan kandungan sekitar 0.06 mg
  • Folat atau Vitamin B9 dengan kandungan sekitar 80 µg
Baca Juga  5 Manfaat Daun Sirsak yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Mineral

  • Zat besi dengan kandungan sekitar 0.7 mg
  • Kalsium dengan kandungan sekitar 16 mg
  • Zinc dengan kandungan sekitar 0.3 mg
  • Fosfor dengan kandungan sekitar 38 mg
  • Kalium dengan kandungan sekitar 305 mg
  • Magnesium dengan kandungan sekitar 23 mg
  • Natrium dengan kandungan sekitar 77 mg
  • Mangan dengan kandungan sekitar 0.3 mg

Manfaat Buah Bit Untuk Menjaga Kesehatan Badan

Buah bit pada dasarnya bukanlah buah namun sejenis umbi umbian karena mengalami pertumbuhan di dalam tanah. Buah yang menjadi salah satu bahan makanan penting bagi masyarakat eropa masih kurang populer di Indonesia walaupun sudah banyak pedagang yang menjual buah ini. padahal buah ini tak kalah berkhasiat dengan jenis buah buahan lokal maupun umbi umbian seperti ubi atau singkong. Berikut ini beberapa manfaat buah bit yang masih asing bagi masyarakat indonesia

  • Buah bit berguna untuk mencegah kanker

Sebagai salah satu penyakit berbahaya di dunia kanker sangat sulit disembuhkan terlebih bagi yang sudah masuk ke dalam stadium lanjut. Agar terhindar dari penyakit kanker yang mematikan anda bisa mencoba jenis buah yang tergolong baru di Indonesia ini karena beberapa kandungan di dalamnya berguna untuk melawan dan mencegah munculnya sel kanker. Beberapa kandungan seperti fitonutrien dan betacyanin sebagai pigmen merah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh

  • Buah bit berguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi

Selain berguna dalam mencegah penyakit kanker, buah bit ini juga berguna bagi penderita hipertensi karena memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah studi pernah dilakukan oleh Barts and London School of Meedicine untuk meneliti kandungan buah bit. Dari hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi ekstrak atau jus buah bit setiap hari dapat mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  • Buah bit dapat meningkatkan stamina tubuh
Baca Juga  Fadhilah Dan Manfaat Asmaul Husna Yang Perlu Diketahui Umat Islam

Sebagai salah satu negara yang memanfaatkan buah bit dalam jumlah yang besar setiap tahunnya, berbagai sekolah, lembaga kesehatan atau universitas melakukan penelitian lebih lanjut akan kandungan buah bit ini. salah satu dari penelitian tersebut ialah studi yang dilaksanakan di Universitas Exter Inggris. Dari hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa selain mengandung karbohidrat yang berguna sebagai sumber energi, mengonsumsi buah bit juga dapat memperlancar otot dalam menyerap oksigen. Selain itu kandungan nitrat terutama pada bagian daunnya berguna untuk meminimalisir pembakaran O2 di dalam tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah lelah.

  • Buah bit berguna sebagai ramuan pembersih alami

Manfaat buah bit selanjutnya yaitu dapat diolah bersama dengan sayuran lainnya seperti mentimun dan wortel yang berguna sebagai ramuan pembersih organ dalam seperti ginjal dan kantung empedu. Caranya yaitu campurkan ketiga bahan tersebut kemudian olah menjadi jus, dengan mengonsumsi perpaduan ketiga sayuran tersebut maka toksin, racun dan zat berbahaya lainnya dapat dikeluarkan dengan cepat dari tubuh.

  • Buah bit berguna bagi penderita diabetes

Buah bit memiliki kandungan zat antioksidan berupa asam alfa lipoic yang telah teruji secara klinis mampu menekan zat gula dalam tubuh seseorang. Selain itu peran dari asam alfa lipoic lainnya yaitu mampu mengurangi oksidasi sel dalam tubuh penderita diabetes serta berperan dalam meningkatkan sensitivity insulin.

  • Buah bit berguna memperlancar peredaran darah

Manfaat buah bit yang terrakhir yaitu mampu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh mulai dari otak hingga alat kelamin dengan cara memperlebar dan memperkuat pembuluh darah yang ada di dalam tubuh.

  • Buah bit berguna dalam menurunkan berat badan

Penjelasan mengenai manfaat buah bit untuk yang satu ini dikutip dari salah satu situs terpercaya di dunia yaitu daily.com yang mengungkapkan bahwa buah bit ikut berperan dalam menurunkan berat badan dengan cara mempercepat dalam membakar dan menyekresikan lemak dari dalam tubuh.

Baca Juga  Penjelasan Kandungan Serta Manfaat Mecobalamin

Sama halnya seperti sayur bayam dibalik banyaknya kandungan gizi yang ada di dalam buah bit ini ternyata juga menyimpan zat racun yang dapat berbahaya bagi tubuh apabila diolah atau dikonsumsi dengan cara yang tidak benar. Hal ini dikarenakan kandungan nitrat di dalam buah bit apabila telah terkontaminasi bakteri akan mengubah nitrat menjadi nitrit yang dapat membentuk nitrosiamin yaitu sejenis zat yang tergolong dalam zat karsinogen atau zat yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Oleh karena itu kita perlu berhati-hati dalam pengolahan buah bit, terutama pada bagian daunnya. Selain itu mengonsumsi buah bit dalam dalam jumlah yang banyak dapat menimbulkan berbagai efek negatif seperti kerusakan ginjal dan kadar kalsium dalam tubuh yang menurun.