Manfaat Buah Cermai Yang Sering Dianggap Remeh

Cermai, cereme atau ceremai merupakan beberapa sebutan bagi salah satu jenis tanaman berpohon perdu dengan tinggi mulai dari 1 sampai 9 meter ini. pohon ini memiliki nama yang sama dengan pohonnya yaitu cermai yang sering dikesampingkan oleh orang-orang karena rasanya yang tidak enak. Buah cermai ini memiliki bentuk seperti labu namun memiliki ukuran yang kecil kira-kira seukuran kelereng dan memiliki rasa yang masam. Buah ini sering dimanfaatkan sebagai manisan, minuman penyegar, disetup atau bahkan dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar dengan rasanya yang khas.

Buah cermai yang diperkirakan berasal dari pulau madagaskar yang kini telah menyebar ke seluruh dunia ini memiliki begitu banyak sebutan seperti di Thailand buah cermai dikenal dengan nama mayom, di Filipina buah cermai dikenal dengan nama karmay dan di aceh sendiri menyebut buah cermai dengan sebutan ceuremoe. Sementara dalam bahasa inggris buah ini dikenal dengan nama gooseberry.

Untuk pohon cermai ini acap kali kita temui di tepi jalan ataupun di taman, memiliki bentuk pohon yang berukuran kecil dan unik serta ditambah dengan buahnya yang berwarna-warni mulai dari hijau, kuning, oranye hingga merah membuat pohon cermai ini sering dijadikan sebagai tanaman hias hingga tempat berteduh karena dirasa dapat mempercantik lingkungan.

Manfaat Buah Cermai Berdasarkan Bagian Pohonnya

Buah yang mempunyai nama ilmiah phyllanthus acidus yang tidak disukai oleh kebanyakan orang tersebut ternyata menyimpan begitu banyak kegunaan serta khasiat bagi tubuh. Pertama daun muda dari pohon cermai ini dapat dimanfaatkan sebagai lalapan, tak hanya sebagai lauk makan saja daun dari pohon cermai ini ternyata juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh serta mengatasi beberapa penyakit ringan seperti sariawan, batuk berdahak, mual, pengurus badan hingga membantu mengatasi yang berbahaya seperti kanker.

Baca Juga  BETAPA LUAR BIASANYA MANFAAT ISTIGHFAR INI!!!

Bagian lain yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan adalah biji buahnya yang berguna untuk beberapa masalah pencernaan seperti mual dan sembelit. Tak hanya daun dan biji buahnya saja, bagian lain yang juga berguna untuk kesehatan adalah akar pohonnya. Akar dari pohon cermai ini dapat digunakan untuk membantu meredakan asma, membantu mempercepat dalam proses penyembuhan beberapa jenis penyakit kulit. Selain itu bahan penyamak biasanya juga diperoleh dari hasil pengolahan kulit akarnya.

Manfaat Buah Cermai Yang Perlu Anda Ketahui

Walaupun dikenal memiliki rasa yang masam namun buah cermai ini memiliki kandungan yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh mulai dari vitamin, mineral dan beberapa kandungan lainnya. Dalam setiap satu buah cermai setidaknya mengandung air, lemak, serat, karbohidrat, vitamin c, riboflavin, thiamin, protein beberapa jenis mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi dan beberapa jenis antioksidan seperti flavonoid, saponin, tanin dan polifenol. Setelah mengetahui akan kandungan dari buah cermai selanjutnya kita bahas mengenai khasiat yang dimilikinya. Berikut manfaat buah cermai bagi kesehatan

  • Buah cermai berguna untuk menjaga kesehatan tulang

Seiring bertambahnya usia maka metabolisme tubuh dan kekuatan tulang juga akan berkurang. Oleh karena itulah disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti buah cermai. Selain kalsium juga terdapat zat lain yang juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang yaitu kalium dan zat besi yang ikut membantu dalam penyerapan kalsium sehingga akan terhindar dari pengeroposan tulang secara dini.

  • Buah cermai membantu mengatasi masalah pencernaan

Kekurangan serat merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya masalah pencernaan, ini karena buah cermai mempunyai sifat astringet yaitu mampu meredakan rasa mual, sakit perut atau sembelit dan diare. Hal ini juga dijelaskan dalam studi yang dilakukan sekitar tahun 2011 dalam Journal of Applied Pahmaceutical Science dengan judul “phytochemistry traditional uses and cancer chemopreventive activity of amla” menyatakan bahwa buah cermai ini baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  • Buah cermai sebagai zat antioksidan
Baca Juga  Manfaat Lemon Untuk Diet Dan Menurunkan Berat Badan

Buah cermai memiliki beberapa kandungan yang memiliki sifat sebagai antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Dengan mengonsumsi buah cermai dalam porsi yang cukup setiap hari dapat membantu seseorang terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh racun, radikal bebas ataupun zat asing yang berbahaya bagi tubuh.

  • Buah cermai berguna untuk kesehatan kardiovaskuler

Kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit terutama penyakit jantung. Disinilah zat saponin diperlukan yang berguna untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) sehingga sirkulasi aliran darah dapat berjalan dengan lancar serta mencegah adanya pembekuan atau penyumbatan pembuluh darah akibat kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah. Sekitar tahun 2012 dalam studi yang bertajuk A comparative clinical study of hypolimidemic efficacy of amla(Emblica officinalis) oleh Journal of Pharmacology menyatakan bahwa amla atau buah cermai mempunyai khasiat untuk memperkuat otot jantung.

  • Buah cermai berguna sebagai deuretik alami

Deuretik merupakan kondisi dimana tubuh memiliki kemampuan untuk menangkap lebih banyak cairan sehingga juga akan menghasilkan urine atau air kencing yang lebih banyak juga. Efek dari deuretik ini sangat bermanfaat untuk membuang racun, toksin serta membersihkan endapan-endapan yang kemungkinan terdapat pada organ ginjal. Penjelasan semacam ini juga pernah dikemukakan dalam International Research Journal of Pharmacy sekitar tahun 20011 dengan tajuk “Phytochemical and Toxydity of Amla”

  • Mengatasi kanker

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa manfaat buah cermai atau lebih tepatnya daun cermai yaitu dapat digunakan untuk melawan sel kanker dalam tubuh. Untuk menggunakan daun cermai sebagai obat alami kanker anda perlu mencampurkan beberapa bahan alami lainnya seperti daun belimbing, bidara upas, gadung cina dan gula enau dengan komposisi tertentu dan kemudian rebus semua bahan yang telah disebutkan dan minum air hasil rebusan ramuan tersebut.

Baca Juga  Manfaat Jantung Pisang Yang Tak hanya Enak Tapi Juga Kaya Nutrisi

Manfaat Buah Cermai Dalam Dunia Kecantikan

Bergeser dari dunia kesehatan, ternyata buah cermai ini juga memiliki khasiat dalam dunia kecantikan. Berikut ini manfaat buah cermai dalam bidang kecantikan

  • Buah cermai berguna untuk kecantikan kulit

Salah satu kandungan buah cermai yang sangat berguna untuk kecantikan kulit ialah vitamin C. Peran vitamin c disini selain sebagai antioksidan yang akan menjaga kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya, menangkal radikal bebas, polusi, bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan berbagai masalah kulit viamin c juga berperan dalam proses regenerasi sel kulit dengan cara membantu produksi kolagen dalam kulit

  • Buah cermai berguna dalam program diet

Saponin yang terdapat di dalam buah cermai tak hanya menurunkan kadar kolesterol dalam darah saja namun juga kolesterol dalam perut. Selain itu buah cermai mampu memperlancar sistem pencernaan namun di sisi lain juga akan menekan rasa lapar dengan rasa masamnya.

  • Buah cermai berguna untuk mengatasi masalah rambut

Manfaat buah cermai untuk kecantikan yang terakhir yaitu berguna untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Penelitian modern yang dilakukan di India telah menunjukkan secara nyata bahwa minyak buah cermai berguna untuk mengatasi berbagai masalah rambut.