Manfaat Buah Mengkudu Dibalik Rasanya Yang Pahit Dan Aroma Yang Tidak Sedap

Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia merupakan tanaman obat yang termasuk dalam famili Rubiaceae. Buah yang dikenal dengan rasanya yang pahit ini diperkirakan berasal dari suatu daerah di Asia Tenggara namun mulai dikenal luas dari daerah kepulauan pasifik di bagian selatan yang sebenarnya dibawa  oleh penduduk di Asia Tenggara yang pada zaman dahulu bermigrasi ke wilayah tersebut.

Pembudidayaan dan pemanfaatan buah mengkudu ditengarai telah dilakukan sejak lebih dari 1000 tahun yang lalu, bahkan pada zaman dahulu penduduk di kepulauan pasifik selatan yang saat ini dikenaldengan nama kepulauan Hawaii menganggap buah mengkudu sebagai salah satu buah keramat karena memiliki begitu banyak khasiat yang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit.

Kandungan Dan Khasiat Buah Mengkudu Bagi Tubuh

Buah mengkudu memiliki kandungan nilai gizi yang terbilang lengkap karena di dalam buah mengkudu mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukanoleh tubuh seperti protein, vitamin dan beberapa jenis mineral seperti selenium dan magnesium. Selain itu buah mengkudu juga mengandung beberapa jenis senyawa aktif yang memiliki banyak kegunaan seperti lycine, xeronine, phenylalanine, alizarine, plant sterois, sosium, arginin, antra quinines, pro xeronine, trace element dan lan sebagainya. Selain itu masih banyak senyawa aktif lainnya di dalam buah mengkudu seperti

  1. Scolopetin merupakan senyawa yang bersifat anti inflamasi dan anti alergi sehingga sangat efektif untuk mengatasi berbagai jenis peradangan maupun alergi
  2. Terpenoid merupakan suatu senyawa yang berperan aktif dalam sintesis zat-zat organik serta memperbaiki sel-sel di dalam tubuh yang rusak.
  3. Zat anti kanker juga terkandung di dalam buah mengkudu mampu melawan zat pemicu munculnya sel kanker atau zat karsinogen serta mengatasi pertumbuhan sel yang tidak normal.
  4. Zat anti bakteri di dalam buah mengkudu memang dikenal sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh berbagai jenis bakteri.
  5. Xeronine & proxeronine merupakan senyawa jenis alkaloid yang berguna untuk mengatur sistem metabolisme dan mengaktifkan kembali protein yang mati hingga dapat berpengaruh pada perkembangan sel dan jaringan dalam tubuh.
Baca Juga  Manfaat Minyak Zaitun Untuk Jerawat Serta Kesehatan Kulit

Manfaat Mengkudu Untuk Menjaga Kesehatan

  • Meningkatkan sistem imun seseorang

Buah mengkudu dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kondisi daya tahan tubuh yang kurang baik terutama bagi seseorang yang sering terserang penyakit karena memiliki sistem imun yang lemah. Kandungan di dalam buah mengkudu yang berguna untuk meningkatkatkan sistem daya tahan tubuh ini ialah Scolopetin yang memiliki sifat anti bakteri, anti histamin, anti virus, anti radang dan  anti virus sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

  • Mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh

Dalam sebuah uji penelitian yang melibatkan setidaknya 132 partisipan yang semuanya merupakan seorang perokok beratsemua partisipan tersebut kemudian dibagi dua kelompok dan salah satu kelompok dianjurkan untuk mengonsumsi jus mengkudu secara rutin setiap hari selama 1 bulan. Hasil uji penelitian tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi jus buah secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam jumlah yang signifikan sekaligus meningkatkan kadar lipoprotein sebagai kalesterol yang baik bagi tubuh. Penelitian ini akhirnya diterbitkan oleh The Scientific World Journal pada tahun 2012

  • Berguna untuk meringkankan stress

Salah satu pakar nutrisi terkemuka dunia yaitu Byron J Richards bahwa salah satu khasiat buah mengkudu ialah mampu meredakan gejala stress yang bisa muncul pada setiap orang dengan menurunkan fungsi kognitif otak yang menyebabkan munculnya perasaan stress.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

  • Mencegah asam urat dan encok

Penumpukan kristal di dalam pembuluh darah sangat berbahaya karena dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya yang lebih berbahaya seperti encok dan asam urat. Untuk menurunkan resiko terkena penyakit asam urat / encok ini yaitu dengan mengonsumsi jus atau sari buah mengkudu secara teratur.

  • Mencegah terserang stroke
Baca Juga  Manfaat Setrika Wajah Untuk Mempercantik Dan Menyehatkan Kulit Wajah

Dalam jurnal berjudul Biological and Pharmaceutical pada tahun 2009 menjelaskan sebuah riset yang dilakukan oleh Universitas Kobe Gakuin di Jepang dengn menguji sejumlah tikus dengan memberi sari mengkudu kepada beberapa tikus. Setelah diuji dan diamati menunjukkan hasil bahwa tikus yang diberikan sari mengkudu mengalami kerusakan sistem saraf yang jauh lebih sedikit dibanding dengan tikus yang tidak diberi sari buah mengkudu. Dengan bgitu maka dapat disimpulkan bahwa seseorang yang mengonsumsi buah mengkudu akan terhindar dari kerusakan neurologis yang dapat memicu terjadinya stroke.

  • Mencegah terkena kanker

Salah satu badan kanker dunia yaitu National Canccer Institute telah menandai buah mengkudu sebagai salah satu buah yang memiliki potensi untuk melawan sel kanker dan tumor sebagai salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Dan hingga saat ini penelitian mengenai kandungan buah mengkudu untuk melawan sel kanker tersebut masih terus dilanjutkan.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

  • Mengatasi penyakit demam

Manfaat buah mengkudu yang paling sederhana dalam mengobati penyakit ialah mengatasi demam yang dapat berbahaya jika tidak segera diobati. Selain itu buah mengkudu juga dapat mengatasi beberapa jenis penyakit ringan lainnya seperti meredakan pegal linu dan membantu mengobati batuk.

  • Membantu mengatasi arthitis

Arthitits merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ gerak manusia seperti persendian. Rasa sakit dan nyeri akan sering dirasakan oleh seseorang yang menderita penyakit ini, peran buah mengkudu ini mampu meredakan rasa nyeri dan sakit akibat penyakit arthitis yang diderita. Hal ini didukung dengan hasil penelitian yang dilakukan di Jerman beberapa tahun yang lalu dan menunjukkan hasil bahwa buah mengkudu memiliki sifat analgesik dan efektifitas yang hampir sama dengan obat rsep tramadol yang sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Selain itudaun buah mengkudu diyakini juga bisa mengatasi berbagai masalah sendi seperti mengatasi sendi bengkak dan radang sendi dengan cara membungkus area yang sakit dengan daun mengkudu.

  • Membantu mengobati diabetes
Baca Juga  Ulasan Lengkap Mengenai Kandungan Efek Samping Dan Manfaat Cortidex

Sebuah penelitian dilakukan di Universitas Hindia Barat yang ingin menguji obat resep diabetes yang berasal dari sari buah mengkudu. Dalam hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Evidence Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2010 yang lalu menunjukkan bahwa sari buah mengkudu yang berupa obat resep tersebut cukup efektif untuk menurunkan kadar gula darah.

  • Membantu mengatasi infeksi dan iritasi pada kulit

Salah satu dermatologis terkemuka asal Delhi, India Dr. Reem Arora mengunkapkan bahwa buah yang sering dipandang sebelah mata ini memiliki efek yang berguna untuk mengatasi berbagai jenis peradangan dan iritasi pada kulit. Hal ini kemungkinan besar dengan sifat alami buah mengkudu sebagai buah anti inflamasi dan anti bakteri yang cukup kuat.

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai kandungan dan manfaat buah mengkudu yang sering diabaikan oleh banyak orang. Dan perlu diingat walaupun buah ini memiliki banyak khasiat sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini atau bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli medis jika ingin mengonsumsi buah mengkudu sebagai obat untuk mengatasi penyakit yang anda derita.