Manfaat Buah Tin Yang Dianggap Sebagai Buah Surgawi

Buah tin memiliki nama latin ficus carica yang buahnya berasal dari tanaman semak dan diperkirakan berasal dari daerah di daeah Timur Tengah. Buah ini masih tergolong ke dalam keluarga Moraceae seperti nangka dan beringin. Tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di bawah ketinggian di bawah 1700 meter di bawah permukaan laut ini dapat dikonsumsi secara langsung seperti buah pada umumnya atau diolah menjadi manisan.

Tin merupakan jenis buah yang istimewa karena buah ini disebut dalam kitab suci injil dalam agama kristen dan kitab suci al qur’an dalam agama islam. Sedikit mengulas buah tin dalam sudut pandang islam bahwa buah tin ini dijadikan sumpah oleh Tuhan Allah, hal ini bukan karena ada maksud lain selain mengisyaratkan tempat yang mulia yang didekatnya ditumbuhi buah tin yaitu Yerusalem sebagai kiblat pertama bagi umat islam serta sebagai tempat mulainya perjalanan mi’raj nabi muhammad dalam menerima wahyu berupa perintah wajib sholat 5 waktu. Namun karena telah disebutkan oleh Tuhan Allah dan menjadi sumpah yang tidak akan pernah diingkari oleh Tuhan Allah membuat buah ini memiliki memiliki khasiat yang begitu tinggi.

Karena penyebutan buah ini dalam berbagai kitab suci banyak badan, lembaga, sekelompok atau secara personal tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh apa sebenarnya rahasia dari buah tin ini. hingga akhirnya hal ini terbukti dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. J A Vinson dari University of Scranton di Amerika Serikat dalam kajiannya tersebut ia telah membuktikan sendiri bahwa buah tin memiliki manfaat yang sangat tinggi dan jauh lebih berkhasiat apabila dibandingkan dengan jenis buah lainnya.

Baca Juga  Manfaat Sarang Walet Sebagai Air Liur Serbaguna Yang Sangat Berkhasiat

Jika ditinjau dari keilmuan secara umum buah tin memiliki beragam kandungan nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh namun hanya beberapa jenis nutrisi saja yang tersedia dalam kadar yang tinggi seperti vitamin C, vitamin A, magnesium, kalsium dan kalium (potassium). Kandungan lain yang tak kalah berkhasiat bagi tubuh manusia adalah kandungan polyfenol, benzaldehyde dan coumarins. Benzaldehyde yang ada di dalam buah tin ini berguna sebagai anti tumor sementara polyfenol dan coumarins saling bersinergi untuk melawan sel kanker khususnya kanker kulit dan kanker prostat.

Manfaat Buah Tin Berdasar Hasil Penelitian Yang Teruji Klinis

  1. Penelitian akan kandungan buah tin tak hanya sampai disitu saja, kajian lainnya mengenai buah tin juga dilakukan di George Washington University Medical Center. Dr. Oliver Alabaster sebagai pembimbing Institut Pencegahan Penyakit di Universitas tersebut mengunkapkan bahwa seseorang yang mengonsumsi buah tin sebetulnya sudah mengonsumsi jenis makanan yang dapat menjamin kesehatannya saking berkhasiatnya buah tin.
  2. Buah tin ini telah menarik banyak pihak untuk meneliti akan kandungan yang dimilikinya salah satunya adalah Departemen Pertanian di Amerika Serikat. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa setiap 100 gram buah tin mengandung beberapa jenis nutrisi seperti vitamin C sekitar 0.6 mg, vitamin A sekitar 9.7 IU, zat besi 3 mg dan kalsium 133 mg.
  3. Penelitian lainnya dibuktikan pada jurnal hasil penelitian yang diterbitkan oleh Cancer Cure Foundation membeberkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Institute of Physical and  Chemical Research yang diadakan di Tokyo membuktikan bahwa benzaldehyde efektif untuk menghambat pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh manusia.
  4. Penelitian lainnya juga dilakukan oleh Prof. J A Vinson dari University of Scranton di Amerika Serikat dalam kajiannya tersebut ia telah membuktikan sendiri bahwa buah tin memiliki manfaat yang sangat tinggi dan jauh lebih berkhasiat apabila dibandingkan dengan jenis buah lainnya.
  5. Sebuah penelitian dilakukan di Universitas Rutgers yang ada di New Jersey, Amerika Serikat. Dalam hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kandungan antioksidan di dalam buah tin mampu mengikat zat ataupun senyawa yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh
  6. Amerika Serikat terbukti sebagai salah satu negara yang sangat tertarik dengan buah tin yang disebut-sebut dalam beberapa kitab suci tersebut. Studi lainnya yang dilakukan oleh salah satu lembaga di Amerika Serikat yaitu California Fig Nutritional Information, salah satu hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa buah tin mengandung serat terutama serat terlarut (dietary fiber) dalam kadar yang tinggi yaitu sekitar 12 gram / 100 gram buah tin.
  7. Penelitian lainnya dilakukan di Inggris, yaitu dilakukan oleh British Journal of Nutrition dalam hasil penelitian tersebut didapati jenis asam lemak tak jenuh yang dapat merangsang Cholecystokinin yaitu sebuah hormon yang dapat menekan nafsu makan dengan memanipulasi tubuh dengan mengirimkan sinyal perasaan kenyang ke saraf pusat. Dengan begitu maka salah satu manfaat buah tin ini berguna untuk menurunkan berat badan.
  8. Studi lain juga dilakukan oleh Amerika Colege of Cardiology bahwa polyphenois di dalam buah tin dapat meningkatkan konsentrasi nitric oxide yang mampu untuk memperlebar pembuluh darah sehingga dapat memperlancar aliran darah.
  9. Sebuah riset dilakukan di salah satu perguruan tinggi di Boston, Amerika Serikat. Riset ini bertujuan mengkaji kandungan antioksidan dan efek yang bisa diberikan. Dalam riset tersebut membuktikan bahwa antioksidan di dalam buah tin ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko tubuh terserang penyakit.
Baca Juga  Manfaat Buah Berenuk Sebagai Ikon Kabupaten Mojokerto

Kesimpulan Manfaat Buah Tin Yang Perlu Anda Ketahui

Dari beberapa hasil studi, riset atau penelitian yang telah dijelaskan seperti diatas maka dapat disimpulkan bahwa manfaat buah tin bagi tubuh yaitu

  1. Buah tin berguna untuk mencegah dan melawan sel kanker
  2. Buah tin berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi resiko tubuh terserang penyakit
  3. Buah tin berguna untuk meningkatkan kadar sel darah merah, memperlancar aliran darah sekaligus mencegah terkena serangan jantung
  4. Buah tin dapat digunakan sebagai makanan dalam diet sehat yang mampu membantu untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan
  5. Buah tin berguna untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya
  6. Selain berguna dalam melawan kanker buah tin juga berguna dalam melawan pertumbuhan sel tumor di dalam tubuh
  7. Buah tin berguna untuk kesehatan tulang dan mencegah timbulnya berbagai gangguan kesehatan pada tulang.
  8. Buah tin dapat berguna sebagai sumber antioksidan alami yang mampu menangkal berbagai senyawa kimia berbahaya dan radikal bebas.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat dari buah tin yang disebut-sebut sebagai tanaman surgawi. Walaupun khasiat dan manfaat buah tin telah teruji secara klinis dari berbagai penelitian yang telah dilakukan namun dalam mengonsumsinya anda sekalian harus tetap memperhatikan kadar atau jumlah yaang dikonsumsi karena mengonsumsi buah tin dalam jumlah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan efek negatif yang berdampak berbahaya bagi tubuh kita.