Manfaat Daun Kelor Yang Ternyata Banyak Khasiatnya

Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7 – 11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai,daunnya saat muda berwarna hijau muda dan dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang dan berwarna hijau ketika masih muda kemudian setelah tua warnanya menjadi cokelat, dan buah ini  juga dapat dibuat sayur.  Daun kelor juga mempunyai biji bulat yang berwarna cokelat kehitaman yang akan berbuah setelah berumur 12 – 18 bulan dan akarnya tunggang berwarna putih membesar seperti lobak.

Penelitian terhadap tumbuhan ini dimulai dari tahun 1980-an. Penelitian ini dimulai dari daun, kulit batang, buah bahkan hingga biji pada tanaman kelor ini. Pada tahun 1993, para pakar melakukan penelitian terhadap tanaman kelor ini. Isi dari kajian dan penelitian tersebut terkait dengan pemanfaatan kelor untuk penghijauan serta sebagai proses menahan terjadinya penggurunan di daerah Etiopia, Kenya dan somalia. Riset ini dilakukan oleh sekelompok pakar yang berasal dari jerman.

Laporan ini dikhususkan untuk kawasan yang termasuk Somalia, Etiopia dan sudan karena sudah sejak lama penduduk kawasan tersebut menjaga tradisi penanaman tanaman kelor. Hal ini dikarenakan manfaat yang dihasilkan oleh tanaman kelor sangat beragam.

1.Manfaat daun Kelor

Mungkin tak semua orang tahu manfaat dan khasiat dari daun kelor,  namun nyatanya tanaman ini memiliki berbagai macam kandungan dan khasiat seperti kebanyakan tanaman apotik lainnya. Pada hakikatnya, di dalam tanaman herbal ini tersimpan berbagai macam senyawa yang bisa membantu menambah nutrisi pada tubuh. Nah sekarang kita akan membahas berbagai macam manfaat daun kelor yaitu:

2.Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Tanaman kelor telah dipercaya oleh masyarakat india sebagai bahan baku obat-obatan. Tanaman ini tumbuh subur di seluruh daerah beriklim tropis dunia. Daun ini akan menghasilkan manfaat jika dimakan seperti sayuran lainnya. Berbagai manfaat kesehatan tanaman kelor yang telah terbukti ilmiah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sebagai anti kanker

Ekstrak daun kelor ini bermanfaat sebagai anti kanker. Hal ini telah dibuktikan pada studi kultur kanker serviks. Studi ini kemudian diterbitkan dalam jurnal “Food and Chemical Toxiology” pada tahun 2011. Dalam penelitian tersebut dapat dibuktikan bahwa daun kelor dapat mencegah pertumbuhan reproduksi sel-sel kanker. Para pakar juga menyebutkan bahwasanya daun ini menunjukkan sebagai potensi pencegahan alami.

  • Mencegah penyakit jantung

Studi ilmiah yang dilakukan pada hewan laboratorium menyebutkan bahwa daun kelor ini dapat mencegah kerusakan jantung dan memberikan efek manfaat antioksidan. Penelitian ini kemudian diterbitkan oleh “Journal Of Medicinal Food” pada edisi Februari 2009. Pada studi ilmiah tersebut, dapat disimpulkan bahwa di setiap pemberian dosis 200 mg pada setiap kilogram berat badan akan menghasilkan tingkat yang lebih rendah dari lipid teroksidasi. Uji coba ini dilakukan selama 30 hari. Selain itu, dari penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa daun kelor dapat melindungi jaringan jantung dari kerusakan struktural. Para pakar membuktikan bahwasannya daun tanaman ini bisa memberikan manfaat yang lebih signifikan terhadap kesehatan jantung. Penelitian ini pun dilakukan lebih lanjut untuk menentukan apakah manfaat ini mencakup manusia.

  • Sebagian bantuan arthitis

Tahukah anda bahwasannya daun tanaman ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan berbentuk arthritis. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa pakar, ekstrak daun tanaman kelor akan mengurangi rangsangan yang menyakitkan terhadap sendi rematik. Para peniliti juga menegaskan bahwasannya kombinasi dari akar dan ekstrak daun tanaman ini memiliki efek yang sinergis untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh.

  • Sebagai anti diabetes

Seperti yang dilansir oleh University of Wiconsin LaCrosse, sifat anti diabetes yang ada dalam daun kelor berasal dari kandungan seng yang tinggi. Kandungan mineral ini sangat diperlukan untuk memproduksi insulin. para peneliti menyebutkan bahwa proses penyembuhan yang ada pada daun kelor ini menunjukan kinerja akurat mengenai penyebab diabetes  dan pendekatan dasar yang diperlukan untuk mengobati penyakit. Pada studi hewan laboraturium lanjutan, dapat disimpulkan bahwa disetiap 150 mg daun kelor dapat bermanfaat untuk penyakit diabetes secara signifikan. Studi ini diterbitkan dalam edisi juni 2012 oleh “Journal of Diabetes”.

3.Manfaat daun kelor jika disajikan dalam bentuk teh

Teh yang terbuat dari daun kelor ternyata mengandung kandungan polyphenol yang tinggi. Dengan begitu, zat ini akan bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan ini akan membantu mendetoksifikasi tubuh manusia dan akan mendukung organ sistem kekebalan tubuh. Selain itu, teh yang terbuat dari daun kelor ini juga bisa membantu menjaga kesehatan pada kulit. Berikut manfaat teh dari daun kelor yaitu:

  • Melancarkan pencernaan

Tahukah anda? Bahwasannya daun kelor dapat membantu proses pencernaan makanan. Selain itu daun ini juga merupakan obat yang paling tepat jika anda memiliki masalah pada perut. Minum teh ini selagi hangat, maka anda tidak kehilangan khasiat dan manfaatnya.

Baca Juga  5 Manfaat Klorofil Yang Penting Bagi Tubuh Dan Efek Sampingnya
  • Sebagai sumber nutrisi

Selain kandungan daun kelor yang bisa menghasilkan nutrisi baik untuk tubuh, teh daun kelor juga memiliki perananan penting dalam upaya untuk menjaga kesehatan mata dan otak. Gizi otak akan membantu kita dalam pengambilan keputusan yang tepat. Bahkan pada masa-masa sulit sekalipun.

  • Sebagai sumber energi

Secangkir teh berbahan dasar daun kelor yang di minum setiap pagi akan menguatkan tubuh untuk tetap pro dan aktif sepanjang hari. Dengan demikian, tubuh secara otomatis akan selalu merasa baik dan berenergi dibandingkan dengan sebelumnya.

  • Menurunkan berat badan

Yang menjadi tren kebanyakan anak muda masa kini adalah menjadikan tubuh agar tetap ramping. Maka dari itu, untuk mewujudkan hal tersebut butuh beberapa langkah dan tips yang lebih sehat. Studi penelitian membuktikan bahwa teh yang berbahan dasar daun kelor ini sangatlah membantu menangani beberapa masalah pencernaan. Efek yang didapat ketika setelah meminum teh ini adalah metabolisme tubuh yang akan terangsang, dengan tujuan agar membantu tubuh untuk lebih membakar kalori dengan cepat karena teh daun kelor ini menyerap kedalam usus.

  • Menyehatkan rambut

Jika anda mengidam-idamkan rambut yang lebat, tebal dan mengkilap, maka anda harus memberinya nutrisi yang tepat. Namun tahukah anda bahwasannya nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut ada dalam kandungan teh daun kelor. Teh daun kelor ini sangat mudah untuk anda siapkan dirumah. Anda hanya perlu memetik beberapa daunnya yang sudah agak berumur tua. Tapi ingat, daun yang digunakan adalah daun yg berwarna hijau bukan kuning. Setelah itu baru pilihlah daun yang lebih segar dan bersihkan dari kotorannya. Selanjutnya lakukan pengeringan di udara. Namun pengeringan dibawah terik sinar matahari tidak dianjurkan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sinar matahari akan merusak nutrisi dan kandungan yang pada daun kelor. Kemudian tumbuk daun kelor dan bisa disimpan untuk waktu yang cukup lama.

  • Meningkatkan fungsi ekresi

Seduhan daun teh kelor ternyata juga memiliki peran penting dalam membantu kinerja fungsi organ ginjal dan hati. Tubuh akan dinyatakan sehat dan bugar apabila fungsi pembuangan limbah pada tubuh dalam keadaan normal.

Baca Juga  7 Manfaat Masker Kopi Untuk Kecantikan Wajah

Ternyata tak hanya daunnya, tanaman kelor juga memiliki berbagai macam bagian-bagian yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar utama obat-obatan herbal. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahwasannya semua bagian tanaman kelor bisa bermanfaat.

  1. Manfaat bunga kelor

Bung  kelor mempunyai banyak manfaat diantaranya sebagai antimikroba, antibakteri, infeksi, flu, cacingan, sariawan, radang tenggorokan, antitumor, rematik, gangguan saraf, sumber nutrisi dan tonik.

  1. Manfaat buah kelor

Buah kelor diketahui mengandung zat alkaloida morongiona yang bersifat merangsang pencernaan makanan. Buah kelor juga dapat dimasak menjadi sayur yang lezat.

  1. Manfaat biji kelor

Biji kelor dapat dipakai sebagai penjernih air. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai kosmetik, obat-obatan, serta sumber minyak nabati. Biji kelor yang telah kering mengandung 40 persen lemak tak jenuh sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif minyak sawit.

  1. Manfaat kulit batang kelor

Kulit batang kelor mempunyai segudang manfaat yaitu dapat mengatasi karang gigi, gangguan pencernaan, flu, sariawan, anti tumor, reumatik, detoksifikasi, penetralisir racun ular dan kalajengking, dan sumber nutrisi.

  1. Manfaat akar kelor

Sebagai obat dalam, air rebusan akar kelor dapat menyembuhkan reumatik, epilepsi. Antiskorbut, diuretikum dan gonorrhea. Akar tanaman kelor ini juga terkenal sebagai pelaruh air seni, pelaruh dahak atau batuk, pelaruh haid, penambah nafsu makan dan pereda kejang. Tumbuhan halus akar kelor dapat dibuat bedak untuk tapel perut bayi yang baru lahir, pencegah iritasi kulit, obat penyakit kulit, serta sebagai parem untuk bengkak-bengkak pada penyakit beri-beri dan untuk pengobatan kaki yang terasa pegal dan lemah.

Daun kelor memiliki kandungan potassium 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan pisang, kalsium 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu. Didalam daun kelor juga terdapat kandungan vitamin C yang kadarnya 7 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk, selain itu juga kandungan vitamin A dalam daun kelor juga berkali lipat dibandingkan dengan wortel, protein yang terkandung dalam daun kelor ini dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan susu, maka tidak heran apabila masyarakat banyak mencari daun kelor dan ingin di olah untuk dijadikan sebagai bahan dasar obat alami.

Baca Juga  Manfaat Sayur Okra Yaitu Sayur Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Namun kebanyakan orang masih banyak yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara mengolah daun kelor untuk dijadikan obat alami ? Jangan bingung karena disini saya akan memberikan informasi tentang cara mengolah daun kelor untuk dijadikan ramuan obat alami yang benar.

Dari beberapa narasumber yang saya ambil ternyata pengolahan daun kelor bisa dijadikan serbuk sehingga bisa ditaburkan pada makanan atau dicampurkan dengan minuman seperti jus ataupun sirup. Berikut dibawah ini adalah cara mengolah daun kelor

  • Siapkan daun kelor yang dibutuhkan
  • Bersihkan daun kelor terlebih dahulu
  • Lalu keringkan daun kelor
  • Setelah kering tumbuk sampai halus
  • Kemudia saring hasil tumbukan daun kelor
  • Dan masukan dalam wadah yang tertutup
  • Serbuk daun kelor siap untuk dikonsumsi, baik dicampurkan pada makanan atau juga minuman.

Demikianlah artikel pengenalan tentang tanaman kelor yang mempunyai segudang manfaat. Semoga dengan adanya artikel ini anda bisa lebih tertarik untuk membudidayakan tanaman kelor, karna tumbuhan ini mempunyai banyak sekali manfaat dari daun hingga akarnya. Semoga bermanfaat.