Manfaat Daun Kemangi Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Kemangi merupakan jenis tanaman terna atau jenis tanaman yang memiliki batang lunak karena batangnya tidak menghasilkan kayu dengan ukuran kecil dengan tinggi sekitar 5 sampai 20 cm, tanaman yang sering ditambahkan ke dalam berbagai menu masakan baik sebagai penyedap maupun penghias tampilan tersebut mempunyai aroma limau yang khas dan lembut. Salah satu menu makanan yang biasa menggunakan daun kemangi yaitu menu lalapan yang biasanya juga disertai dengan beberapa jenis sayuran lainnya yang disajikan dalam kondisi yang masih mentah seperti timun, tomat, kubis, sawi dan kacang panjang.

Kemangi Atau Basil dalam bahasa inggris, atau nama ilmiahnya Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. adalah tumbuhan terna kecil yang daunnya biasa digunakan sebagai lalapan. Aroma daun kemangi sangat khas, kuat namun juga lembut dengan sentuhan aroma jeruk.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Mempercantik Kulit Wajah

Bagi masyarakat terutama masyarakat Indonesia menggunakan daun kemangi sebagai bahan alami untuk mengatasi bau badan yang tidak sedap. Namun sebenarnya daun kemangi ini masih menyimpan begitu banyak khasiat yang berguna baik tubuh termasuk untuk kecantikan kulit wajah seperti yang dilansir dari BoldSky. Berikut ini beberapa manfaat daun kemangi yang berguna untuk mempercantik kulit wajah

  1. Daun kemangi mampu mengatasi bekas luka

Bekas luka yang ditimbulkan akibat bekas jerwat, infeksi atau hal lain yang tak kunjung hilang pastinya akan sangat menganggu penampilan karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Salah satu bahan alami yang dapat mengatasi masalah tersebut yaitu daun kemangi yang mampu menyamarkan hingga menghilangkan bekas luka tersebut. Caranya yaitu tumbuk hingga halus beberapa lembar daun kemangi yang sudah dicuci bersih kemudian campurkan dengan 1 sendok perasan air lemon dan 1 sendok madu kemudian aduk sampai merata dan sampai berbentuk seperti pasta. Dan terakir oleskan ramuan daun kemangi tersebut secara merata ke seluruh area wajah, biarkan beberapa saat agar kandungan di dalam ramuan tersebut meresap ke dalam kulit dan bilas dengan air.

Walaupun kecil namun daun kemangi ini kaya akan kandungan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, oleh karena itu mulai saat ini cobalah mengonsumsi kemangi dan tidak menyisihkannya ketika anda makan. Di dalam setiap 100 gramdaun kemangi segar mengandung karbohidrat, protein, lemak, beta karoten, asam askorbat beberapa jenis mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi serta mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2. Namun semua kandungan yang telah disebutkan diatas tersedia dalam jumlah yang kecil karena penyusun utama dari kemangi ialah air. Lebih dari 80% penyusun utama kemangi ialah air, hal tersebut dikarenakan kemangi tergolong dalam tanaman terna sehingga sebagian besar batangnya mengandung air.

  1. Daun kemangi mampu mengatasi masalah jerawat

Masalah kulit lainnya yang juga banyak dialami oleh orang-orang khususnya bagi para remaja dengan perkembangan hormonnya yang meningkat pesat ialah masalah jerawat dan bekas jerawat yang sulit hilang. Daun kemangi yang memiliki sifat sebagai antibakteri mampu membantu mengatasi msalah jerawat yang diakibatkan oleh debu, kotoran atau bakteri penyebab jerawat. Caranya hampir sama seperti tadi, pertama tumbuk daun kemangi secukupnya kemudian tambahkan dengan 1 sendok bubuk kunyit dan aduk hingga merata. Kemudian gunakan sebagai masker wajah tunggu sampai mengering dan terakhir bilas dengan air

  1. Daun kemangi mampu mengatasi penuaan dini

Tanda-tanda penuaan yang muncul terlalu cepat seperti munculnya garis halus dan kerutan di beberapa area wajah dapat diatasi dengan sangat mudah menggunakan ramuan daun kemangi dengan minyak kealpa. Caranya sangat mudah yaitu tumbuk hingga halus beberapa lembar daun kemangi yang sudah dicuci bersih kemudian campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa kemudian aduk sampai merata dan sampai berbentuk seperti pasta. Dan terakir oleskan ramuan daun kemangi tersebut secara merata ke seluruh area wajah, biarkan beberapa saat agar kandungan di dalam ramuan tersebut meresap ke dalam kulit dan bilas dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bila perlu lakukan hal ini sebanyak 2 kali seshari sehingga nantinya kulit akan nampak lebih muda dan segar.

  1. Daun kemangi mampu membuat kulit menjadi lebih bercahaya

Jika berbagai masalah kulit telah teratasi maka dengan begitu kulit akan terlihat lebih bersih, sehat dan bercahaya. Bagi anda yang tetap ingin menggunakan daun kemangi sebagai perawatan kulit wajah caranya yaitu pertama tumbuk daun kemangi secukupnya kemudian tambahkan dengan 1 sendok gliserin dan aduk hingga merata. Kemudian gunakan sebagai masker wajah, balurkan hingga merata sambil dipijat secara perlahan, tunggu sampai mengering dan terakhir bilas dengan air.

  1. Daun  kemangi mampu menjaga kesehatan kulit

Salah satu senyawa aktif yang terdapat di dalam daun kemangi ialah zea xanthin yang tergolong dalam senyawa karotenoid flavonoid yang mempunyai peran untuk memfilter paparan sinar UV yang berbahaya untuk kulit dan dapat menyebabkan kanker kullit. Maka dari itu tak heran jika daun kemangi sering ditemui dan dimanfaatkan sebagai masker kulit maupun wajah. Selain itu beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sayuran yang mengandung zea xanthin seperti daun kemangi mempunyai peran andil dalam menjaga kesehatan mata.

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Selain berguna untuk mempercantik dan menjaga kesehatan kulit, daun kemangi juga memiliki khasiat dalam bidang kesehatan. Berikut manfaat daun kemangi dalam dunia medis

  1. Daun kemangi mampu memperbaiki daya tahan tubuh

Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah bisa mencoba untuk mengonsumsi daun kemangi secara teratur setiap hari. Kandungan dalam daun kemangi yang berguna dalam hal ini adalah beta karoten yang mampu meningkatkan dan mempercepat respon sistem antibodi dalam tubuh. Selain itu beta karoten juga dapat membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak.

  1. Daun kemangi mampu mencegah kanker

Seperti yang dilansir dari situs draxe menunjukkan dalam sebuah studi yang diterbitkan Nutricion and Cancer manyatakan jika kandungan phytochemical yang terdapat di dalam daun kemangi dapat mencegah berkembangnya zat karsinogen atau zat yang dapat memicu timbulnya sel kanker.

  1. Daun kemangi mampu memperlancar aliran darah

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam daun kemangi ini berguna untuk memperlencar sirkulasi darah di dalam tubuh. Zat besi sebagai salah satu mineral yang terdapat di dalam daun kemangi berguna dalam sel darah merah yang akan memperlancar sirkulasi oksigen di dalam darah. Sementara itu kandungan magnesium menjaga aliran darah tetap stabil sehingga akan membantu fungsi kerja jantung menjadi lebih ringan.

  1. Daun kemangi berguna untuk sistem reproduksi

Bagi seseorang baik pria maupun wanita yang mempunya masalah dalam hal reproduksi dapat memanfaatkan daun kemangi sebagai salah satu obat herbal alami yang mampu mengatasi berbagai masalah reproduksi. Bagi pria mengonsumsi daun kemangi secara teratur dapat meningkatkan kemampuan berenang sperma menjadi lebih kuat serta mecegah terjadinya kemandulan dengan zat arginin yang dimilikinya. Sementara bagi wanita daun kemangi berguna untuk merangsang hormon esterogen yang penting bagi wanita dengan kandungan boron dan anetol yang dimiliki daun kemangi.

Baca Juga  7 Manfaat Daun Seledri Yang Berguna Untuk Berbagai Hal