Manfaat Daun Pepaya Dibalik Rasanya Yang Pahit

Pepaya merupakan salah satu makanan yang berasal dari amerika latin tepatnya dari daerah Meksiko yang dapat berkembang dengan ncepat ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Carica papaya ini sering dimanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi, di Indonesia buah ini menjadi salah satu buah populer yang digemari oleh banyak orang juga dikenal dengan beberapa nama seperti betik kemudian kates bagi masyarakat jawa khususnya jawa timur, gedhang bagi masyarakat Sunda.

Manfaat Pepaya Dari Berbagai Sudut Pandang

Seperti buah pada umumnya, bagian yang paling sering dimanfaatkan dari pohon pepaya ini adalah bagian daging buahnya yang dapat dikonsumsi secara langsung, dijadikan sebagai manisan, campuran minuman penyegar, koktail atau diolah lebih lanjut menjadi beberapa jenis makanan maupun camilan seperti rujak manis. Tak hanya daging buahnya yang sudah matang, daging buahnya yang masih muda atau masih mentah juga bisa dikonsumsi dan masyarakat biasanya menjadikannya sebagai masakan atau sayuran.buah pepaya ini dianggap memiliki kesehatan yang baik untuk menjaga kesahatan tubuh terutama kesehatan sistem pencernaan dan kesehatan indra penglihatan seseorang.hal ini dikarenakan buah pepaya tinggi akan kandungan serat dan vitamin A.  Kemudian daripada itu, di dalam dunia medis pemanfaatan buah pepaya ini dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa penyakit seperti susah buang air besar, kanker, katarak dan gangguan penglihatan lainnya.

Selain daripada itu, biji dari buah pepaya juga memiliki beberapa khasiat bagi tubuh kita. Hal ini dijelaskan oleh Dr Wahyu Triasmara mengatakan bahwa biji dari buah pepaya kaya akan kandungan antioksidan yang berupa saponin, flavonoid, tanin, alkaloid antosianin dan antrakuinon. Beberapa senyawa yang bersifat antioksidan tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang tinggi serta dapat dijadikan sebagai obat terapi hiperlipidemia dengan efek hipolipidemia yang dimilikinya. Untuk mengonsumsi biji dari buah pepaya anda dapat mengolahnya menjadi jus atau diseduh seperti kopi dengan mengeringkan dan menghaluskannya menjadi bubuk terlebih dahulu.

Baca Juga  9 MANFAAT TIMUN YANG JARANG ORANG TAU

Bagian lain dari pohon pepaya yang juga bisa dimanfaatkan ialah bagian daunnya, daun dari pohon pepaya ini sangat berguna khususnya bagi masyarakat indonesia sendiri. Beberapa kegunaan daun dari pohon pepaya yaitu untuk pelunak daging karena memiliki kandungan enzim papain terutama yang dihasilkan pada bagian getahnya. Selain itu daun pepaya dapat diolah menjadi beberapa jenis masakan, sayuran atau dikonsumsi sebagai lalapan dengan cara merebusnya terlebih dahulu hingga matang. Tak hanya itu daun pepaya juga sering dimanfaatkan untuk membungkus bahan makanan yang masih mentah seperti tempe karena dianggap mampu melindungi bahan makanan tersebut dari kuman dan bakteri yang dapat merusak atau mengurangi kandungan di dalamnya. Berikut ulasan lebih jauh mengenai manfaat daun pepaya yang terkenal pahit

Manfaat Daun Pepaya Dan Berbagai Olahannya

  • Daun pepaya berguna sebagai obat demam berdarah

Demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti ini akan menurunkan kadar trombosit yang apabila dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan kematian karena peran trombosit yang penting bagi tubuh yaitu melawan dan memakan kuman bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut daun pepaya dapat dijadikan sebagai salah satu obat herbal alternatif karena di dalam daun pepaya ini mengandung enzim papain dan enzim chymopapain yang mampu mengembalikan kadar trombosit ke dalam keadaan normal serta mencegah organ ahati mengalami kerusakan. Selain itu daun pepaya juga dapat dijadikan sebagai masakan yang membantu untuk memulihkan kondisi kesehatan seseorang setelah menderita demam berdarah tersebut.

  • Daun pepaya berguna sebagai obat mengatasi tukak lambug

Penyakit tukak lambung merupakan salah satu masalah pencernaan yang dialami oleh banyak orang. Daun pepaya ini ternyata juga berguna untuk mengatasi tukak lambung yang disebabkan oleh banyaknya pikiran. Menurut penelitian yang dipublish oleh The West Indian Medical Student bahwa ekstrak daun pepaya dapat merangsang aktivitas glutation peroksida yang merupakan salah satu senyawa yang bersifat antioksidan dan berperan dalam menangkal radikal bebas. Selain itu dengan mengonsumsi ekstrak daun pepaya dapat mengurangi tingkat stress oksidatif sehingga mampu mencegah dan meredakan tukak lambung.

  • Daun pepaya berguna untuk sistem pencernaan
Baca Juga  Taukah Anda Bahwa Manfaat Vitamin A Ternyata Bukan Hanya Untuk Mata Saja

Salah satu jenis nutrisi yang sangat berguna bagi sistem pencernaan adalah serat. Selain mengandung serat di dalam daun pepaya juga mengandung beberapa jenis enzim seperti enzim amilase, enzim protase dan enzim chymopapain yang dapat membantu dalam mencerna berbagai asupan nutrisi yang masukan ke dalam tubuh seperti protein, karbohidrat, mineral dan lain sebagainya.

  • Daun pepaya berguna untuk mengatasi kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan di dunia yang sangat sulit untuk disembuhkan terlebbih jika sudah menyebar ke berbagai bagian tubuh. Terdapat beberapa penelitian mengenai efek daun pepaya bagi sel kanker diantaranya seperti yang telah dilakukan di Jepang, dalam hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya mampu melawan pertumbuhan sel kanker. Penelitian lain yang diterbitkan oleh  Journal of Ethnopharmacy menyatakan bahwa ekstrak daun pepaya mampu mencegah sel pemicu kanker tumbuh di dalam tubuh dan melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker seperti kanker paru-paru dan kanker serviks pada wanita.

Manfaat Daun Pepaya Untuk Perempuan

  • Daun pepaya berguna sebagai anti penuaan

Penuaan dini dapat dicegah secara mudah dengan mengonsumsi daun pepaya secara teratur setiap hari. Karena di dalam daun pepaya mengandung setidaknya 50 jenis asam amino yaitu sejenis protein dengan susunan yang lebih sederhana. Asam amino ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan menyamarkan munculnya tanda-tanda penuaan, beberapa asam amino yang terkandung dalam ekstrak daun pepaya yaitu seperti valin, glisin, histidin, asam glutamat, triptofan, leusin dan sistein. Oleh karena itu beberapa produsen kosmetik memanfaatkan daun pepaya sebagai salah satu bahan utama yang cukup berguna bagi kesehatan kulit.

  • Daun pepaya berguna untuk mempercantik kulit
Baca Juga  Manfaat Buah Kelengkeng Buah Kecil Yang Kaya Akan Manfaat

Perlu anda ketahui bahwa kandungan vitamin E dan vitamin C yang terkandung di dalam daun pepaya tak kalah dengan yang terkandung di dalam buahnya. Jenis vitamin tersebut berguna untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan seperti polusi, radikal bebas dan paparan sinar matahari di tengah hari. Selain itu daun pepaya juga berguna untuk membantu mengatasi jerawat dengan sifat antibakteri yang dimilikinya.

  • Daun pepaya berguna untuk kesahatan wanita

Manfaat daun pepaya yang terakhir adalah baik untuk kesehatan wanita namun bukan berarti daun pepaya tak bagus untuk pria hanya saja daun pepaya dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan yang umumnya hanya dialami oleh seorang wanita. Beberapa khasiat daun pepaya bagi perempuan yaitu untuk meredakan rasa sakit pada masa menstruasi, mengatasi siklus menstruasi yang kurang teratur dan mengatasi eksim. Selain itu daun pepaya juga berguna untuk kesehatan rambut dan mencegah rambut rontok.