Manfaat Ikan Gabus Yang Dikenal Sebagai Ikan Kutukan

Manfaat Ikan Gabus – Jika mendengar Ikan Gabus apakah hal pertama kali yang muncul di pikiran anda? Jangan-jangan kalian berpikir kalau ikan gabus tersebut adalah ikan yang seperti gabus atau gabus yang seperti ikan. Semua tidaklah benar ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki peran sebagai predator sekaligus mangsa dalam siklus rantai makanan. Jika dilihat secara sekilas ikan gabus ini hampir mirip dengan ikan lele namun yang membedakan ikan gabus ini tak memiliki sungut / kumis dan bagian tubuhnya biasanya terdiri dari warna hitam dengan sedikit putih.

Ikan Gabus

Ikan gabus ini memiliki banyak sebutan baik di Indonesia maupun di luar negri, jika di Indonesia ikan ini lebih terkenal dengan sebutan ikan gabus maka di luar negri lebih terkenal dengan sebutan snakehead karena ikan gabus memiliki kepala yang ceper seperti ular serta gigi-gigi yang sangat tajam. Gigi ini berguna untuk menggigit mangsanya dengan kuat agar tidak mudah terlepas seperti serangga, ikan-ikan kecil hingga katak.

Ikan gabus memiliki habitat di kawasan yang berlumpur seperti persawahan, sungai, rawa bahkan sampai saluran air, untuk ukuran ikan gabus dewasa dapat mencapai 1 meter oleh karena itu ikan gabus termasuk salah satu ikan air tawar terbesar. Terdapat keunikan yang dimiliki ikan gabus ia mampu mengubur dirinya di dalam lumpur untuk melindungi dari pemangsa serta melindungi diri dari kekeringan, ketika air kembali menggenangi tempat tersebut maka ia akan kembali muncul ke permukaan. Selain itu ikan gabus terkadan dapat dijumpai berjalan di daratan ketika musim kemarau untuk mencari tempat yang digenangi oleh air

Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Gabus

Ikan gabus dijual dipasaran dengan harga yang relative mahal untuk ukuran ikan konsumsi jenis air tawar entah itu karena cara budidayanya yang sulit atau karena hal lainnya namun yang perlu diketahui bahwa ikan ini memiliki beberapa jenis nutrisi yang sangat berguna untuk menjaga kestabilan dan metabolisme didalam tubuh.

Baca Juga  6 MANFAAT BAUKSIT YANG JARANG DIKETAHUI

Di dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dalam setiap 100 gram ikan gabus mengandung kalori sekitar 69 kalori yang berguna sebagai sumber tenaga, protein sekitar 25 gram yang berguna untuk penyusunan dan pembentukan sel, lemak sekitar 1,7 gram yang dapat berguna sebagai cadangan tenaga, kalsium sekitar 62 mg yang bagus untuk tulang dan gigi, vitamin A sekitar 150 mg yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, dan air sekitar 69 gram

Selain beberapa vitamin dan mineral seperti di atas daging ikan gabus juga mengandung phospor, vitamin B dan zat besi walaupun dalam kadar yang tidak terlalu banyak. Maka dengan berbagai kandungan yang terdapat dalam daging ikan gabus maka ikan ini dapat dijadikan sebagai alternatif bagi seseorang yang ingin memiliki tubuh yang sehat dengan daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan Dan Mengobati Berbagai Penyakit

  1. Membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak

Perlu diketahui bahwa dalam setiap 100 gram daging ikan gabus mengandung setidaknya lebih dari 25 gram protein. Dengan jumlah protein yang cukup besar ini maka dapat dipastikan bahwa dengan mengonsumsi ikan gabus secara teratur dapat memperbaiki dan membangun kembali sel-sel dalam tubuh yang rusak.

  1. Mempercepat penyembuhan luka dan menjaga metabolisme tubuh

Di dalam ikan gabus juga mengandung albumin, albumin inil merupakan salah satu jenis protein yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka seperti luka gores, luka bakar, luka bekas operasi atau pembengkakan. Manfaat lain dari albumin ini yaitu mampu menjaga jumlah cairan dalam tubuh sehingga metabolisme tetap dapat berlangsung secara normal.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Di dalam ikan gabus ini jika diteliti lebih jauh terdapat beberapa jenis nutrisi yang cukup banyak dan berguna untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit, beberapa jenis nutrisi yang terkandung dalam ikan gabus seperti vitamin A, B, beberapa jenis mineral seperti zat besi dan kalsium, lemak, kalori dan yang pasti protein.

  1. Sumber nutrisi
Baca Juga  Manfaat Putih Telur Untuk Wajah Dan Kulit Tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika seetiap 100 gram ikan gabus saja sudah mengandung beberapa jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu ikan gabus ini sangat cocok dikonsumsi untuk meningkatkan gizi baik pada bayi, orang dewasa hingga ibu hamil serta juga dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi anak yang menderita gizi buruk.

  1. Mudah dicerna

Ikan gabus memiliki tekstur daging yang empuk dan lembut sehingga mudah dicerna dan kandungan gizi didalamnya dapat dengan mudah diserap dan diedarkan ke seluruh tubuh.

  1. Membantu mengobati berbagai penyakit

Ikan gabus juga bermanfaat untuk mengobati dan mempercepat penyembuhan berbagai jenis penyakit seperti typhus, hepatitis, beberapa jenis infeksi, diabetes hingga stroke