Manfaat Lobak Putih Yang Jarang Diketahui Orang

Lobak putih adalah tumbuhan yang masuk ke dalam famili Cruciferae. Bentuk umbi lobak seperti wortel, tetapi isi dan kulitnya berwarna putih. Tanaman lobak berasal dari Tiongkok, dan telah banyak diusahakan di Indonesia. Tanaman ini sangat mudah ditanam, baik di dataran rendah maupun di daerah pegunungan. Saat ini daerah yang banyak ditanami lobak adalah dataran tinggi Pangalengan, Pacet, Cipanas, dan Bedugul.

Lobak putih sudah banyak dibudidayakan sebagai sayuran. Tinggi tanaman mencapai 20 – 100 cm, daunnya bergerombol membentuk roset. Bunganya berwarna putih atau lembayung pucat. Daun muda dan umbinya biasa dimakan mentah sebagai lalapan atau dimasak menjadi sayur. Umbinya bervariasi dalam bentuk dan warna , sehingga dikenal dengan dua jenis yaitu yang pertama mempunyai bentuk lonjong atau menyerupai gada dan berwarna putih, dan yang kedua mempunyai bentuk bulat atau lonjong dan berwarna merah atau putih dengan ukuran yang lebi kecil. Tanaman lobak ini mengandung suatu glukosida yang dapat meracuni anjing.

Tanah yang baik untuk tanaman lobak putih adalah tanah gembur, mengandung humus (subur), lapisan atas tanah yang tidak mengandung kerikil (batu-batu kecil), dan derajat keasaman tanah 5-6. Waktu penanaman yang cocok adalah saat musim hujan atau awal musim kemarau. Untuk penanaman pada musim kemarau, tanaman harus cukup air.

Lobak putih ditanam dari bijinya. Bibit lobak tidak perlu didatangkan dari luar negeri (impor), cukup dari hasil biji sendiri karena tanaman ini mudah berbunga dan berbiji. Biji-biji tersebut dapat ditanam langsung di kebun tanpa disemai terlebih dulu. Sebelum biji ditanam, lahan yang akan ditanami diolah terlebih dulu dengan cara dicangkul sedalam 30–40 cm, kemudian diberi pupuk kandang atau kompos 10 ton/hektar. Setelah tanah diratakan, dibuat alur dengan jarak antar alur 30 cm. Sebaiknya alur tersebut dibuat membujur dari arah barat ke timur agar sinar matahari masuk ke tanaman secara maksimal. Selanjutnya biji-biji tersebut ditaburkan tipis merata sepanjang alur, kemudian ditutup tanah dengan tipis-tipis. Biji akan tumbuh setelah 4 hari kemudian.

Tanaman lobak penting untuk dijaga dari hama kutu daun yang mungkin menyerang. Hama ini dapat diberantas dengan semprotan insektisida seperti Kelthin 0,2% atau Decis 2,5 EC 0,2-0,3%.

Hasil tanaman dapat dipanen setelah umbi-umbinya cukup besar, kira-kira setelah tanaman berumur 2 bulan. Keterlambatan dalam memanen akan menyebabkan umbi menjadi berkayu dan rasanya menjadi tidak enak. Jika hal tersebut terjadi, maka umbi lobak susah dipasarkan.

Tanaman lobak ini berkhasiat untuk beberapa penyakit dikarenakan kandungan Nutrisi dan kaya Vitamin. Lobak banyak mengandung enzim diatase, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, niasin, minyak asiri, kolin, serat kasar, sulfur, kalsium, fosfor, zat zat besi, asam oksalat, kalium, silikon, dan raphain. Namun disini saya akan memfokuskan terlebih dahulu pada berbagai manfaat yang bisa di dapatkan dari si lobak putih ini.

  • Manfaat Lobak Untuk Kesehatan

  1. Manfaat lobak putih untuk menyembuhkan batu ginjal
Baca Juga  Manfaat Kentang Rebus Untuk Kesehatan Serta Kecantikan

Mengkonsumsi lobak secara teratur dapat menjadi alternative pengobatan untuk menghilangkan penyakit batu ginjal. Lobak yang dibuat jus lebih efektif dalam mengobati dan menghilangkan batu ginjal dibandingkan jika lobak dikonsumsi dalam bentuk yang lain. Di samping dapat menghilangkan batu ginjal, jus lobak juga berguna dalam pencegahan pembentukan batu ginjal kembali. Penelitian membuktikan bahwa lobak adalah salah satu obat yang paling manjur yang berguna untuk mengobati gangguan – gangguan pada ginjal yang terjadi akibat terbentuknya batu ginjal. Bagi sobat yang menderita batu ginjal, disarankan untuk meminum setengah gelas jus lobak segar setiap harinya. Meminum jus lobak segar di pagi hari dapat dilakukan sebelum sobat sarapan akan membantu melarutkan batu yang terbentuk pada ginjal dan mendorongnya keluar lewat air seni.

  1. Manfaat lobak putih untuk mengobati jamur

Lobak diketahui bisa membunuh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di dalam tubuh. Dengan adanya enzim – enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases dapat berguna untuk membunuh jamur – jamur yang pertumbuhannya berlebihan. Selain untuk membunuh jamur pada tubuh, enzim – enzim tersebut juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat – zat berbahaya, virus – virus, dan juga parasite – parasite yang ada di dalam tubuh secara efektif.

  1. Manfaat lobak putih untuk mengobati penyakit kuning

Bagi sobat yang menderita penyakit kuning, lobak putih bisa bemanfaat untuk mengobati penyakit kuning. Kandungan di dalam lobak putih akan menlenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan. Penyakit kuning yang akan menyerang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh, dan lobak putih dapat memperbaiki ketidaknormalan ini dengan oksigen yang dibawa oleh zat – zat yang terdapat di dalam lobak putih. Selain umbinya, daun juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning.

  1. Manfaat lobak putih untuk menyembuhkan liver

Beberapa penelitian menunjukan bahwa lobak putih membantu penyembuhan masalah yang terjadi pada liver. Lobak putih dapat membantu menjaga kenormalan fungsi dari liver. Kandungan di dalam lobak putih dapat mendetoksifikasi liver dan juga bermanfaat mengatur empedu dan bilirubin. Lobak putih bisa membantu pelepasan enzim – enzim yang nantinya akan membantu mencegah liver dari serangan infeksi yang mungkin terjadi serta membantu mengobati luka ataupun bengkak yang terdapat pada liver.

  1. Manfaat lobak putih untuk ambeien

Ambeien merupakan sebuah penyakit yang sangat mengganggu. Lobak putih bisa menjadi alternative pengobatan untuk menyembuhkan ambeien. Di dalam lobak putih, mengandung banyak zat yang bersifat tidak mudah dicerna. Zat – zat ini akan memfasilitasi sistem pencernaan dan menahan air serta mengobati sembelit. Penyakit ambeien faktor penyebab utamanya adalah sembelit. Jika sembelit sudah teratasi, ambeien akan mereda dan selanjutnya bisa sembuh. Lobak putih dapat menjadi detoksifikasi yang sangat baik. Hal ini sangat baik guna membantu proses pencernaan. Jika sobat menderita penyakit ambeien, minumlah jus lobak putih dua kali dalam satu hari agar ambeien dapat reda dengan segera dan pencernaan pun menjadi lancar.

Baca Juga  7 MANFAAT VITAMIN B12 BAGI TUBUH
  1. Manfaat lobak putih untuk meredakan masalah buang air kecil

Lobak putih yang secara alamiah mengandung banyak air akan membantu memperbanyak produksi air seni. Jika sobat sedang mengalami  masalah buang air kecil, lobak putih dapat berfungsi sebagai obat alami untuk menyembuhkan masalah buang air kecil tersebut. Di samping itu, lobak juga akan membantu menyembuhkan peradangan dan perasaan sakit yang mungkin dialami ketika buang air kecil. Lobak putih juga akan membantu membersihkan ginjal dan organ-organ lainnya yang berkaitan dengan sistem pengeluaran khususnya urin.

  1. Manfaat lobak putih untuk membantu pengobatan kanker

Lobak putih ternyata juga bisa membantu pengobatan pada penyakit kanker. Vitamin C, asam folic, dan anthocyanins akan mendetoksifikasi radikal – radikal bebas dan membantu efektifitas berbagai treatment dalam upaya penyembuhan kanker. Kanker – kanker seperti kanker usus, kanker perut dan kanker ginjal dapat dapat diredakan dengan konsumsi jus lobak putih.

  1. Manfaat lobak putih untuk penawar racun

Manfaat lobak putih untuk menawarkan racun sudah tidak diragukan khasiatnya. Dulu lobak ini digunakan untuk penawar racun bagi yang overdosis obat-obatan. Efek yang akan ditimbulkan adalah memuntahkan obat yang masuk di dalam tubuh sehingga tidak berdampak kronis.

  1. Manfaat lobak putih untuk mengobati eksim

Bagi sobat yang menderita penyakit eksim, menggunakan lobak putih akan sangat efektif untuk mengobati penyakit eksim. Caranya, sobat dapat menghaluskan lobak putih dengan dicampur sari jahe untuk memberi rasa.

  1. Manfaat lobak putih untuk menyembuhkan demam

Lobak putih dapat digunakan untuk meredakan demam. Lobak putih bisa menurunkan suhu tubuh serta menyembuhkan peradangan yang menjadi penyebab demam. Memanfaatkan lobak putih untuk mengobati demam ini bisa dengan dijus lalu dicampurkan garam secukupnya dan diminum.

  1. Manfaat lobak putih untuk menyembuhkan gigitan serangga

Zat – zat yang bersifat pruritis yang terkandung di dalam lobak putih akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan gigitan serangga seperti sengatan lebah atau tawon. Lobak putih akan membantu meredakan rasa sakit dan demam yang terjadi akibat gigitan serangga tersebut.

  1. Manfaat lobak putih untuk memulihkan kesehatan pada sistem pernafasan

Lobak akan membantu sobat menghilangkan penyumbatan yang terjadi pada hidung, tenggorokan hingga paru – paru. Di dalam lobak putih terdapat banyak kandungan vitamin dan juga zat desinfektan yang akan melindungi sistem pernafasan dari infeksi yang mungkin menyerang.

  1. Manfaat lobak putih untuk menyembuhkan leukoderma

Zat – zat yang bersifat mendetoksifikasi dan anti karsinogenik di dalam lobak putih akan membantu penyembuhan leukoderma. Dalam hal ini, biji lobak lah yang dapat sangat berguna dalam pengobatan leukoderma. Biji lobak terlebih dahulu harus dihaluskan lalu dicampur dengan cuka dan digunakan pada bagian kulit yang berwarna putih. Menggunakan lobak putih sebagai obat leukoderma juga bisa dengan cara dikonsumsi. Leukoderma akan disembuhkan dari dalam dengan proses detoksifikasi yang dapat dilakukan oleh kandungan yang ada di dalam lobak putih.

  1. Manfaat lobak putih untuk menjaga tulang akibat peradangan
Baca Juga  Manfaat Buah Lontar Yang Tak Hanya Menyegarkan

Asam urat jika sudah dalam tahap kondisi yang parah akan menyebabkan tulang mudah keropos terutama tulang disekitar persendian yang sering mengalami peradangan akibat asam urat. Lobak memiliki kandungan kalsium cukup tinggi sehingga bisa membantu untuk mengatasi adanya masalah pada tulang.

  1. Manfaat lobak putih untuk nyeri sendi

Karena lobak bisa membantu mengeluarkan purin dalam tubuh lewat urin. Maka rasa nyeri akibat penumpukan zat asam urat dalam persendian sedikit demi sedikit akan berkurang jika mengkonsumsi lobak dengan rutin.

  1. Manfaat lobat putih untuk membantu pertumbuhan gigi

Lobak putih juga bisa membantu masa pertumbuhan anak. Jika konsumsi jus lobak dengan rutin maka akan membantu untuk menumbuhkan gigi pada anak.

  1. Manfaat lobak putih untuk mencegah dehidrasi

Lobak putih adalah sayuran yang kaya akan kandungan air nya. Sama seperti halnya pada buah semangka, lobak bisa mengatasi kurangnya cairan dalam tubuh.  Sobat bisa mengkonsumsi lobak dalam bentuk jus.

  • Manfaat Lobak Untuk Kecantikan

  1. Manfaat lobak putih untuk mencegah kulit kering

Lobat putih mengandung banyak air yang mampu untuk menjaga kelembaban pada kulit sobat. Sehingga kulit pecah, bersisik serta mengelupas bisa cepat teratasi. Dan lobak putih ini sangat baik untuk mengembalikan kesehatan kulit dengan mengangkat kotoran yang menempel pada kulit sobat.

  1. Manfaat lobak putih untuk mengurangi jerawat pada wajah

Kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks sangat berguna untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Serta nutrisi lain seperti vitamin E yang dapat menjaga kulit wajah tetap bersih dan bersinar.

  1. Manfaat lobak putih untuk menurunkan berat badan

Jika sobat sedang menjalankan program diet, lobak putih dapat membantu mengecilkan perut buncit dan mempercepat menurunkan berat badan. Karena dengan sobat mengkonsumsi jus lobak, perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga mampu mengurangi asupan makanan yang menjadi pemicu kegemukan.

  1. Manfaat lobak putih untuk menghilangkan ketombe

Cara menggunkannya cukup dengan menghaluskan lobak putih kemudian oleskan pada area kulit kepala dan seluruh rambut secara merata, diamkan sejenak sebelum dibilas.

Itulah pembahasan mengenai  manfaat lobak putih untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat sobat ketahui. sobat bisa menjadikan lobak sebagai menu sayuran pendamping sehari-hari, atau menjadikannya jus yang menyegarkan agar bisa dikonsumsi. Atau sobat juga bisa membuat masker untuk wajah dari lobak agar menjaga kesehatan kulit wajah.