Manfaat Minyak Zaitun Untuk Jerawat Serta Kesehatan Kulit

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Jerawat – alam semesta ini diciptakan dari berbagai macam makhluk hidup yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, salah satunya adalah tumbuhan. Tumbuhan memiliki peran yang sangat penting di dunia ini karena selain menghasilkan oksigen yang setiap harinya dibutuhkan manusia untuk bernafas tumbuhan juga dapat menjadi sumber makanan, bahan pembuatan rumah, bahan seni hingga sebagai bahan obat-obatan.

Minyak Zaitun

Sejak dulu kala manusia telah mengenal salah satu jenis tumbuhan yang memiliki khasiat luar biasa bagi peradaban manusia sejak dulu hingga sekarang, tanaman tersebut adalah pohon zaitun. Pohon yang dapat berumur hingga ribuan tahun ini memiliki buah yang dapat dimakan langsung maupun diekstrak hingga menjadi minyak yang disebut minyak zaitun. Asal dari tanaman ini diperkirakan dari daerah cekungan di dataran Mediterania dan memiliki siklus pertumbuhan yang lambat oleh karena itu harga jual dari minyak zaitun cukup mahal.

Minyak zaitun atau yang juga dikenal dengan sebutan olive oil ini memiliki khasiat yang cukup banyak bagi tubuh manusia mulai dari kesehatan rambut, kesehatan kulit atau kesehatan organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia, oleh karena itu banyak produk kesehatan maupun kecantikan yang menggunakan minyak aitun sebagai salah satu komposisi penyusun di dalamnya. Beberapa jenis zat yang terkandungan di dalam minyak zaitun yaitu seperti omega 6 dan omega 9 yang tergolong dalam asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam perkembangannnya minyak zaitun dapat dibagi menjadi tiga yaitu minyak zaitun 100% murni (extra virgin), minyak zaitun murni dn minyak zaitun hasil dari sulingan. Dari ketiga jenis minyak zaitun tersebut memiliki khasiat dan cara penggunaan yang berbeda-beda, untuk minyak zaitun extra virgin lebih baik dikonsumsi secara langsung atau campuran makanan dan tidak cocok jika digunakan untuk menggoreng. Sementara minyak zaitun murni dapat digunakan untuk menumis maupun untuk campuran makanan dan jenis minyak zaitun sulingan lebih bagus digunakan sebagai campuran makanan, menumis atau dikonsumsi secara langsung dan tidak dianjurkan digunakan untuk menggoreng.

Baca Juga  Manfaat Air Hangat Untuk Wajah Dalam Mengatasi berbagai Masalah Kulit

Cara Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Menghilangkan Jerawat

Sebagai salah satu bahan yang sangat berguna minyak zaitun ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami orang-orang terutama remaja adalah jerawat, minyak zaitun ini selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan dapur juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Nah berikut ini terdapat beberapa tips menghilangkan jerawat yang dapat anda terapkan dengan mudah

  1. Lakukan pemijatan seluruh bagian wajah sehari sekali menggunakan minyak zaitun secara lembut dan perlahan kemudian biarkan selama 20 menit dan terakhir bilas dengan kain yang dihangatkan
  2. Memanfaatkan uap dengan cara campurkan sekitar 40 ml minyak zaitun dengan air kemudian rebus sampai mendidih kemudian anda tinggal menikmati uap yang didapatkan dari hasil merebusnya tadi
  3. Scrubing, campurkan minyak aitun dengan garam atau baking soda sekitar 2 sdm kemudian aduk secara merata hingga terbentuk seperti pasta kemudian oleskan pada seluruh bagian wajah secara merata.
  4. Selain itu anda juga bisa menggunakan minyak zaitun dengan sangat mudah dan tanpa campuran apapun, caranya basuh terlebih dahulu seluruh bagian wajah dengan kain hangat kemudian oleskan minyak zaitun secara tipis menggunakan kapas dan diamkan sekitar 10 menit kemudian bilas menggunakan air dingin

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Jerawat Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

  1. Minyak Zaitun Memiliki Sifat Antioksidan

Polifenol merupakan zat antioksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun, polifenol ini sangat berguna untuk menjaga kadar air dalam kulit sehingga kulit terasa tetap lembab kemudian yang paling penting sebagaimana diketahui bahwa antioksidan sangat berguna untuk menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh sehingga kulit dapat terhindar dari infeksi termasuk juga jerawat.

  1. Minyak Zaitun Memiliki Sifat Antibakteri
Baca Juga  Manfaat Obat Batuk Yang Bagus Dan Terbukti Manjur Untuk Anak Dan Orang Dewasa

Manfaat minyak zaitun untuk jerawat lainnya yaitu mampu membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat memicu pertumbuhan jerawat. Oleh karena itu selain berguna untuk menghilangkan jerawat dan memudarkan flek akibat bekas jerawat minyak zaitun juga dapat mencegah munculnya jerawat.

  1. Minyak Zaitun Memiliki Sifat Antiinflamasi

Antiinflamasi merupakan salah satu sifat minyak zaitun yang dapat menyembuhkan dan mencegah timbulnya peradangan. Dengan sifat antiinflamasi ini maka minyak zaitun dapat menyembuhkan dan menghilangkan jerawat dengan lebih cepat

  1. Noncomedogenic

Dan manfaat minyak zaitun untuk jerawat yang terakhir yaitu mampu menghilangkan noda-noda membandel seperti jerawat pada kulit wajah ini karena minyak zaitun mampu masuk dan meresap ke dalam pori-pori kulit secara baik selain itu sifatnya yang tak menutup dan menyumbat pori-pori kulit membuat minyak zaitun sebagai salah satu bahan favorit yang digunakan kebanyakan orang untuk menghilangkan jerawat.