Manfaat Obat Batuk Yang Bagus Dan Terbukti Manjur Untuk Anak Dan Orang Dewasa

Mengenal Jenis Dan Penyebab Batuk

Sebelum mengetahui obat batuk yang bagus dan masuk ke dalam proses penyembuhan sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja yang dapat menyebabkan batuk dan jenis batuk apa yang diderita yang nantinya akan berguna dalam proses penyembuhan karena tidak akan ada gunanya jika mengobati batuk yang tidak diketahui jenisnya atau sudah memilih obat yang tepat namun penyebab-penyebabnya tidak dijauhi. Ditinjau secara umum batuk dibedakan menjadi dua yaitu

manfaat obat batuk

  1. Batuk berdahak (batuk produktif)

Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang disertai dengan adanya dahak yang berasal dari dalam tubuh. Jika beberapa orang biasanya menekan atau menahan ketika akan batuk maka untuk jenis batuk ini tidak disarankan untuk menahannya. Hal ini karena dahak yang sebenarnya bisa dikeluarkan ketika batuk namun ditahan dapat mengganggu proses pernafasan atau mungkin dapat menyebabkan hal yang lebih buruk. Batuk berdahak ini dapat terjadi karena beberapa hal, berikut beberapa penyebab batuk berdahak

  1. Infeksi virus atau bakteri

Virus yang masuk dan menginfeksi tubuh dapat terjadi dari berbagai hal mulai dari udara, tempat yang kotor, interaksi dengan seseorang yang terjangkit virus atau karena penyakit yang telah kita derita sebelumnya misalnya seperti commom cold. Seseorang yang menderita common cold yang disebabkan oleh virus biasanya juga akan disertai dengan batuk berdahak. Selain itu terinfeksinya organ pernafasan oleh bakteri juga dapat menyebabkan batuk berdahak dan menjadi pertanda terjangkitnya suatu penyakit seperti TBC, bronchitis, pneumonia dan sinisitis.Kondisi daya tahan tubuh seseorang yang lemah akan semakin mempermudah virus atau bakteri masuk dan menginfeksi tubuh kita

  1. Masalah pernafasan yang tak kunjung sembuh

Chronic obstructive pulmonary disease (COPD)  atau penyakit paru-paru yang telah diderita selama bertahun-tahun dan tak kunjung sembuh juga menjadi penyebab munculnya batuk berdahak. Apabila telah mengalami hal semacam ini maka tidak dapat memilih obat secara sembarangan karena perlu rekomendasi atau resep dari dokter untuk mengatasinya.

  1. Pilek atau flu
Baca Juga  Manfaat Baking Soda Untuk Wajah Agar Semakin Cantik Natural

Seseorang yang mengalami pilek atau flu dalam waktu yang cukup lama biasanya juga akan disertai dengan batuk berdahak. Hal tersebut dapat terjadi karena virus yang menginfeksi di hidung menyebar ke bagian pernafasan lainnya atau cairan yang ada di hidung turun ke kerongkongan hingga akhirnya menginfeksi kerongkongan dan menimbulkan batuk berdahak.

  1. Rokok

Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok atau yang secara tidak sengaja menghirup asap rokok dapat memicu timbulnya batuk berdahak karena nikotin atau asap rokok yang masuk ke dalam saluran pernafasan akan memicu timbulnya lendir di beberapa titik hingga akhirnya mengakibatkan batuk berdahak.

  1. GERD

Kondisi dimana asam lambung yang naik ke tenggorokan secara perlahan juga dapat memicu batuk berdahak. Kondisi semacam ini biasanya terjadi ketika seseorang tidur, oleh sebab itulah mengapa seseorang terkadang terbangun di malam hari dan merasakan tenggorokannya gatal hingga menimbulkan batuk berdahak

  1. Batuk tidak berdahak (Batuk non produktif)

 

  1. Virus

Virus yang masuk dan menginfeksi tubuh dapat terjadi dari berbagai hal mulai dari udara, tempat yang kotor, interaksi dengan seseorang yang terjangkit virus atau karena penyakit yang telah kita derita sebelumnya. Kondisi daya tahan tubuh seseorang yang lemah akan semakin mempermudah virus atau bakteri masuk dan menginfeksi tubuh kita.

  1. Alergi

Alergi terhadap sesuatu terutama terhadap kondisi lingkungan seperti debu, asap kendaraan, asap rokok atau polusi udara juga dapat mengakibatkan batuk tidak berdahak bahkan secara tiba-tiba

  1. Asma

Asma atau kesulitan bernapas yang dapat terjadi sewaktu-waktu juga akan semakin sering menyebabkan batuk tidak berdahak.

  1. Jenis obat-obatan tertentu

Kondisi seseorang yang tubuhnya kurang toleran terhadap jenis obat tertentu atau mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti ACE inhibitor yang sering digunakan untuk mengobati penyakit darah tinggi juga dapat menyebabkan batuk.

  1. Bronchospasme
Baca Juga  Keistimewaan Keunikan Dan Manfaat Kurma

Terjadinya penyempitan saluran pernapasan pada bronchus atau bronchospasme juga dapat memicu rasa gatal di tenggorokan hingga menimbulkan batuk secara tiba-tiba yang biasanya terjadi pada malam hari. Kondisi semacam ini biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa.

Obat Batuk Yang Bagus Menurut Konsumen Indonesia

  1. Actifed

Actifed merupakan jenis obat yang sangat multiguna karena selain mampu meredakan batuk kering actifed ini juga mampu mengatasi berbagai masalah pernafasan lainnya seperti pilek, hidung tersumbat, flu, melegakan tenggorokan hingga mengatasi alergi.  Actifed dibuat dari 3 bahan utama yaitu tripolidine HCl, pseudeophedrine dan destrometrhorphan.

  1. Formula 44

Obat batuk yang bagus selanjutnya ialah vikcs formula 44 yang telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Keunggulan dari obat batuk formula 44 ini ialah tersedia dalam berbagai varian berdasarkan usia konsumennya dan jenis batuknya. Secara garis besar formula 44 ini mengandung 2 bahan utama yaitu dextrometrhorphan HBr dan guaifenesin.

  1. Woods

Obat batuk woods diproduksi oleh PT Kalbe Farma membuat obat ini dipercaya memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi batuk. Woods tersedia dalam dua varian yaitu Woods Peppermint Antitussive untuk batuk tidak berdahak dan Woods Peppermint Expectorant. Dalam kedua varian tersebut semuanya mengandung dua bahan utama yaitu dextrometrhorphan dan diphenhidramine

  1. Triaminic expectorant

Obat batuk jenis Triaminic expectorant ini masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat karena obat ini masih belum dijual bebas hanya toko tertentu dan apotek saja yang menyediakan obat ini, namun untuk khasiatnya tidak diragukan lagi obat ini mampu mengatasi gejala batuk dengan cepat.

  1. OBH Combi

Obat batuk yang bagus selanjutnya ialah OBH Combi yang tersedia dalam beberapa varian. Rasanya yang enak dan khasiatnya yang terbukti membuat tak sedikit orang yang memilih menggunakan OBH Combi untuk mengatasi batuk-batuk.

Baca Juga  Manfaat Sarang Walet Sebagai Air Liur Serbaguna Yang Sangat Berkhasiat

Obat Batuk Alami Yang Bagus Dan Terbukti Ampuh

  1. Ramuan jeruk nipis dan kecap

Menurut survei yang dilakukan salah satu majalah elektronik di Indonesia, obat tradisional yang paling banyak direkomendasikan orang-orang dan terbukti ampuh untuk mengatasi batuk ialah ramuan dari jeruk nipis dan kecap. Anda tinggal memeras jeruk nipis secukupnya kemudian tambahkan sedikit air panas dan kecap, aduklah hingga merata dan segera minum ketika hangat.

  1. Jahe

Bumbu dapur yang satu ini bisa dibilang bumbu dapur serbaguna yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan termasuk batuk. Sifatnya yang mampu menghangatkan tubuh membuat jahe juga dapat membantu untuk melegakan tenggorokan serta meredakan batuk

  1. Kencur

Kencur menjadi alternatif selanjutnya sebagai obat batuk yang bagus dan cepat meredakan batuk karena berasal dari bahan herbal membuat kencur aman dikonsumsi sebagai obat batuk. Anda dapat mengolah kencur menjadi berbagai olahan atau mengunyahnya secara langsung

  1. Daun saga

Walaupun jenis daun ini sulit ditemukan karena hanya tumbuh di beberapa wilayah saja namun juga cukup banyak orang yang merekomendasikan daun saga ini sebagai obat alami yang bagus untuk mengatasi batuk dan berbagai macam gangguan pernafasan.