Manfaat Tempe Yang Sangat Menakjubkan

Tempe merupakan jenis makanan yang dapat diperoleh dari hasil pengolahan biji kedelai dengan cara difermentasikan selama beberapa hari. Dalam proses fermentasi biji kedelai tersebut diperlukan bantuan dari beberapa jenis bakteri yang termasuk dalam golongan Rhizopus sp seperti Rhizopus oligosporus, Rhizopus oryzae, Rhizopus stolonifer dan Rhizopus arrhizus. Selain berguna untuk memampatkan dan menempelkan antara satu biji kedelai dengan biji kedelai yang lain, kapang yang mulai tumbuh dari proses fermentasi tersebut juga berguna untuk menghidrolisis senyawa kompleks dan memecahnya menjadi senyawa yang lebih sederhana agar mudah dicerna oleh tubuh manusia.

Dalam setiap potong tempe ini memiliki nilai gizi yang sangat mirip seperti kedelai pada umumnya karena bahan utama tempe adalah tempe tanpa ada campuran bahan lain. Namun yang membedakan tempe dengan kedelai yaitu dari proses pencernaannya di dalam tubuh. Tempe yang telah dicampur denganragi atau kapang memiliki struktur senyawa yang lebih sederhana dibandingkan dengan kedelai. Dengan begitu maka tempe akan lebih mudah dan cepat dicerna tubuh dan diserap kandungan gizinya yang berguna bagi tubuh.

Tempe yang sering kita konsumsi setiap hari tersebut merupakan makanan asli Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Menjadi asal munculnya tempe membuat Indonesia menjadi produsen tempe nomer 1 di dunia hingga akhirnya berpengaruh pada pasar kedelai asia karena membuat Indonesia sebagai pasar kedelai dengan aktifitas teramai di Asia.

Manfaat Tempe Yang Tidak Disadari Oleh Banyak Orang

  1. Tempe yang sering dianggap remeh oleh kebanyakan orang ini ternyata memiliki khasiat yang cukup mencenangkan seperti yang dinyatakan dari hasil penelitian sekitar tahun 1950 an menyimpulkan bahwa tawanan perang dunia kedua dapat tetap hidup dan terhindar dari busung lapar, kelaparan hingga disentri yaitu karena mengonsumsi tempe secara rutin setiap hari
  2. Tempe yang bisa kita peroleh dengan harga yang murah tersebut ternyata menyimpan begitu banyak khasiat bagi tubuh baik untuk mencegah agar terhindar dari berbagai jenis penyakit ataupun untuk membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Beberapa zat yang dimiliki oleh tempe ialah zat antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dariradikal bebas yang berbahaya bagi tubuh atau mencegah jenis penyakit degeneratif seperti jantung koroner, kanker, diabetes mellitus, aterosklerosis dan lain sebagainya.
  3. Tak hanya itu saja, tempe juga berperan sebagai antibakteri yang berguna untuk melawan bakteri serta mengatasi beberapa jenis penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, mengatasi diare, mengurangi pembentukan senyawa raffinosa dan stakiosa yaitu suatu senyawa yang dapat menyebabkan perut menjadi kembung, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengatasi tekanan darah tinggi serta memperbaiki gizi bagi penderita gizi buruk.
  4. Dalam sebuah hasil penelitian membuktikan bahw kandungan kalsium yang ada di dalam tempe ini setara dengan kalsium yang ada pada susu sapi. Dengan begitu maka saat ini tempe berguna sebagai salah satu sumber kalsium di dunia yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  5. Manfaat tempe lainnya yaitu berguna untuk menghambat penuaan bukan hanya pada kulit namun hampir seluruh bagian tubuh yang bisa mengalami penuaan. Hal ini karena di dalam tempe ditemukan sebuah kandungan unik yang bernama superoksida dismutase, kandungan inilah yang diindikasikan dapat menghambat tejadinya penuaan dan menghambat terjadinya kerusakan pada sel tubuh.
  6. Asam folat biasanya ditemukan pada produk khusus bagi ibu hamil. Bagi anda yang ingin mendapatkan asupan asam folat yang cukup dapat mengonsumsi tempe sebagai makanan alternatif yang sangat berguna bagi pertumbuhan serrta perkembangan embrio atau janin di dalam rahim.
  7. Manfaat tempe yang terakhir yaitu dapat mencegah beberapa jenis penyakit kanker yang mematikan seperti kanker payudara dan kanker prostat.
Baca Juga  5 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Fakta Menarik Mengenai Manfaat Tempe

Jangan pernah menilai  sebuah buku dari covernya, itulah mungkin pribahasa yang bagi makanan asli indonesia ini karena selain khasiat tempe yang sudah diakui dunia makanan olahan kedelai ini juga memiliki fakta fakta unik dan menarik yang masih berhubungan akan khasiatnya yang dimiliki untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik terhadap manfaat tempe.

  1. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Florida State Univercity oleh Whitney Graduate Research Fund manjelaskan bahwa setiap 100 gram tempe yang mengandung vitamin B 12 0.2 mg setara dengan vitamin B 12 yang terdapat pada ¼ kg dada ayam.
  2. Tempe sebagai salah satu makanan asli Indonesia yang dideklarasikan langsung oleh Balai Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Republik Indonesia untuk dikonsumsi secara massal oleh penduduk indonesia karena nilai gizinya yang sangat tinggi.
  3. Di luar negri tempe ini dijuluki sebagai magic food atau makanan ajaib karena kandungan nutrisinya yang lengkap dan khasiatnya yang sangat baik bagi tubuh.
  4. Tempe sempat menjadi pembahasan utama dalam konferensi tingkat international salah satunya adalah Konferensi International Tempe Dan Produk Terkait yang diadakan pada tahun 2015. Dalam konferensi tersebut salah satu poin yang diperoleh yaitu tempe berguna untuk bayi yang berusia lebih dari 6 bulan sebagai makanan pendamping ASI karena sifatnya yang mudah dicerena di dalam organ pencernaan.
  5. Tempe sudah ada sejak lebih dari 300 tahun yang lalu atau sekitar awal abad 17 dan daerah penghasil tempe yang pertama adalah daerah bayat yang berada di kota Klaten jawa tengah.
  6. Prof. Made Astawan sebagai ketua Forum Tempe Indonesia mengatakan bahwa tempe sudah dikenal hampir oleh seluruh orang di dunia dengan ekspansi yang dilakukan oleh pengrajin tempe. Selain itu tempe juga mudah diterima di tempat-tempat yang baru
  7. Rustono merupakan salah seorang pengrajin tempe sukses asal Indonesia yang memproduksi tempe di Jepang hingga dijuluki sebagai Raja Tempe karena mampu menghasilkan keuntungan ratusan atau mungkin milyaran rupiah dari usahanya tersebut.
  8. Makanan asli indonesia ini sudah disejajarkan dengan makanan probiotik kelas dunia yang telah dikenal terlebih dahulu seperti kefir, miso, natto dan lain sebagainya
  9. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University North Carolina di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa di dalam tempe terdapat senyawa fitoestrogen dan genestein yang berguna untuk mencegah munculnya kanker prostat maupun kanker payudara
  10. Sebuah penelitian tentang kandungan tempe ini juga pernah dilakukakan pada tahun 1994 oleh Kazuyoshi Okubo et al ia mengungkapkan bahwa tempe sebagai olahan kedelai memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi atau penyakit menular seksual seperti HIV AIDS.
  11. Selain itu tempe yang sering dijadikan sebagai lauk ini ternyata memiliki sifat unik yang tak semua orang tahu, sifat unik dari tempe tersebut yaitu mampu menambah nilai gizi makanan lainnya yang dicampur bersama dengan tempe misalnya seperti nasi tiwul, nasi jagung atau nasi putih akan mengalami peningkatan nilai gizi apabila ditambahkan dengan tempe ketika mengonsumsinya.
Baca Juga  13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Dan Kesehatan Tubuh