Pembahasan Lengkap Mengenai Manfaat Bioplacenta

Kulit merupakan bagian terluar dari struktur jaringan tubuh manusia yang dapat mengalami perubahan akibat cuaca, iklim maupun luka. Luka yang terdapat pada kulit dapat diakibatkan oleh berbagai hal namun masalah yang sering timbul ketika terjadi luka pada kulit adalah proses penyembuhan yang terkadang lama atau bahkan menyisahkan bekas luka yang tak bisa hilang dan kembali normal seperti semula sehingga mengurangi kecantikan kulit terutama bagi para wanita. Nah untuk mengatasi masalah tersebut Bioplacenta hadir untuk mengatasi berbagai masalah iritasi, luka dan masalah kulit lainnya.

manfaat bioplacenta

Mengenal Kandungan Manfaat Dan Dosis Aman Bioplacenta

Telah dikenal luas di seluruh indonesia, Bioplasenta telah cukup lama menjadi salah satu pilihan utama bagi masyarakat indonesia dalam mengatasi berbagai jenis masalah kulit. Diproduksi oleh pabrik farmasi terbesar di indonesia yaitu Kalbe Farma Bioplacenta ini dibuat dari bahan khusus yang berkualitas. Selain itu salah satu keunggulan lain yang dimiliki Bioplacenta yaitu diproses oleh teknologi modern dengan alat-alat canggih yang dijamin bersih dan aman untuk dikonsumsi. Bioplacenta merupakan obat luka berbentuk gel atau yang sering kita sebut cream dengan kemasan tube kecil seberat 15gr.

Walaupun memiliki bentuk yang kecil namun Bioplacenta ini memiliki khasiat yang cukup luar biasa, hal ini tak lain karena kandungan yang ada di dalam Bioplacenta tersebut. Di dalam setiap kemasan Bioplacenta memiliki beberapa kandungan bahan pilihan dengan kandungan utama yaitu

  • Ekstrak plasenta sebanyak 10%

Ekstrak plasenta berasal dari plasenta yang merupakan bagian penting dalam proses kehamilan karena plasenta merupakan penghubung antara ibu dan bakal bayi. Plasenta ini sebagai media penyaluran nutrisi serta oksigen dari ibu ke janin dan pengeluaran hasil sisa metabolisme dari janin ke ibunya. Karena pentingnya bagian ini maka banyak para ilmuwan yang mengembangkan penelitian mengenai plasenta tersebut hingga menghasilkan beberapa fakta bahwa plasenta dapat membantu mempercepat dalam proses penyembuhan luka dan mengurangi gejala menopause. Dengan demikian maka tak heran jika plasenta menjadi salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan produk obat-obatan maupun dalam produk kecantikan bahkan makanan. Dalam dunia medis plasenta dapat membantu mempercepat proses pembentukan jaringan yang baru yaitu dengan cara meningkatkan TGF-beta atau faktor pertumbuhan beta untuk proses awal penutupan luka dan meningkatkan endotel vaskular atau VEGF pada proses akhir penyembuhan luka.

  • Neomycin sulface sebanyak 0,5%.

Bahan utama lain yang terdapat ddi dalam Bioplacenta ialah Neomycin sulface yang merupakan sejenis antibiotik dari golongan aminoglikosida. Antibiotik aminoglikosida ini sangat berguna untuk menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh bakteri . selain itu neomycin sulfatnya itu sendiri memiliki mekanisme yang cukup unik yaitu mengacaukan proses pembacaan ribosom atau t-RNA bakteri yang didahului dengan pengikatan subunit ribosom 30S sehingga pertumbuhan bahkan perkembangbiakan bakteri tersebut dapat dicegah secara efektif. Neomycin ini lebih mudah bekerja dalam bentuk gel (cream) dalam dunia kesehatan. Dengan bentuk berupa cream ini Bioplacenta sangat mudah digunakan setiap saat pertama anda perlu membersihkan area kulit yang terluka terlebih dulu kemudian goleskan Bioplacenta sebanyak 3 sampai 6 kali sehari pada area kulit yang mengalami masalah. Oleskan Bioplacenta secara tipis, lembut serta merata.

Baca Juga  17 Manfaat Jovem Gluberry Yang Wajib Anda Tahu

Indikasi Kegunaan Dan Manfaat Bioplacenta Bagi Kulit

Sebagai obat yang bersifat antibiotik Bioplacenta memiliki beberapa kegunaan utama yang diantaranya yaitu untuk

  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka bakar
  2. Mengatasi masalah infeksi akibat infeksi bakteri atau jamur
  3. Membantu mengatasi menghilangkan bekas luka atau operasi
  4. Membantu mengatasi masalah iritasi pada kulit
  5. Mengatasi gatal atau borok
  6. Ulkus debukistus
  7. Furunkolosis
  8. Impertigo
  9. Eksim pioderma

Selain berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit Bioplacenta juga dipercaya memiliki khasiat dalam dunia kecantikan karena Bioplacenta mampu mencegah timbulnya berbagai masalah kulit wajah seperti kulit berminyak, kering, noda hitam atau flek akibat radikal bebas dan sinar matahari yang berlebih. Bioplacenta akan mengangkat sel-sel kulit yang mati serta memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak dengan membentuk jaringan baru dengan begitu maka jerawat dapat dicegah dengan menggunakan Bioplacenta.

Manfaat Bioplacenta yang lain dalam dunia kecantikan yaitu mampu membersihkan permukaan kulit dari kuman, bakteri dan jamur yang dapat merusak jaringan kulit, membantu dalam proses regenerasi sel kulit memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit agar kulit tetap nampak segar, sehat dan awet muda. Walaupun cukup banyak khasiat yang dimiliki oleh Bioplacenta dalam dunia kecantikan namun tetap perlu diperhatikan karena pada dasarnya Bioplacenta ini adalah obat dan bukan cream kecantikan oleh karena sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter spesialis sebelum menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

 Kontraindikasi Dan Catatan Dibalik Manfaat Bioplacenta

Dalam penggunaan jenis obat-obatan kita perlu memperhatikan beberapa aspek mulai dari kandungan, cara pemakaian hingga kontraindikasi. Untuk Bioplacenta sendiri memiliki beberapa indikasi yang perlu untuk anda perhatikan sebelum menggunakannya, diantaranya yaitu

  • Tidak disarankan untuk seseorang yang memiliki sensitifitas kulit yang cukup tinggi karena dikhawatirkan dapat menimbulkan reaksi-reaksi yang dapat merugikan penggunanya
  • Tidak disarankan untuk seseorang yang alergi terhadap salah satu bahan yang terkandung dalam Bioplacenta baik dari ekstrak plasenta maupun neomycin sulface
  • Tidak disarankan digunakan untuk bayi yang baru saja lahir atau bayi yang mengalami premature
  • Bagi beberapa penderita penyakit tertentu seperti herpes, dermatitis, TB varicella juga disarankan untuk tidak menggunakan atau menghindari penggunaan Bioplacenta.
  • Penggunaan Bioplacenta juga tidak disarankan digunakan oleh wanita yang sedang hamil karena dikhawatirkan dapat mengganggu proses tumbuh kembang sang janin. Bahkan salah satu lembaga pengawas obat-obatan dan makanan yang terkemuka dari Amerika (FDA) telah melakukan pengamatan dan menghasilkan sebuah bukti nyata bahwa Bioplacenta memang tidak baik bagi ibu hamil karena resiko lebih besar daripada manfaat yang diperoleh.
Baca Juga  8 Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan

Selain kontraindikasi dan manfaat Bioplacenta yang dapat kita peroleh beberapa orang mungkin juga akan merasakan efek samping setelah penggunaan Bioplacenta ini. Efek samping Bioplacenta yang pertama ialah terjadinya infeksi sekunder yang diakibatkan oleh penggunaan dalam jangka waktu yang terlalu lama atau dalam jumlah yang terlalu banyak. Efek samping lainnya yang mungkin terjadi oleh beberapa orang tertentu yaitu mengalami memar, kulit merah atau efek lainnya setelah penggunaan Bioplacenta. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor misalnya jenis kulit yang tidak cocok, jenis kulit yang sensitif dan lain sebagainya. Jika terjadi beberapa efek yang merugikan seperti di atas maka segera hentikan penggunaan Bioplacenta.

Terdapat pula beberapa hal yang perlu untuk anda perhatikan ketika menggunakan obat-obatan yang berupa cream seperti Bioplasenta jangan sampai menggunakannya di daerah yang bukan semestinya seperti di area mata, penggunaan antibiotik yang kurang tepat malah justru dapat menimbulkan infeksi lain yang berasal dari jamur dan jika terjadi hal semacam ini maka harus segera diatasi oleh dokter spesialis atau orang yang ahli dalam bidangnya.