Penjelasan Kandungan Serta Manfaat Mecobalamin

Defisiensi vitamin merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan jenis vitamin tertentu yang dapat berakibat menganggu proses metabolisme tubuh. Oleh karena itulah setiap harinya kita perlu mengonsumsi makanan yang seimbang dan beragam untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya. Namun karena kondisi tertentu kita masih saja mengalami defisiensi vitamin padahal sudah mengonsumsi makanan yang beragam setiap harinya. Untuk mengatasi defisiensi vitamin maka muncullah suplemensuplemen kesehatan yang di dalamnya mengandung jenis vitamin tertentu dengan tingkat konsentrasi yang tinggi contohnya ialah Mecobalamin.

manfaat mecobalamin

Di era modern seperti saat ini segala hal ikut berkembang tak terkecuali dengan dunia kesehatan yang saat ini semakin banyak menyediakan berbagai jenis nutrisi sintetis seperti suplemen yang berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Mecobalamin merupakan salah satu dari sekian banyak suplemen yang mampu mengatasi defisiensi vitamin khususnya untuk vitamin B12 atau cobalamin. Dalam sistem metabolisme vitamin B12 memiliki peran yang cukup besar untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Tergabung ke dalam vitamin B kompleks vitamin B12 inilah yang memiliki susunan paling kompleks dan sulit ditemukan karena sangat jarang sekali terjadi secara biokimia. Padahal setiap metabolisme yang terjadi di dalam sel sangat memerlukan vitamin B12 untuk regulasi, sintesis DNA, sintesis asam lemak hingga dalam proses pembentukan energi. Oleh sebab itulah vitamin B ini banyak dibuat dalam berbagai bentuk di dunia farmasi seperti suplemen.

Uraian Singkat Tentang Kandungan Dan Manfaat Mecobalamin

Untuk mekanisme kerja Mecobalamin tergolong cukup unik, tergolong dalam jenis vitamin neurologis yang aktif vitamin B12 yang terkandung di dalam Mecobalamin mudah larut di dalam air sehingga sangat mudah untuk bereaksi. Salah satu fungsi dari senyawa ini ialah sebagai kofaktorenzim yang bernama methionin sintase. Enzim methionin sintase ini memiliki peran dalam menyalurkan sekumpulan methyl yang nantinya berguna untukmeregenerasi metionin yang berasal dari homosistein.

Baca Juga  Manfaat Obat Vertigo Alami Yang Mesti Anda Coba

Mecobalamin sendiri dipasarkan dalam 2 bentuk yaitu cair dan kapsul dengan dosis yang berbeda. Untuk kapsul memiliki dosis 250mcg dan 500mcg. Sementara untuk cairan tersedia dalam 500mcg. Nah jika ditinjau dari kandungan yang ada di dalamnya yaitu vitamin B12 maka Mecobalamin memiliki beberapa kegunaan sebagai berikut

  1. Mampu menjaga stamina karena vitamin B12 ikut berperan aktif dalam proses pembentukan energi dari karbohidrat menjadi zat gula yang akhirnya menjadi energi serta menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak cepat meras lelah dan mudah jatuh sakit
  2. Mengurangi resiko terserang berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dengan cara mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) dan berbagaii jenis kanker yang sangat berbahaya.
  3. Membantu memperlancar metabolisme tubuh dan sistem saraf sehingga seseorang tidak akan cepat penat dan stres dalam melakukan padatnya rutinitas setiap harinya.

Sementara itu jika ditinjau dari segi produknya sendiri Mecobalamin memiliki 3 manfaat utama bagi tubuh diantaranya yaitu

  1. Mecobalamin mampu menjadi sumber vitamin B12 yang diperlukan oleh tubuh sehingga tubuh akan terhindar dari defisiensi vitamin B12 yang dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan akibat kekurangan vitamin B12 seperti yang telah disebutkan di atas.
  2. Mecobalamin mampu mengatasi masalah kekurangan sel darah merah akibat kekurangan vitamin B12 atau dalam istilah medisnya anemiamegaloblastik
  3. Mecobalamin mampu mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada saraf seperti neuropati porifer yaitu kondisi dimana saraf mengalami kerusakan sehingga terasa nyeri.

Melihat cukup banyak dan pentingnya manfaat Mecobalamin yang mengandung sintetis vitamin B12 membuat Mecobalamin menjadi salah satu suplemen yang cukup mudah didapatkan di pasaran. Namun walaupun Mecobalamin mengandung vitamin B12 kita tetap harus memperhatikan cara pemakaiannya agar nantinya merasakan efek yang memuaskan dan tidak malah menimbulkan efek berbahaya yang justru dapat merugikan diri kita sendiri. Terlebih karena Mecobalamin ini merupakan suplemen yang terbuat dari bahan kimia yang akan sangat berbahaya apabila terlalu banyak atau terlalu sering kita mengonsumsinya.

Baca Juga  Manfaat Menelan Sperma Bagi Pria Dan Wanita

Petunjuk Pemakaian Dan KontraIndikasi Mecobalamin

  • Cara pemakaian yang paling aman yaitu ikuti petunjuk resep dokter, ahli kesehatan atau petunjuk pemakaian yang terdapat pada kemasan Mecobalamin
  • Mecobalamin dapat dikonsum baik sesudah maupun sebelum makan kemudian disarankan untuk minum air putih yang cukup karena Mecobalamin ini mudah larut dalam air sehingga mudah diserap oleh tubuh.
  • Konsumsi Mecobalamin secara teratur dan pada rentan waktu yang sama setiap harinya untuk memperoleh khasiat yang maksimal
  • Segera konsumsi Mecobalamin apabila lupa atau telah melewati waktu minum namun dengan catatan waktu untuk dosis selanjutnya masih lebih dari 4 jam.

Sementara itu untuk anak-anak, ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui yang ingin mengonsumsi Mecobalamin disarankan untuk berkonsultasi kepada ahli kesehatan terlebih dahulu karena setiap usia memiliki takaran maksimal dan minimal yang tidak sama. Jika ingin menggunakan Mecobalamin untuk mengatasi masalah kesehatan dosis yang diberikanpun juga akan berbeda, untuk mengatasi defisiensi vitamin B12 disarankan untuk mengonsumsi sekitar 300 – 1000 mcg / hari, untuk mengatasi anemia megaloblastik disarankan untuk mengonsumsi 500 mcg / hari 3 kali sehari dan untuk mengatasi neuropati porifer disarankan mengonsumsi 500 mcg / hari 3 kali sehari. Namun untuk lebih amannya silahkan anda konsultasikan dosisnya kepada dokter.

Sebelum mengonsumsi Mecobalamin anda juga perlu memperhatikan kontraindikasi maupun efek samping yang mungkin bisa saja terjadi setelah anda mengonsumsi Mecobalamin sehingga anda tidak akan panik jika terjadi beberapa efek samping seperti berikut yang menandakan bahwa suplemen Mecobalamin telah bekerja di dalam tubuh anda.

  • Oral : terjadi gejala mual atau bahkan muntah-muntah, diare anoreksia
  • Parenteral : terjadi gejala sakit kepala tubuh terasa panas, terasa seperti nyeri di area yang telah diinjeksi, mudah berkeringan, terjadi ruam pada kulit hingga anafilaktik yaitu reaksi yang sangat hebat dan berakibat sangat fatal namun kasus seperti ini sangat jarang sekali terjadi.
Baca Juga  Manfaat Pisang Kepok Menurut Dunia Kedokteran

Untuk kontraindikasi dan beberapa catatan penting yang perlu anda perhatikan ketika ingin dan sedang mengonsumsi Mecobalamin ini. Walaupun vitamin B12 berguna untuk menjaga kesehatan jantung namun Mecobalamin tidak disarankan untuk seseorang yang sedang menderita penyakit jantung, hipertensi dan masalah paru-paru seperti sesak nafas. Kemudian segera hentikan mengonsumsi Mecobalamin apabila tidak ada perubahan atau justru kondisi semakin buruk. Bagi seseorang yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan sebaiknya juga berhati-hati dalam penggunaan Mecobalamin.

Anda juga perlu menghindari penggunaan Mecobalamin bersamaan dengan obat herbal maupun obat kesehatan lainnya yang dikhawatirkan dapat bereaksi dan merugikan penggunanya. Dan yang terakhir yang perlu diperhatikan walaupun Mecobalamin berisi atau mengandung vitamin yang diperlukan oleh tubuh tetap harus memperhatikan dosis yang dianjurkan okter atau yang tertera pada kemasan. Terlalu sering atau terlalu banyak mengonsumsi Mecobalamin dapat menimbulkan beberapa gejala seperti mual, muntah, sakit kepala hingga gejala sesak nafas