Rambut Sehat Dan Lebat Dengan Alami? Begini Caranya

    Rambut dikenal sebagai mahkota yang mampu meningkatkan penampilan pemiliknya. Rambut yang indah tentu akan mempercantik penampilan khususnya bagi kaum wanita. Bagi kaum wanita, keindahan rambut menjadi salah satu faktor peningkatan kepercayaan diri mereka. Oleh karenanya menjadi suatu hal yang wajar ketika Anda melihat banyak wanita yang rela menghabiskan uang serta waktu berjam-jam untuk pergi ke salon demi memperindah rambut. Ternyata pada kasus lainnya, tidak hanya wanita saja yang rela melakukan banyak hal untuk memperindah rambut. Memperhatikan penampilan rambut ternyata juga dilakukan oleh sebagian kaum lelaki.

Potongan rambut yang cocok tentunya dapat membuat penampilan semakin keren serta menarik perhatian para wanita. Lalu bagaimana dengan rambut yang kusut, rontok, bercabang, berketombe, bahkan parahnya berkutu? Tentu menjadi dilema tersendiri bagi pemiliknya. Sekarang, coba simak apa saja penyebab rambut yang rusak tersebut. Berikut beberapa alasan kerusakan rambut yang berhasil kami dapatkan dari berbagai sumber:

  • Faktor genetik

Ada saatnya ketika Anda tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak keindahan rambut tetapi rambut tetap saja rusak. Bahkan ada kalanya rambut beruban atau memutih padahal usia tergolong masih muda. Hal ini mungkin saja terjadi akibat adanya faktor genetik. Faktor genetik ini tentu saja terbawa sejak lahir.

  • Terkena paparan sinar matahari terlalu lama

Berada di bawah sinar matahari terlalu lama ternyata tidak baik bagi kesehatan rambut. Sinar matahari yang terlalu menyengat dapat menyebabkan rambut menjadi kusam, kering, dan rapuh.

  • Kekurangan nutrisi

Bagi yang melakukan diet untuk mengurangi berat badan, biasanya mereka mengurangi asupan makanan ke dalam tubuh. Hal ini ternyata dapat berakibat pada kesehatan rambut. Ketika makanan yang dimasukkan ke dalam tubuh memiliki nutrisi sedikit maka nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut menjadi tidak tercukupi. Dan hal inilah yang dapat menyebabkan rambut menjadi kurang sehat.

  • Penggunaan zat kimia dan panas yang berlebihan

Salah satu cara wanita untuk memperindah rambut biasanya dengan datang ke salon dan melakukan segala perawatan. Namun tahukah Anda bahwa perawatan seperti catok rambut, rebonding, dll itu justru dapat mengurangi kelembapan rambut. Panas yang dihasilkan dari alat-alat tersebut membuat rambut kehilangan kelembapannya dan menjadi tidak berkilau

  • Terlalu sering keramas

Meskipun keramas merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan rambut akan tetapi terlalu sering keramas justru akan membuat rambut kehilangan kelembapannya dan menyebabkan rambut menjadi kering.

Baca Juga  Manfaat Daun Kelor Yang Ternyata Banyak Khasiatnya

Setelah mengetahui beberapa alasan penyebab kerusakan rambut di atas tentunya Anda dapat mengurangi atau melakukan pencegahan. Akan tetapi bagaimana bila rambut sudah terlanjur mengalami kerusakan? Bahkan parahnya, bagaimana jika kerusakan rambut yang dialami yaitu kerontokan dan hal itu menyebabkan rambut menjadi botak atau sulit tumbuh? Jangan khawatir. Ada banyak macam cara yang dapat Anda lakukan sebagai upaya mengembalikan kesehatan rambut dan menumbuhkan rambut. Tentu tidak hanya dengan membeli produk-produk perawatan rambut atau penumbuhan rambut saja. Bahan alam pun dapat dijadikan alternatif cara menyehatkan dan cara menumbuhkan rambut. Berikut ini beberapa alternatif cara menyehatkan dan cara menumbuhkan rambut beserta pengolahannya:

  • Menggunakan santan kelapa

Berikut ini cara menyehatkan rambut atau cara menumbuhkan rambut menggunakan santan kelapa:

  1. Siapkan santan segar sebanyak 300-500 ml
  2. Oleskan santan segar tersebut ke seluruh bagian kulit kepala secara merata
  3. Bungkus atau tutup kepala menggunakan handuk hangat selama 30 menit
  4. Bilas rambut dengan air dingin sampai bersih
  5. Lakukan 3-4 kali seminggu secara rutin atau teratur
  • Kuning telur

Selain dapat digunakan untuk meluruskan rambut, kuning telur dapat juga digunakan untuk melebatkan, menguatkan, dan menutrisi rambut sampai ke akarnya. Berikut ini cara menggunakannya:

  1. Gunakan satu butir telur ayam kampung dan kocok sampai mengembang
  2. Oleskan ke seluruh kulit kepala sampai merata
  3. Diamkan selama 15-20 menit
  4. Bilas rambut dengan air dingin sampai bersih. Atau Anda dapat keramas untuk menghilangkan bau amis dari telur
  5. Lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu secara teratur
  • Kulit apel

Buah apel dikenal sebagai buah yang kaya manfaat. Selain kandungan di dalam buah yang menyehatkan tubuh, tahukan Anda bahwa kulit apel juga bermanfaat untuk menumbuhkan rambut. Berikut ini cara menggunakan kulit apel sebagai alternatif cara menumbuhkan rambut:

  1. Haluskan kulit apel yang masih segar
  2. Campurkan minyak zaitan dan aduk
  3. Oleskan campuran tersebut secara merata ke bagian kulit kepala
  4. Pijat kepala Anda kurang lebih selama 15 detik kemudian diamkan selama 15 menit
  5. Bilas rambut sampai bersih
  • Minyak zaitun

Minyak zaitun tentunya sudah tak asing lagi bagi pemerhati kesehatan rambut. Kandungan yang ada dalam minyak zaitun dapat membantu menumbuhkan rambut dengan cepat. Berikut ini cara pemakaiannya:

  1. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata
  2. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  3. Bilas rambut sampai bersih
  4. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal
  • Lidah buaya

Selain dikenal sebagai bahan herbal yang dapat mengatasi bekas luka, kandungan vitamin E dan mineral yang ada dalam lidah buaya juga dapat digunakan untuk melebatkan atau menumbuhkan rambut. Berikut ini cara penggunaannya:

  1. Potong lidah buaya
  2. Gunakan gel yang ada dalam lidah buaya. Oleskan merata ke bagian kulit kepala
  3. Diamkan selama 30-60 menit
  4. Bilas dengan air hingga bersih
  5. Lakukan setiap 2 hari sekali secara teratur untuk hasil yang maksimal
  • Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk menghitamkan dan melebatkan rambut. Berikut ini cara penggunaan minyak kelapa untuk menumbuhkan rambut:

  1. Bersihkan rambut terlebih dahulu
  2. Oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian kulit kepala sampai merata
  3. Diamkan selama kurang lebih 1 jam
  4. Bilas dengan air hingga bersih
  • Minyak kemiri

Minyak kemiri memiliki kandungan yang dapat melebatkan atau menumbuhkan rambut, menghitamkan rambut, serta membuat rambut lebih berkilau. Berikut ini cara menggunakan minyak kemiri sebagai alternatif menumbuhkan rambut:

  1. Oleskan minyak kemiri pada kulit kepala secara merata
  2. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  3. Bilas dengan air hingga bersih
  • Teh hijau

Teh hijau memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Selain itu teh hijau juga dapat digunakan untuk menumbuhkan rambut. Berikut ini caranya:

  1. Rebus teh hijau dengan air sampai mendidih
  2. Dinginkan dan oleskan ke kulit kepala
  3. Bilas hingga bersih
  4. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal
Baca Juga  Khasiat Buah Pir Yang Biasa Disebut Buah Surga

Berikut tadi paparan tentang penyebab kerusakan rambut, cara menyehatkan dan cara menumbuhkan rambut menggunakan bahan alam. Semoga bermanfaat.