Thiamphenicol, Antibiotik Penghenti Infeksi Bakteri

Pernah mendengar Thiamphenicol? Pasti, karena itu tidak asing dalam dunia pengobatan, karena Thiamphenicol sering digunakan untuk mengobati tifus. Sebagai antibiotik, Thiamphenicol memang betugas untuk menangani berbagai infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri. Beberapa contoh infeksi yang bisa diobati dengan manfaat Thiamphenicol adalah tifus, infeksi saluran pernapasan, saluran kemih, saluran pencernaan, meningitis, hingga Gonore.

Thiamphenicol merupakan golongan antibiotik dengan spektrum yang luas. Manfaat Thiamphenicol bekerja dengan cara menghambat atau mematikan pertumbuhan bakteri penyebab infekesi. Setelah menggunakan dengan tepat berdasarkan resep dan bimbingan dari dokter, manfaat Thiamphenicol bisa dirasakan. Dosis Thiamphenicol disesuaikan dengan jenis dan tingkat keparahan infeksi serta riwayat kesehatan yang dialami penderita.

Penasaran dengan manfaat yang Thiamphenicol untuk menunjang kesehatan manusia? Berikut ini adalah ulasan singkat mengenani manfaat Thiamphenicol.

1.Tifus atau Demam Tifoid dan Manfaat Thiamphenicol

Manfaat Thiamphenicol yang paling utama adalah sebagai penyembuh tifus atau demam tifoid. Tidak seperti obat generik pada umunya, Thiamphenicol tidak dijual dengan bebas tanpa resep atau anjuran dari dokter. Dosis yang diberikan harus benar-benar sesuai karena jika tidak, maka akan terjadi resistensi bakteri dan berdampak buruk bagi penderita. Namun, biasanya dokter akan memberikan resep dengan manfaat Thiamphenicol untuk mengobati sakit tifus atau demam tifoid, yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Enterica atau Salmonella Typhosa.

2.Manfaat Thiamphenicol yang Mudah Larut dalam Lemak

Ada antibiotik yang bisa larut dalam air dan ada antibiotik yang bisa larut dalam lemak. Manfaat Thiamphenicol adalah senyawanya yang mudah larut dalam lemak. Antibiotik Thiamphenicol dikatakan larut dalam lemak karena dalam prosesnya hanya bisa diserap oleh gelembung lemak yang dinamakan kilomkron. Karena hanya larut dalam lemak, Thiamphenicol akan mudah bertahan dalam tubuh dan tidak akan mudah keluar dalam bentuk keringat atau urin.

Baca Juga  Manfaat Minyak Ikan Yang Terkenal Baik Untuk Mencerdaskan Otak

3.Manfaat Thiamphenicol sebagai Bakteriostatik

Thiamphenicol memiliki aktivitas spektrum yang kuat, hampis sama dengan kloramphenicol, namun bisa 2,5 hingga 5 kali lebih kuat. Hal itu menyebabkan bakteri-bakteri yang menyerang tubuh mengalami kondisi tetap atau tidak berkembang, atau kondisi ini dinamakan bakteriostatik. Di sinilah manfaat Thiamphenicol yang dirasakan oleh penderita, dengan membuat bakteri-bakteri yang seharusnya terus tumbuh dan berkembang bisa mengalami pengehentian.

4.Manfaat Thiamphenicol dalam Menghentikan Pertumbuhan Bakteri Sensitif

Manfaat Thiamphenicol yang utama adalah menghambat sintesa dinding bakteri atau menghentikan pertumbuhan bakteri sensitif yang ada dalam tubuh manusia. Hal itulah yang menyebabkan penggunaan Thiamphenicol harus benar-benar dengan resep dokter. Thiamphenicol tidak boleh digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi bakteri yang ringan, infeksi laring, atau pun influenza yang disebabkan oleh virus, karena bisa menyebabkan ketahanan atau resistensi pada bakteri-bakteri tersebut.  Antibiotik pada Thiamphenicol ini harus digunakan untuk infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme bakteri yang dikenali.

5.Kekuatan Manfaat Thiamphenicol untuk Infeksi Saluran Pernapasan

Saluran pernapasan manusia terbagi menjadi dua, atas dan bawah. Infeksi pada saluran pernapasan merupakan penyakit yang sering menjangkiti manusia, baik pada saluran pernapasan atas maupun pada saluran pernapasan bawah. Dengan kekuatan dari manfaat Thiamphenicol, infeksi pada saluran pernapasan, khususnya bagian bawah, mampu disembuhkan. Hal itu karena manfaat Thiamphenicol untuk menghambat bakteri seperti Haemophilus Influenzae, yang menyerang saluran pernapasan bagian bawah

6.Infeksi Saluran Kemih dan Perlawanan dari Manafaat Thiampenicol

Wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih, karena memiliki saluran uretra yang lebih pendek. Namun siapa pun bisa rentan terkena penyakit infeksi pada saluran kemih atau ISK. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri Escherichia Coli atau E. Coli. Hal itu  bisa terjadi karena kebiasaan yang salah dalam melakukan pembersihan setelah buang air kecil maupun besar, sehingga bakteri lebih mudah memasukinya. Apalagi jarak antara uretra dengan anus pada wanita lebih dekat, juga pintu uretra yang dekat dengan kandung kemih.

Baca Juga  TAHUKAH ANDA MANFAAT SUSU KEDELAI YANG SEBENARNYA?

Di sinilah manfaat Thiamphenicol diperlukan. Thiamphenicol membawa perlawanan pada bakteri dan mampu mengehentikan perkembangan bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih. Dengan mempertimbangkan nasihat dari dokter, manfaat Thiamphenicol bisa didapatkan

7.Infeksi Saluran Pencernaan dan Penanganan dengan Manfaat Thiampenicol

Salah satu gangguan yang paling sering dialami manusia ketika terkena infeksi saluran pencernaan adalah diare. Salah satu penyebabnya adalah bakteri yang menyebabkan kerja usus besar tidak maksimal, tidak bisa menyerap air dengan baik. Diare yang parah bisa berbahaya karena menyebabkan dehidrasi atau kondisi tubuh kekurangan banyak cairan. Oleh karena itu, selain banyak meminum cairan, manfaat Thiamphenicol juga dibutuhkan untuk menangani bakteri yang berkembang biak pada saluran pencernaan.

8.Manfaat Thiamphenicol untuk Penderita Meningitis

Meningitis disebut juga dengan radang pada selaput otak yang dapat disebabkan oleh bakteri Meningeal. Meningitis memiliki gejala-gejala yang terlihat seperti muntah-muntah, sakit kepala yang parah, leher terasa kaku, demam dengan suhu 38 derajat Celcius atau lebih, kaki dan tangan terasa dingin, napas terasa cepat, sensitif pada cahaya. Beberapa orang yang menderita meningitis mengalami ruam pada kulit atau bintik-bintik merah yang tersebar dan kejang-kejang. Hal itu disebabkan oleh bakteri yang menyebar melalui jarak dekat.

Meningitis yang disebabkan oleh bakteri disebut meningitis bakterialis. Bila tak segera ditangani akan bisa menyebabkan kehilangan indera pendengaran, otak mengalami ruak parah, dan terjadi infeksi juga pada darah atau septikemia. Oleh karena itu, manfaat Thiamphenicol sangat dibutuhkan untuk penderita meningitis.

8.Gonore dan Manfaat Thiampenicol

Apa itu Gonore? Gonore disebut juga sebagai kencing nanah. Gonore merupakan penyakit seksual yang menular dan disebabkan oleh Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata/ konjungtiva. Gonor bisa menyebar melalui aliran darah menuju bagian tubuh lainnya seperti kulit dan persendian. Pada wanita, Gonore juga menyerang saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam pinggul dan gangguan reproduksi.

Baca Juga  Manfaat Obat Vertigo Alami Yang Mesti Anda Coba

Dengan anjuran dari dokter, manfaat Thiamphenicol bisa diberikan untuk penderita Gonore. Dengan kekuatan antibiotik Thiamphenicol yang larut dalam lemak, antibiotik itu bekerja dengan cara mematikan bakteri yang tumbuh dan menyebabkan infeksi. Manfaat Thiamphenicol bisa didapatkan dari bentuk kapsul, obat cair, dan obat suntik. Selain pengobatan dengan manfaat Thiamphenicol, pencegahan juga diperlukan agar tidak terjadi penyakit Gonore.

9.Manfaat Thiamphenicol Aman untuk Anak-anak

Thiamphenicol merupakan antibiotik yang bertugas sangat baik untuk menghentikan pertumbuhan dan perkembangan bakteri. Bakteri yang menyebabkan kerusakan atau infeksi perlu dihentikan agar tidak semakin memperparah keadaan karena bisa menyerang tubuh lebih dalam. Namun apakah antibiotik Thiamphenicol aman bagi anak-anak?

Manfaat Thiamphenicol sangat aman bagi anak-anak, asalkan penggunaannya sesuai dengan dosis atau resep yang dianjurkan oleh dokter. Dokter bisa mengandalkan manfaat Thiamphenicol bagi penderita usia anak-anak bahkan untuk bayi, namun dengan dosis yang sesuai untuk mereka. Untuk anak-anak, biasanya dosis yang diberikan sebanyak 50 mg/ kgBB, yang terbagi dalam 3 sampai 4 kali sehari. Sedangkan untuk bayi yang lahir kurang dari 2 minggu, dosis yang diberikan sebanyak 25 mg/ kggBB yang dibagi dalam 4 kali sehari.

Itu semua manfaat Thiamphenicol sebagai antibiotik yang menghentikan pertumbuhan bakteri-bakteri sensitif. Namun setiap penggunaan sangat penting untuk memperhatikan anjuran dari dokter dan kepatuhan alam penggunaan dosis. Hal itu mengingat kembali bahwa Thiamphenicol merupakan obat yang keras dengan spektrum luas.semoga bermanfaat!