Ulasan Lengkap Mengenai Kandungan Efek Samping Dan Manfaat Cortidex

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Produk Dan Manfaat Cortidex

Cortidex merupakan salah satu obat dari Sanbe Farma yang memiliki indikasi untuk mengatasi berbagai jenis masalah kulit seperti dermatitis, eksim, alergi, gatal-gatal atau peradangan. Cortidexmemiliki bahan aktif berupa dexamethasone yang tergolong dalam obat keras, oleh karena itu penggunaannya harus disertai dengan resep dokter.

manfaat cortidex

Dosis Dan Penggunaan Cortidex

Pemberian jumlah dosis cortidex dexamethasone yang dianjurkan dapat berbeda tergantung dari kondisi dan penerapannya untuk mengatasi gejala yang bagaimana. Secara normal dosis cortidex tablet0.5 mg – 10 mg / hari yang dapat dikonsumsi sekali minum atau terbagi dalam 2 – 4 kali pembagian dosis. Karena cortidex tergolong ke dalam obat keras maka penggunaan dalam jangka waktu yang lama harus disertai dengan pengawasan dokter atau mengurangi dosis yang diminum secara berkala

Perhatian untuk lebih amannya sebelum menggunakan obat Cortidex sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan untuk memperoleh dosis yang tepat karena informasi yang diberikan disini bukan sebagai pengganti ahli medis.

Indikasi Kegunaan Kandungan Serta Manfaat Cortidex

Cortidex memiliki kandungan utama berupa dexamethasone yang termasuk dalam obat steroid dari jenis glukokotikoid sintesis. Jenis obat-obatan ini biasanya digunakan sebagai obat anti inflamasi yang mampu meredakan peradangan, anti alergi yang mengurangi munculnya gejala-gejala alergi, sebagai imunosupresan atau meningkatkan sistem daya tahan tubuh serta berguna sebagai anti shock yang cukup kuat karena diperkirakan obat ini memiliki efektifitas 20 sampai 30 kali dibanding hidrokortisan dan 5 hingga 7 kali lebih efektif dibanding prednison.

Dexamethasone memiliki mekanisme kerja menembus dinding sel dan membentuk steroid protein reseptor kompleks di dalam sel. Kemudian protein reseptor kompleks akan membentuk ikatan dengan kromatin DNA di dalam inti sel yang kemudianmenstimulasi proses transkripsi mRNA yang menjadi bagian penting di dalam proses sintesis protein di dalam sel. Sementara perannya sebagai anti inflamasi yaitu dengan cara menekan pembentukan prostaglandin sebagai senyawa yang mampu menjadi media inflamasi, mengurangi migrasi neutrofilserta menimbulkan diatasi pada kapiler sehingga respon tubuh terhadap peradangan yang dirasakan akan berkurang.

Baca Juga  13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah Dan Kesehatan Tubuh

Menyimak sedikit penjelasan dari kandungan yang ada di dalam cortidex maka dapat diketahui manfaat cortidex yaitu sebagai

  1. Cortidex dexamethasone berguna untuk mengurangi efek peradangan yang dirasakan. Beberapa jenis peradangan yang mampu diatasi Cortidex dexamethasone seperti peradangan yang terjadi pada organ dalam (usus, ginjal dan lain sebagainya), peradangan yang terjadi pada mata, radang reumatik, peradangan yang disebabkan oleh asma dan beberapa jenis peradangan lainnya
  2. Cortidex dexamethasone dapat berguna untuk mengatasi beberapa jenis penyakit autoimun seperti HIV Aids, trombositopenia atau berkurangnya kadar sel darah putih dalam tubuh karena terdapat masalah pada sistem daya tahan tubuh, lupus, rheumatoid arthritis dan lain sebagainya.
  3. Cortidex dexamethasone dapat berguna untuk mengobati beberapa jenis alergi serta penyempitan yang terjadi pada saluran bronchus atau bronkospasme.
  4. Dalam dosis yang tinggi cortidex dexamethasone dapat berguna untuk mengatasi shock anafilaktik.
  5. Dalam beberapa kasus pencangkokan organ tubuh Cortidex dexamethasone dapat berguna untuk meningkatkan toleransi tubuh agar tidak terjadi reaksi penolakan, reaksi alergi atau reaksi lainnya yang merugikan.
  6. Bagi seseorang yang menderita penyakit kanker Cortidex dexamethasone dapat berguna sebagai salah satu obat terapi atau kemoterapi seperti menghentikan perkembangan edema bagi seseorang yang menderita tumor otak.
  7. Dalam penggunaannya sebagai obat kemoterapi Cortidex dexamethasone berguna untuk mengobati multiple myeloma baik digunakan secara tunggal maupun digunakan dengan jenis obat-obatan lain yang saling mendukung seperti jenis obat bortezomidib, adriamycin, revlimid, thalidomide lenamide vihcristine atau velcade.
  8. Dalam penggunaannya sebagai obat kemoterapi Cortidex dexamethasone dapat dikombinasikan dengan beberapa jenis obat seperti ondansetron dari golongan obat antiemetik.
  9. Cortidex dexamethasone dapat berguna untuk mengurangi resiko kecacatan pada bayi yang akan lahir terutama bagi wanita hamil yang diindikasikan akan melahirkan secara prematur. Pemberian cortidex dexamethasone dalam kondisi semacam ini berguna untuk menyiapkan organ dalam sang bayi agar lebih matang. Namun pemberiannya haruslah berhati-hati dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter karena penggunaan yang salah justru dapat menimbulkan kecacatan pada sang bayi.
  10. Cortidex dexamethasone dapat berguna untuk seseorang yang mengalami high altitude pulmonary edema (HAPE) atau high altitudecerebral edema (HACE). Kondisi ini biasanya dialami oleh para pendaki gunung.
  11. Dalam kondisi darurat Cortidex dexamethasone biasanya dimanfaatkan untuk pertolongan tanggap darurat untuk mengurangi resiko kehilangan nyawa seseorang.
Baca Juga  Inilah 6 Manfaat Soda Kue Untuk Wajah Anda Agar Semakin Putih Dan Bersinar

Kontraindikasi Dan Efek Samping Cortidex

  • Obat Cortidex tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang mempunyai tingkat sensitifitas yang tinggi.
  • Obat Cortidex tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang alergi terhadap kandungan yang terdapat di dalam Obat Cortidex.
  • Obat Cortidex tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang menderita beberapa jenis penyakit seperti diabetes militus, TBC, psikosis, gangguan tukak lambung, osteoporosis, glaukoma, infeksi jamur secara sistemik, psikoneurosis akut dan cuhing syndrome
  • Obat Cortidex tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang mengalami infeksi dari beberapa jenis virus
  • Obat Cortidex tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang memiliki riwayat gangguan organ dalam seperti gangguan pada fungsi ginjal.
  • Obat Cortidex tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang menderita beberapa jenis herpes seperti herpes simplex dan herpes zoster

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan cortidex dexamethasone yaitu sebagai berikut

  1. Dapat meningkatkan produksi zat gula dalam tubuh dengan cara mengubah protein menjadi glukosa. Oleh sebab itulah bagi penderita diabetes militus sebaiknya menghindari penggunaan obat ini.
  2. Dapat menginkatkan proses pengeroposan tulang secara signifikan karena matriks-matriks protein sebagai penyusun tulang akan mengalami penyusutan secara drastis. Oleh sebab itulah bagi penderita osteoporosis sebaiknya menghindari penggunaan obat ini.
  3. Cortidex dexamethasone juga dapat menganggu proses pengolahan lemak dalam tubuh mulai dari metabolismenya hingga proses pendistribusian lemak sehingga akan memicu beberapa efek di beberapa area tubuh seperti wajah akan menjadi tembem.
  4. Cortidex dexamethasone dapat mengecilkan serta mengurangi jumlah sel limfosit dikarenakan fungsi limfa yang menurun.
  5. Mengurangi toleransi tubuh terhadap karbohidrat, terjadi penebalan pada kulit yang mengalami selulit hingga menyebabkan tekanan darah tinggi
Baca Juga  Manfaat Minyak Ikan Yang Terkenal Baik Untuk Mencerdaskan Otak

Tingkat Keamanan Cortidex Bagi Wanita Hamil Dan Menyusui

Selain itu obat Cortidex juga tidak dianjurkan untuk diberikan kepada seseorang yang sedang menjalani proses penyembuhan yang mengonsumsi obat-obatan jenis monoamine oksidase atau MAO inhibitors dikarenakan dapat memicu reaksi, meningkatkan efek toksisitas obat hingga meningkatkan tekanan darah seseorang.Sementara itu bagi wanita yang tengah hamil atau sedang menyusui disarankan untuk menghindari penggunaan Cortidex ini namun jika anda ingin tetap menggunakannya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli medis kepercayaan anda. Walaupun belum ada hasil penelitian yang jelas menyatakan bahwa Cortidex ini berbahaya bagi ibu hamil dan menyusui namun salah satu badan obat-obatan terkemuka dunia yaitu FDA mengkategorikan Cortidex ini ke dalam obat-obatan kelas C yang berarti mungkin dapat membahayakan penggunanya.